Melongok Bus Kota Pintar Mercedes-Benz

motor1

RAJAMOBIL.COM, Amsterdam – Dilengkapi teknologi otonom, bus kota pintar bernama Mercedes-Benz Future Bus ini mulai diujicoba di jalanan kota Amsterdam, Belanda.

Bus berdesain futuristik ini dapat mengemudikan sendiri dalam kecepatan hingga 70 km/jam di jalur khusus bus sepanjang 20 km, demikian dilaporkan motor1.

Karena melaju di jalur khusus bus, maka bus pintar ini akan berhenti sendiri di halte untuk menaik turunkan penumpang, membuka dan menutup pintu sendiri serta berkomunikasi dengan lampu lalu lintas. Dalam uji coba tersebut, bus berhasil menghindari segala rintangan di sekitarnya, mulai dari pejalan kaki hingga mobil.

Motor1
motor1

Meski berteknologi otonom, namun Daimler, induk perusahaan Mercedes, tetap menugaskan seorang pengemudi yang memonitor sistem CityPilot. Sistem ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol dan dinonaktifkan dengan sedikit mengendalikan setir atau menginjak pedal gas atau rem.

Sistem otonom ini menggunakan radar jarak dekat dan jauh, juga navigasi GPS yang dikendalikan satelit serta sejumlah sensor. Teknologi pintar tersebut sudah pernah diperkenalkan melalui Future Truck 2025 Concept.

Selain itu, bus pintar Mercedes ini juga dapat berkomunikasi via Wi-Fi dengan infrastruktur di rute yang dilaluinya untuk mendapatkan info seputar status lampu lalu lintas.

Daimler menegaskan bahwa meski berteknologi otonom, namun bus ini tetap dipantau oleh seorang pengemudi, yang akan mengendalikan bus ketika melintasi jalan yang tak cocok dengan pengemudian otomatis. [yog]

Tertarik dengan jajaran mobil Mercedes-Benz? Dapatkan penawaran menarik di sini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here