Toyota Camry 2017 Makin Kaya Fitur, Harga Tetap

Toyota

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Toyota Camry yang menjadi mobil penumpang terlaris di Amerika dalam 14 tahun terakhir, kini memasuki ulang tahun ke-35. Sebagai penghargaan kepada konsumen, Toyota menambahkan lebih banyak fitur tapi harga tak ikut didongkrak.

Selain penambahan fitur, Toyota juga melakukan sejumlah pembaruan pada Camry generasi ketujuh ini, demikian seperti dilansir Toyota melalui laman resminya. Apa saja perubahan dan fitur anyarnya?

Toyota Camry tipe XLE dan XSE kini disematkan sistem multimedia Entune Audio Plus dengan Connected Navigation App dan JBL Audio sebagai perlengkapan standar. Sementara tipe XLE, XSE empat silinder, dan XLE Hybrid juga dibekali Qi Wireless Smartphone Charging sebagai peranti standar. Tapi meski terdapat penambahan fitur, tapi konsumen tak harus membayar lebih dibandingkan dengan Camry model 2016.

Toyota
Toyota

Untuk pilihan dapur pacu mencakup mesin 2.5-liter empat silinder bertenaga 178 Hp dan mesin 3.5-liter V6 bertenaga 268 Hp. Untuk dapur Camry Hybrid menggabungkan mesin 2.5-liter Atkinson cycle empat silinder dengan motor listrik torsi tinggi yang menghasilkan tenaga hingga 200 Hp.

Camry Hybrid dapat diubah pengoperasian dapur pacunya antara mesin bensin atau motor listrik, atau menggunakan keduanya secara bersamaan. Untuk pengendaraan di dalam kota, konsumsi bahan bakar mencapai 13,6 km/liter dan 17,8 km/liter untuk jalan bebas hambatan atau perjalanan ke luar kota. Sedangkan mesin konvensional empat silinder memiliki konsumsi bahan bakar 10,2 km/liter untuk perkotaan dan 14 km/liter untuk luar kota, dan Camry V6 menempuh jarak 8,9 km untuk seliter bensin di perkotaan dan 12,7 km/liter untuk luar kota.

Di Amerika Serikat, Toyota lebih banyak menjual kendaraan hybrid dibandingkan dengan pabrikan mobil lainnya, dan yang paling populer adalah Prius, yang merupakan pionir di segmen kendaraan hybrid. Pengereman regeneratif mampu mengubah motor listrik layaknya generator, yaitu dengan menangkap energi kinetik via roda dan menyimpannya di baterai hybrid.

Demi mengejar efisiensi, pengemudi bisa memilih mode ECO untuk mengoptimalkan respons pedal gas dan output penyejuk udara (AC). Sedangkan bila memilih mode EV, maka Camry Hybrid akan bergerak menggunakan tenaga listrik hingga menempuh jarak 25,7 km dengan kecepatan di bawah 40,2 km/jam. Semua informasi seputar konsumsi bahan bakar dapat dipantau melalui layar di dashboard.

Untuk Camry Hybrid ditawarkan dalam dua tipe, yakni XLE yang mewah dan SE yang sporty. Sedan ini dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,6 detik, atau berada di tengah-tengah antara varian bermesin empat silinder dengan V6.

Dari sisi fitur keselamatan, Toyota Camry dilengkapi Pre-Collision System dengan pengereman darurat otomatis yang masuk ke dalam Technology Package. Paket ini juga menyertakan Dynamic Cruise Control, Lane Departure Alert, dan Auto High Beam. Dengan berbekal seabrek fitur mumpuni tersebut, layak jika Camry model 2016 meraih Top Safety Pick dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) dalam uji tabrak.

Toyota Camry 2017 juga menawarkan Blind Spot Monitor with Rear Cross Traffic Alert pada tipe XLE dan XSE, dan seluruh tipe Camry disematkan 10 airbag, untuk penumpang depan dan belakang. Di Amerika, pemilik Camry dapat berlangganan layanan Safety Connect, yang juga bisa melacak mobil bila dicuri dan bantuan darurat di jalan.

Untuk 2017, seluruh kendaraan Toyota vdilengkapi sistem keselamatan STAR sebagai peranti standar, yang meliputi Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRAC), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist.

Toyota mematok harga Camry LE bermesin empat silinder senilai $23.100 (Rp308 juta), sedangkan harga untuk tipe XLE dan XSE V6 mendekati $31.400 (Rp418,7 juta). [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here