Begini Performa dan Spesifikasi Toyota Hilux 2016

Cars Guide

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Toyota HiLux menjadi salah satu pick-up bongsor terlaris, tak hanya di Tanah Air tapi juga di Australia. Bagaimana performanya?

Di pasar domestik dan juga Negeri Kanguru, peta persaingan di segmen pick-up bongsor ini hampir sama, yakni dihuni oleh Ford Ranger, Mitsubishi Triton, Mazda BT-50, Isuzu D-Max, Nissan Navara dan Hilux sendiri.

Khusus untuk pasar Australia, HiLux semakin menunjukkan tajinya seiring dengan kehadiran model terbarunya (all-new model) sejak generasi sebelumnya diluncurkan pada 10 tahun lalu. Hadir di Australia pada akhir 2015 lalu, penjualan Hilux terus melesat, meski selisih dengan para rivalnya juga tak terlalu jauh.

Jika mengabaikan penjualan Hilux model dua pintu dan hanya menghitung penjualan model empat pintu 4WD, maka penjualan HiLux tercatat sebanyak 6.911 unit selama tiga bulan pertama 2016, berbeda tipis dengan raihan Ford Ranger yang terjual sebanyak 6.638 unit.

Berbekal mesin anyar 2.8-liter turbo diesel dan ubahan pada eksterior serta eksterior dan mesin yang irit, Hilux kian mengukuhkan diri sebagai salah satu pemain penting di segmen pick-up bongsor di Australia, demikian juga di Indonesia.

Dalam pengujian yang dilakukan tim Cars Guide, disebutkan bahwa pengemudian Hilux 2016 lebih berat ketimbang model lawas, tapi New HiLux lebih mantap menapak permukaan jalan dibandingkan dengan pendahulunya.

Untuk suspensi belakang bantingannya cukup keras, tapi dapat dimaklumi karena suspensi pada all new HiLux memang dirancang untuk membawa beban berat. Jadi bila mengangkut beban berat, efek suspensi keras itu tak akan terasa, yang terasa justru pengendalian yang mantap.

Saat pengujian, yang dipilih adalah varian tertinggi, yakni Hilux SR5. Untuk varian ini dilengkapi dengan kunci sensor, lampu utama super terang. Kemudian ada kamera mundur sebagai perlengkapan standar. Spidometer digital makin menambah keren penampilan pick-up bongsor racikan Toyota ini.

Sekarang kita melihat tingkat efisiensi bahan bakarnya. Hasil pengujian menunjukkan Hilux tercatat sebagai pick-up dua ton paling ekonomis, dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 8,8L/100km.

Bahkan saat diuji, meski tidak membawa beban, kerap dipakai untuk menderek trailer yang membawa perahu motor. Dari sisi pengereman juga sangat mumpuni berkat pemakaian rem berukuran besar, bahkan dinilai lebih mantap ketimbang rivalnya.

Secara keseluruhan, kualitas Hilux anyar ini mengagumkan, juga kualitas materialnya, terutama untuk interior. Sistem audio dilengkapi dengan pengatur yang diletakkan di lingkar kemudi. [yog]

Berikut spesifikasi lengkap Toyota HiLux SR5 dual cab 4×4 auto:

1. Konsumsi BBM: 8,5L/100km, dan 10,86L/100km (saat diuji)

2. Kapasitas tangki: 80L

3. Peringkat keselamatan ANCAP: 5 bintang

4. Tempat duduk: 5

5. Garansi: 3 tahun/100.000km

6. Interval servis: 6 bulan/10.000km

7. Kapasitas mesin: 2753cc single turbo diesel

8. Silinder: 4

9. Jenis BBM: diesel

10. Tenaga: 130kW

11. Torsi: 450Nm

12. Transmisi: 6sp torque converter auto, four-wheel drive

13. Ban cadangan: Full-size alloy

14. Radius putar: 11,8 m.

 Tertarik dengan mobil Hilux ini ? dapatkan segera penawaran menarik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here