Land Rover Bakal Punya Teknologi Otonom Untuk Off-Road

roverparts

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Teknologi self driving alias otonom tak lama lagi bakal menjadi teknologi ‘wajib’ bagi semua kendaraan. Bahkan untuk kegiatan off-road diyakini juga bisa dilakukan tanpa sopir.

Land Rover, yang kondang dengan kendaraan berkemampuan off-road, jelas melihat peluang yang sangat terbuka untuk menerapkan teknologi self driving pada sejumlah model kendaraannya.

“Kami tak ingin membatasi beragam teknologi terkini, termasuk teknologi self driving untuk kendaraan kami. Kami ingin nantinya kendaraan Land Rover juga dapat melibas medan off road tanpa intervensi pengemudi,” kata kepala riset Jaguar Land Rover, Tony Harper, seperti dikutip roverparts.

Untuk itu, Land Rover kini tengah menggarap sistem canggih yang memanfaatkan kamera, radar, ultrasonik dan sensor LIDAR, yang memungkinkan kendaraan mendeteksi permukaan jalan hingga setinggi 5 meter di depan. Dengan teknologi anyar ini, maka Land Rover dapat menyesuaikan kecepatan secara otomatis sebelum melibas rintangan baru selain juga dapat menyesuaikan setelan respons untuk melintasi medan secara otomatis sehingga semua rintangan dapat dilalui dengan mulus.

Menurut Harper, sejumlah sensor yang terpasang pada kendaraan Land Rover juga dapat mendeteksi halangan atau rintangan yang berada di atas permukaan tanah dan memperingatkan pengemudi bila di jalan yang akan dilintasi kendaraan ada ranting atau dahan pohon yang menghalangi.

Tak hanya itu, Land Rover juga tengah mengembangkan teknologi komunikasi antar kendaraan (vehicle-to-vehicle communication technology), yang akan bermanfaat saat melakukan konvoi kendaraan, sehingga setiap pengemudi dapat saling berkomunikasi, terutama jika di depan ada rintangan atau kondisi lainnya. [yog]

Dapatkan penawaran mobil Land Rover segera ! klik tautan berikut ini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?