80% Komponen Toyota Sienta Dibuat Orang Indonesia

RAJAMOBIL.COM, Karawang – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) secara resmi memproduksi Toyota Sienta. Indonesia merupakan negara pertama selain Jepang yang membuat Sienta.

Toyota Indonesia menyatakan, kandungan komponen yang digunakan di Toyota All New Sienta mencapai 80 persen. Menurut Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN hal tersebut merupakan prestasi di mana kandungan lokal yang terdapat di Sienta mencapai 80 persen di tahun pertamanya.

“Pada awal produksi Sienta langsung mencapai 80 persen. Itu bagus, seperti waktu generasi pertama Kijang yang kami produksi tahun 1977 kandungan lokalnya hanya 19 persen,” terang Nonami hari ini, di Karawang, Jawa Barat, Senin (25/7).

Nonami menambahkan, dengan pembuatan Sienta di Indonesia merupakan bukti kepercayaan yang diberikan Toyota Motor Corporation kepada TMMIN. Kami telah melakukan study dari tahun 2011 untuk dapat kepercayaan memproduksi Sienta, selain itu kami juga melakukan kerjasama yang baik dengan perusahaan pemasok untuk dapat memproduksi Sienta sesuai dengan target,” tambah Nanomi.

Selain itu, Nanomi menyatakan bila berkat Sienta, saat ini pemasok komponen PT TMMIN mencapai 709 yang terdiri dari tier satu, dua dan tiga. Selain Sienta, di lokasi tersebut Toyota juga memproduksi Etios Valco, Vios, Limo, Yaris dan juga mesin tipe R-NR.

PT TMMIN menargetkan untuk memproduksi 4.000 unit Toyota Sienta setiap bulannya. Sementara 20 persen komponen Toyota Sienta yang masih di datangkan dari luar negeri, di antaranya berupa transmisi manual dari Filipina, transmisi otomatis dari Jepang, dan front axle dari Thailand. [yog]

Tertarik dengan unit Toyota Sienta? Segera dapatkan penawaran menarik di sini.

2 KOMENTAR

  1. semoga kedepanya Toyota indonesia bisa sampai 100 % untuk komponen pembuatan mobilnya di produksi selanjutnya, menurut ane ini hal yang begitu fatantis dengan mobil sienta yaitu 80 % Komponen Toyota Sienta Dibuat Orang Indonesia.

  2. mugkin untuk seri selanjutnya bisa menggunakan 100% komponen orang indonesia apalagi karya anak indonesia juga lumayan berkualitas

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here