Menguji Kekuatan Chevrolet Colorado Duramax

Caranddriver
RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Di Tanah Air, persaingan di segmen pick-up bongsor diramaikan oleh dua kubu, yakni merek asal Amerika Serikat dan Jepang. Kali ini kita akan menyimak Chevrolet Colorado.
Di tengah kepungan pick-up Jepang, seperti Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, Nissan Navara, Isuzu D-Max dan Mazda BT-50, Chevrolet Colorado bersama Ford Ranger mencoba bertarung untuk mendapatkan perhatian konsumen di Tanah Air.
Diproduksi di Thailand, Chevrolet Colorado 2016 dikrimkan ke sejumlah negara, termasuk Indonesia dan Australia. Mobil keluaran General Motors ini dibekali mesin mesin anyar Duramax 4 silinder 2.8-liter turbocharged. Meski tenaganya 181 Hp, atau lebih kecil dibandingkan 200 Hp yang disemburkan mesin bensin 2.5-liter, tapi torsinya yang sebesar 369 pound-feet mampu mengalahkan mesin opsional 3.6-liter V-6 dengan keunggulan 100 pound-feet.
Berdasarkan pengujian oleh tim Caranddriver, torsi besar mesin Duramax sudah terasa pada 3.000 rpm. Untuk Colorado bermesin diesel ini hanya ditawarkan transmisi matik 6 percepatan. Girboks ini disebutkan mampu melakukan pemindahan gigi dengan lembut dan cepat, sehingga tenaga maksimal mesin dapat dengan mudah tercapai.
Dibandingkan dengan varian bermesin bensin, Colorado diesel memiliki bobot 136 kg lebih berat ketimbang varian mesin bensin V6. Hal ini dikarenakan mesin Duramax menggunakan blok mesin berbahan baja dan juga adanya urea-injection system untuk meminimalkan emisi gas buang agar sesuai dengan standar AS. Untuk menempuh kecepatan 100 km/jam dari posisi diam, Colorado diesel butuh waktu 9,2 detik.
Dari sisi kemampuan menarik beban, Chevrolet Colorado diesel ditambahkan kekuatan tarik beban sebesar 317 kg sehingga sanggup menarik beban (derek) maksimum seberat 7.700. Selain itu, mesin Duramax juga ditambahkan trailer-brake controller dan exhaust brake. Untuk fitur terakhir bekerja memanfaatkan tekanan balik di pipa knalpot untuk membantu memperlambat laju kendaraan ketika menarik beban berat.
Lantas bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Saat pengujian, mesin Duramax diklaim memiliki tingkat konsumsi bahan bakar rata-rata 12,3 km/liter dengan menempuh jarak 2.047 km, termasuk 482 km di antaranya digunakan untuk menarik beban di trailer dengan berat 1,5 ton.
Untuk membedakan Colorado model 2016 dengan model lawas adalah bentuk fender dan moncong knalpot yang mirip bazooka. Kemudian, Colorado anyar ini juga lebih kedap kabinnya ketimbang model lama berkat penambahan peredam suara. Dan meski suspensi depan lebih keras ketimbang versi lama, tapi kualitas pengendaliannya tetap nyaman dan respons kemudi juga baik. [yog]
Tertarik dengan jajaran mobil Chevrolet? Dapatkan penawaran khusus pada tautan ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here