Melihat ‘Sengatan’ Truk Listrik Mercedes-Benz

Techcrunch

RAJAMOBIL.COM, Stuttgart – Pekan ini dunia menjadi saksi dari kehadiran truk listrik Mercedes-Benz bernama Urban eTruck, yang menandakan raksasa otomotif Jerman itu sudah siap merilis truk tanpa BBM dalam lima tahun ke depan.

Unit yang masih sebatas prototipe itu berbasiskan pada truk berat dengan tiga as roda yang sudah mengalami ubahan pada dapur pacunya, demikian seperti dilaporkan Techcrunch.

Dengan ubahan itu, seluruh komponen konvensional digantikan dengan as roda belakang yang dikendalikan secara elektris berkat dukungan dua motor listrik yang diletakkan langsung pada wheel hub (bubungan as roda). Untuk tenaganya disebutkan mencapai 335hp (2x125kW) dengan torsi puncak 737lb ft (1000Nm).

Sementara baterainya terdiri dari tiga modul baterai lithium-ion dengan kapasitas total 212 kWh, sehingga mampu menggelindingkan Urban eTruck hingga sejauh 124 mil (200km). Dengan mengadopsi baterai modular, maka Mercedes akan lebih mudah untuk menambah atau mengganti baterai dengan menyesuaikan pada kebutuhan jarak tempuh truk yang diinginkan.

Urban eTruck dapat dikoneksikan pada charger dengan menggunakan konektor jenis Combined Charging System (CCS) Type 2, yang banyak dipakai di kawasan Eropa. Dengan daya pengisian 100kW, maka baterai dapat terisi penuh mulai dari kosong dalam waktu dua hingga tiga jam.

Mercedes diperkirakan akan meluncurkan truk listrik versi produksi pada awal dasawarsa mendatang, dengan daya muat hingga mencapai 26 metrik ton.

Pada saat yang sama, Daimler, induk Mercedes-Benz, mengumumkan bahwa truk ringan listrik Fuso Canter E-Cell telah berhasil menjalani serangkaian pengujian di Portugal dan Jerman. Truk ringan sekelas Toyota Dyna ini sudah siap masuk lini produksi dengan mengusung nama Fuso eCanter. Untuk diketahui, Mercedes-Benz telah menjalin kerjasama dengan Mitsubishi Motors dalam pengembangan kendaraan komersial, khususnya truk.

Berbekal baterai berkapasitas 48 kWh yang terpasang pada kerangka kiri dan kanan, Fuso Canter E-Cell mampu menempuh jarak sejauh lebih dari 62 mil (100km) untuk sekali pengisian penuh baterai. Untuk tenaganya mencapai 147hp (110kW) dan torsi puncak sebesar 479lb ft (650Nm). Menggunakan konektor charger yang sama dengan Mercedes Urban eTruck, maka untuk pengisian baterai Fuso hingga mencapai 80 persen hanya butuh waktu satu jam. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here