Ini Dia Bedanya Spesifikasi Toyota Sienta di Jepang dan Indonesia

yogi megah perkasa

RAJAMOBIL.COM, Karawang – MPV terbaru Toyota Sienta, untuk pertama kalinya diproduksi di luar negara asalnya, Jepang. Dan untuk kali pertamanya, mobil ini dibuat di Pabrik Toyota Karawang.

Namun meski begitu, ternyata terdapat beberapa perbedaan antara Toyota Sienta yang dipasarkan di Indonesia dengan Toyota Sienta yang dijual di Jepang.

Perbedaan mendasar terlihat dari segi desain eksterior. Pada bagian depan, grille Sienta Jepang dibuat berbeda dengan di Indonesia meski sama-sama menggunakan desain trapizondal.

Toyota Sienta Jepang
Toyota Sienta Jepang by : Torque

Hal tersebut karena perbedaan kondisi antara Indonesia dan Jepang sehingga desain grille Sienta di Indonesia dibuat lebih besar. Selain itu, backdoor garnish juga dibuat berbeda.

Pada bagian ground clearence Toyota Sienta di Indonesia dibuat lebih tinggi 25cm dibanding Jepang. Hal tersebut dilakukan Toyota karena kontur jalan di Jepang dan Indonesia berbeda.

Pasalnya, Toyota melakukan study beberapa tahun terakhir sebelum memutuskan memproduksi Sienta di Indonesia. Toyota menyatakan bahwa mobil model Multi Activity Vehicle (MAV) yang diproduksi di Tanah Air ini didesain berdasarkan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Pada bagian kabin perbedaan juga terlihat pada desain tuas transmisi. Sienta yang dibuat di Indonesia, tuas transmisi berada di bawah, sedangkan di Jepang, Toyota Sienta mengadopsi tuas transmisi instrumental panel shift.

Interior Toyota Sienta Jepang
Interior Toyota Sienta Jepang by: indianautosblog

Berbeda dengan versi produksi Jepang, Toyota Sienta transmisi otomatis buatan Karawang, telah menempatkan tuas transmisi di bagian bawah. Sementara Toyota Sienta asal negeri Sakura mengadopsi tuas transmisi instrumental panel shift.

Interior Toyota Sienta
Interior Toyota Sienta. Foto : yogi megah perkasa

Perbedaan terakhir ialah air conditioner (AC) Toyota Sienta di Indonesia memiliki dua posisi, di bagian depan dan baris kedua. Sementara Sienta di Jepang hanya memiliki satu posisi, yakni di bagian depan. [yog]

Tertarik dengan mobil dari Toyota ? Dapatkan segera penawaran menariknya  disini!

3 KOMENTAR

  1. memnag di indoneisa tidak dapat memakai spek jepang karena tekstur jalan yang berbeda dan di indonesia banyaknya polisi polisis tidur di jlan sehingga untuk mobil yang terlalu rendah tidak bisa melaluinya

  2. ane rasa bedanya tidak terlalu signifikan kok gan apalagi sienta ini interior sama eksteriornya cukup memuaskan kalo menurut ane pribadi

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here