Begini Performa dan Pengendalian Lexus RX 450h

Caranddriver

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Lexus telah melahirkan sejumlah model dengan gaya desain yang lebih menarik dan agresif, tak terkecuali RX 450h model 2016. Lantas, bagaimana performanya?

Model crossover ini patut menjadi perhatian, termasuk bagi konsumen di Indonesia, karena selain gaya, RX juga menjadi model terlaris di jajaran produk Lexus di pasar Amerika selama 2015, dengan raihan penjualan sekitar 101.000 unit, demikian seperti dikutip dari Autoguide.

Dari sisi desain eksterior, RX 450h model 2016 mengalami ubahan cukup signifikan dibandingkan dengan model lawas, terutama dengan penyematan gril berdesain “spindle grille” yang menjadi ciri khas Lexus. Perlu Anda tahu bahwa meski secara tampilan sangat berbeda dengan model terdahulu, tapi sebenarnya RX 450h model 2016 menggunakan platform yang sama dengan model lama.

Jika Anda ingin tampilan lebih agresif, Anda bisa memilih varian berlabel F Sport. Untuk varian ini, gril akan berlabur warna hitam dengan aksen berlapis satin-chrome. Makin tampak beringas dengan dukungan velg multi spoke ukuran 20 inci.

Untuk kabinnya, penumpang akan dimanjakan dengan tempat duduk berbalut kulit. Juga tersedia tuas persneling khusus dengan trim dan emblem unik. Jika dibandingkan dengan RX lawas yang terkesan ramai kabinnya, untuk RX 450h model 2016 ini tampak lebih seimbang, dengan mencampurkan gaya futuristis dengan aspek tradisional, sehingga terlihat lebih elegan dan modern.

Layar seukuran 12,3 inci yang seolah mencuat dari dashboard, menjadi daya tarik tersendiri. Display ini dikendalikan melalui Remote Touch, yang fungsinya mirip mouse pada komputer.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, varian F Sport bisa ditemukan pada model RX hybrid dan biasa. Lexus menyematkan engine intake resonator untuk menghasilkan suara yang sporty, dan semua varian dilengkapi dengan Adaptive Variable Suspension, yang memudahkan pengemudi untuk menyetel tingkat kekerasan suspensi sesuai yang diinginkan.

Mungkin Anda akan bertanya apakah versi hybrid akan memiliki performa sporty? Untuk Anda ketahui bahwa kendaraan hybrid sejatinya diciptakan untuk fokus pada pengendaraan yang efisien, bukan kebut-kebutan.

Lexus RX 450h menggendong mesin 3.5-liter Atkinson-cycle V6, yang sebenarnya tak terlalu galak performanya. Tapi berkat dukungan baterai nickel-metal hydride 37 kW dan tiga motor listrik, maka tenaga total yang keluar dari crossover populer ini mencapai 308 Hp dan torsi 247 lb-ft. Dengan spesifikasi seperti itu, maka RX 450h F Sport cukup mumpuni untuk meningkatkan adrenalin Anda.

Tapi sebenarnya yang diandalkan dari RX 450h adalah efisiensi bahan bakarnya, meski tak melupakan performa. Untuk konsumsi bahan bakar rata-rata RX 450h adalah sekitar 12,7 km untuk setiap liter bensin yang ditenggak.

Nah, dengan dukungan mesin yang cukup galak itu, Anda kini dapat merasakan aura sporty dari sebuah crossover dengan tetap dapat menikmati kenyamanan dalam berkendara. Ini berkat kabinnya yang hening, sehingga Anda tidak akan merasakan lelah meski telah melalui perjalanan panjang.

Meski RX 450h lebih terkesan lembut dalam pengemudiannya, tapi bila Anda menginginkan performa yang lebih ‘menggigit’, Anda tinggal memilih mode pengemudian yang berada di konsul tengah. Anda bisa mengubah respons gas dan kekerasan suspensi dengan memilih mode Sport S dan Sport S+.

Namun, jika tak ingin kebut-kebutan, cukuplah memilih mode Normal untuk pengemudian sehari-hari. Bisa juga memilih mode Eco jika Anda tak ingin sering-sering mampir ke SPBU utuk mengisi bahan bakar.

Dari sisi akselerasi, RX hybrid ini cukup responsif. Ini mungkin berkat dukungan torsi elektris yang melimpah. Pengemudian RX cukup ringan dan suara gesekan ban dengan permukaan jalan nyaris tak terdengar di dalam kabin. Apalagi material yang digunakan juga berkualitas, maka model ini sangat layak bagi Anda yang mendambakan crossover mewah dengan desain bergaya dan performa mumpuni. [yog]

Tertarik dengan jajaran mobil Lexus? Dapatkan penawaran khusus berikut ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here