Melihat Keanggunan Bus Tingkat MAN Skyliner

busandcoachbuyer

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Jika Anda berada di kota Jakarta dan sekitarnya, mungkin sesekali pernah melihat bus tingkat bermerek MAN berseliweran di jalan-jalan protokol Ibukota. Apa saja kehebatannya?

Kesan pertama yang tertangkap dari bus tingkat lansiran Jerman ini adalah desainnya yang keren dan elegan dengan bagian depan aerodinamis, berbeda dengan bus tingkat buatan China yang berdesain kotak.

Seperti dikutip dari laman resmi MAN, bus tingkat bernama Skyliner ini memiliki seabrek teknologi keselamatan mumpuni layaknya yang ditemui di mobil mewah. Peranti keselamatan canggih itu meliputi adaptive cruise control, anti-lock braking system, traction control, brake assistant, Emergency Brake Assist, dynamic stability program dan electronic braking system.

Dengan deretan peranti keselamatan canggih tersebut, dijamin penumpang akan merasa nyaman dan tenang saat melakukan perjalanan dengan bus tingkat MAN ini. Sementara bagi pengemudi, rasa aman dan nyaman juga dapat dirasakan berkat kelengkapan fiturnya, seperti LED day driving lights, control of the maximum speed, lane guard system, tyre pressure monitoring, Xenon headlights serta electronically controlled cornering light.

Itu baru dari sisi keselamatan, untuk segi kenyamanan, MAN juga tak lupa menyematkan fitur apik demi memanjakan penumpang. Untuk kenyamanan, MAN menyematkan fitur yang pertama kali diterapkan pada bus tingkat, yakni Comfort Drive Suspension (CDS) dan suspension system with active electronic control.

Kelebihan fitur kenyamanan tersebut adalah pada kemudahan menyetel tingkat kekerasan peredam kejut, yang dikendalikan secara elektronis. Belum lagi damping ratio atau rasio redaman yang dioptimalkan untuk menunjang kenyamanan.

Jika di Jakarta, bus tingkat MAN hanya digunakan sebagai bus wisata kota untuk berkeliling Ibukota. Padahal di Eropa, bus jenis ini juga dipakai sebagai bus charter mewah. Namun, meski memiliki beragam fitur mewah dan teknologi canggih, bus MAN juga efisien berkat penggunaan teknologi mesin yang mampu memangkas bobot hingga 170 kg, kemudian ditunjang dengan penggunaan mode pengemudian ekonomis. Belum lagi keberadaan fitur cruise control MAN EfficientCruise® yang dikendalikan GPS. Fitur ini dapat memangkas konsumsi bahan bakar hingga 6 persen.

Tapi yang patut diacungi jempol dari bus tingkat ini adalah sistem pemindah giginya, yang berjuluk MAN TipMatic® Coach 12-speed. Transmisi ini manual tapi bisa mengoperasikan kopling dan memindahkan gigi secara otomatis. Dengan begitu, pengemudi hanya berkonsentrasi pada jalan raya saja tanpa perlu repot memikirkan posisi gigi. Keunggulan ini berkat dukungan software yang mampu mengoptimalkan strategi perpindahan gigi.

Anda penasaran dengan kecanggihan dan kenyamanan bus tingkat MAN? Di Jakarta, Anda bisa mengendarainya tanpa dipungut ongkos. Anda cukup mengantre di sejumlah halte khusus di seputaran Jalan Medan Merdeka Barat dan Selatan, atau di area Kota Tua dan Pasar Baru serta Senayan. Selamat mencoba. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here