Mengungkap Keberingasan Mesin Ford EcoBoost 3.5 Liter V6

Ford
RAJAMOBIL.COM, Detroit – Mesin EcoBoost 3.5-liter V6 yang diperkenalkan 2011 lalu dinilai sebagai salah satu mesin terbaik untuk kendaraan light truck (pickup). Untuk 2017 diklaim lebih galak lagi.
Itulah sebabnya Ford tak hanya mencangkokkan mesin 3.5-liter EcoBoost generasi kedua ini pada F-150 model 2017, tapi juga mengawinkannya dengan girboks matik anyar 10 percepatan.
Menurut Ford dalam laman resminya, mesin anyar turbocharged 3.5-liter V6 ini bukan sekadar minor update, tapi setiap komponennya baru. Komponen lawas pada mesin ini hanyalah bore center dan deck height. Selain mayoritas komponen di dalamnya baru, mesin EcoBoost baru ini juga sudah dibenamkan teknologi anyar, seperti fitur stop/start dan penambahan port fuel injection pada sistem direct injection.
Penambahan port injection menjadikan mesin ini memiliki dua injektor pada setiap silinder, dengan port injector pada intake port dan direct injector pada silinder. Ford mengatakan keduanya dapat bekerja bersama untuk meningkatkan tenaga dan efisiensi bahan bakar, serta mengurangi emisi. Misalnya, port injection dapat dipakai saat menghidupkan mesin ketika mesin dIngin. Ini dapat menekan emisi karbon. Peranti ini juga dapat ditambahkan pada bagian atas direct injection guna mendongkrak tenaga. Pada dasarnya, direct injection dikenal kegunaannya untuk mendongkrak efisiensi mesin dan juga mengurangi turbo lag.
Ford
Ford
Kabar bagus selanjutnya, mesin EcoBoost generasi anyar ini menggunakan turbocharger baru dengan roda turbin berbobot ringan dan wastegate yang diaktifkan secara elektronik. Hasilnya, tekanan turbo meningkat dari sekitar 14,5 menjadi 16 psi.
Ford juga menggunakan sejumlah komponen ringan pada mesin ini, seperti camshaft. Dengan begitu, meski mesin baru ini memiliki komponen lebih banyak ketimbang mesin lawas, tapi bobotnya lebih ringan.
Beberapa komponen baru lainnya meliputi roller-finger followers di dalam valvetrain, intake dan exhaust valves, dan hydraulic valve-lash adjuster untuk meningkatkan daya tahan mesin. Sedangkan piston baru dapat membantu meningkatkan kompresi dari 10:1 menjadi 10.5:1.
Semua perubahan itu selain menambah efisiensi bahan bakar, juga meningkatkan torsi. Sedangkan tenaga tetap di angka 365, dan torsi terdongkrak dari 420 menjadi 450 pound-feet. Sebagai catatan, mesin anyar ini juga nyaman saat melaju dalam kecepatan rendah. Ford mengklaim suara bising dan getaran mesin pada mesin baru ini lebih minim, sedangkan efisiensi, daya tahan dan emisi menjadi lebih baik ketimbang mesin lawas.
Untuk diketahui, mesin EcoBoost baru ini juga akan dicangkokkan pada F-150 SVT Raptor. Meski data tenaga tak diungkap, tapi Ford menjanjikan tenaga mesin akan lebih besar dari 411 Hp dan torsinya meningkat dari 434 pound-feet. Untuk Raptor yang saat ini beredar menggunakan mesin 6.2-liter V8.
Ford menggandeng General Motors untuk mengembangkan transmisi matik 10 percepatan, yang diberi kode 10R80. Itu artinya mesin ditopang sistem rear-wheel drive dan akan menjadi peranti standar untuk F-150 model 2017, yang mengusung mesin EcoBoost 3.5-liter V6.
Transmisi 10 percepatan ini dijadwalkan debut pada Ford F-150 model 2017 pada akhir tahun ini, yang juga akan dibenamkan pada F-150 SVT Raptor pada waktu yang hampir bersamaan.
Nah, bagi Anda penggemar mobil yang satu ini, kita tunggu saja apakah mesin anyar tersebut juga akan dipasangkan pada model kendaraan Ford yang akan beredar di Tanah Air. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here