Ada Mini Countryman Plug-in Hybrid, Ini Buktinya

Motoring File

RAJAMOBIL.COM, London – MINI Countryman generasi anyar sudah kian mendekati waktu debutnya. Tapi ada satu hal yang patut disimak, yaitu bakal lahirnya varian plug-in hybrid. Anda tak percaya?

Jika Anda mengikuti perkembangan terkait mobil merek Inggris ini dalam beberapa waktu terakhir, Anda akan melihat sejumlah bocoran foto yang memperlihatkan MINI Countryman yang agak ‘nyeleneh’, karena ada semacam colokan untuk pengisian daya listrik di beberapa bagian bodinya. Dari tiga foto yang dilansir Motorong File menunjukkan keberadaan colokan itu di bagian pintu belakang dan dua foto lainnya memperlihatkan colokan itu pada bagian spakbor depan kanan dan kiri.

Selain bukti-bukti tersebut, Anda juga dapat menerka dari emblem yang disematkan pada MINI. Jika ada emblem huruf ‘E’, itu berarti varian plug-in hybrid dan listrik. Emblem itu juga dipakai oleh model listrik MINI E, meski lokasi colokannya mungkin akan berbeda.

Motoring File
Motoring File

Selain akan mengadopsi desain evolusioner, dibandingkan dengan model lawas, New Countryman akan menjadi model yang sama sekali baru. Model ini akan menggunakan platform ULK2 yang dikembangkan BMW Group dan juga dipakai oleh sejumlah model, seperti MINI Clubman dan BMW X1.

Di lingkungan MINI, varian plug-in hybrid ini dikenal sebagai F60, dan secara dimensi lebih panjang dan lebar ketimbang model pendahulunya. Untuk panjang akan lebih melar menjadi sekitar 4,25 meter, sementara tinggi dan lebarnya juga akan ditambah untuk menambah ruang kabin dan bagasi.

Untuk pengemudian di dalam kota, MINI Countryman E akan menggunakan murni tenaga listrik, asalkan mobil tidak dikendarai hingga melebihi jarak 38 kilometer (24 mil),atau lebih kencang dari 80 km/jam (50 mph).

Untuk dapur pacu, MINI Countryman E akan menggendong mesin 1.5 liter tiga silinder BMW TwinPower Turbo berpenggerak roda depan. Mesin ini mampu membangkitkan tenaga 135hp dan torsi 220 Nm (162 lb-ft). Penambahan generator voltase tinggi pada as roda depan dapat memberikan bantuan tenaga sebesar 15 kW (20hp) dan torsi 150 Nm (111 lb-ft).

Generator itu juga dapat membangkitkan tenaga saat mobil melaju dan membuat mesin hidupkan dan dimatikan dengan sangat mulus. Hal ini karena output listriknya lebih besar jika dibandingkan dengan starter konvensional.

Dapur pacu yang diusung MINI Countryman E memang tak segalak milik BMW i8 hybrid, tapi itu sudah cukup untuk menghela MINI Countryman E dari posisi diam menuju kecepatan 100 km/jam dalam waktu 6,5 detik, sementara konsumsi bahan bakar rata-rata adalah dua liter per 100 km bila menggunakan pengemudian hybrid. [yogi]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here