Truk Volvo Nyaman dan Irit? Ini Rahasianya

Volvo Trucks

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Produsen truk asal Swedia, Volvo Trucks, mengklaim produk mereka tak hanya nyaman dikendarai tapi juga irit bahan bakar. Sebuah kondisi yang tak bisa dicapai oleh banyak produsen truk lainnya.

Menurut Volvo Trucks melalui laman resminya, dapur pacu truk Volvo kini lebih irit ketimbang generasi sebelumnya. Perpaduan mesin Euro 6 generasi terbaru dengan transmisi pintar terintegrasi Volvo I-Shift, telah menempatkan Volvo Trucks selangkah di depan dalam hal penyediaan transportasi efisien.

“Dengan menggabungkan pengemudian yang nyaman dengan efisiensi bahan bakar merupakan pencapaian yang lebih hebat dibandingkan hanya fokus pada pengemudian atau efisiensi bahan bakar,” kata Claes Nilsson, Presiden dan CEO Volvo Trucks.

Lebih lanjut Nilsson menjelaskan, rahasia di balik kesuksesan menggabungkan antara pengemudian yang nyaman dan handal dengan efisiensi bahan bakar adalah dengan melakukan pengembangan hingga proses produksi dapur pacu oleh tenaga ahli milik Volvo Trucks sendiri.

“Dengan melakukan semuanya sendiri, maka akan tercipta integrasi dan komunikasi optimal antara mesin dan transmisi, serta dilakukan penyesuaian baik perangkat keras maupun lunak demi mendapatkan keseimbangan yang terbaik antara pengemudian dan keiritan bahan bakar,” imbuhnya.

Adapun dapur pacu terintegrasi itu terdiri atas mesin Euro 6 yang sudah ditingkatkan kemampuannya dan transmisi unik Volvo bernama I-Shift. Peningkatan kemampuan paling signifikan adalah meningkatnya rasio kompresi pada mesin versi D13 bertenaga 420 Hp dan 460 Hp, dan turbocharger baru pada varian mesin bertenaga 500 Hp dan 540 Hp untuk mesin berkode D13.

namun demikian, seberapa besar tingkat efisiensi yang dapat dicapai tergantung pada spesifikasi dan area pemakaian truk. Untuk Volvo FH yang digunakan untuk jarak jauh, konsumsi bahan bakar bisa terpangkas hingga 3 persen.

Sedangkan untuk transportasi berat, seperti pengangkut kayu dan tambang, efisiensi bisa lebih tinggi jika mesin menggunakan I-Shift dengan crawler gear dan Tandem Axle Lift.

Beberapa faktor penting lain untuk membantu menghemat bahan bakar adalah peningkatan aerodinamika pada kabin truk. Pasalnya, hambatan angin akan semakin besar seiring dengan meningkatnya kecepatan.

Untuk menciptakan aliran udara yang lebih mulus, Volvo Trucks telah membenahi desain spoiler pada bumper depan, juga panel air deflector, mud guard dan mud flap serta penutup roda. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here