Detail Perbedaan Audi A5 Baru dan Lawas

Carscoops
RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Bagi calon pembeli Audi mungkin merasa seperti tak ada ubahan berarti dari setiap model lama ke model baru.
Begitu juga yang terjadi pada Audi all-new A5, karena jika dilihat sekilas seperti tak ada yang beda dibandingkan dengan versi lawasnya. Benarkah demikian?
Sekilas mungkin benar, terutama desain eksteriornya. Kita ambil contoh Audi A5 Coupe. Jika ditilik lebih seksama lagi, ada sejumlah ubahan yang dilakukan Audi terhadap model anyar A5 Coupe dibandingkan dengan model pendahulunya.
Model ini diperkenalkan pertama kali sembilan tahun lalu, tepatnya pada 2007 silam. Mantan bos desain Audi, yakni Walter de Silva, selalu menggambarkan model ini sebagai ‘masterpiece’.
Jika Anda setuju dengannya, Anda pasti akan memberikan apresiasi terhadap ubahan yang dilakukan pada Audi A5 dan S5 Coupe. Meski sekilas ubahan yang dilakukan nyatis seperti facelift saja.
Bila Anda teliti, beberapa perbedaan pada kedua model anyar itu dibandingkan versi lamanya meliputi area di sekitar spakbor, spion luar dan trim fender. Yang paling kentara perbedaannya tentu area depan, dengan desain gril yang lebih besar dan lebih rendah untuk A5 dan S5 Coupe model 2017.
Dan jika Anda melongok ke dalam kabinnya, Anda akan menemukan perbedaan desain yang signifikan.
Dari foto-foto yang dilansir Carscoops, mungkin Anda merasa desain dashboard A5 dan S5 Voupe model 2017 identik dengan A4 model terbaru.
Anda tak salah jika berpendapat demikian. Pasalnya, versi coupe dari A5 dengan A4 masih satu keluarga. Ini juga terjadi pada BMW Seri 4 dan Mercedes C-Class Coupe, yang varian coupe dua pintunya masing-masing mirip dengan sedan Seri 3 dan C-Class.
Tapi untuk desain interior A5/S5 Coupe model terbaru sudah jauh berbeda dengan versi lamanya.
Untuk A5/S5, tim desainer Audi mencampurkan desain Teutonic dengan beragam gaya desain terkini yang banyak diterapkan dalam industri otomotif saat ini, seperti layar yang disebut sebagai Virtual Cockpit.
Layar TFT berukuran 12,3 inci ini memiliki resolusi 1.440 x 540 piksel dan lokasinya menyembul di atas dashboard. Ruang kaki model anyar ini juga lebih lebar dengan wheelbase lebih melar 12mm dan ruang bagasi lebih luas 465 liter ketimbang model lawas.
Apa lagi yang baru? Untuk yang satu ini memang tidak kasat mata, yaitu platform yang lebih ringan namun lebih besar. Platform baru MLB itu mampu memangkas bobot seberat 60kg. Selain itu, power steering yang dikendalikan secara elektromekanis juga menjadi hal baru lainnya pada A5/S5 Coupe model 2017.
Dari sisi performa, Audi menjanjikan perbaikan efisiensi BBM yang signifikan dari mesin anyar 3.0L V6 bertenaga 349 Hp milik S5 anyar.
Bagaimana setelah Anda melihat beragam ubahan itu? Anda pasti tak setuju dengan anggapan Audi A5/S5 Coupe model 2017 minim ubahan. [yog]
Dapatkan segera promo kredit Audi. klik pada tautan berikut ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here