Minibus Listrik Tesla Mirip VW Microbus

Jalopnik

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Akhirnya salah satu model kendaraan yang masuk ke dalam program besar CEO Tesla Elon Musk terkuak, yaitu model kendaraan minibus untuk angkutan perkotaan.

Beberapa waktu lalu, Musk mengungkapkan apa yang disebut sebagai Master Plan Tahap Kedua untuk Tesla. Dalam rencana besar itu, Musk menyebutkan akan membangun beberapa kendaraan untuk perkotaan yang bisa mengangkut banyak orang di masa mendatang. Bagi sejumlah kalangan, kendaraan itu kemungkinan berupa kendaraan niaga besar seperti bus bertenaga listrik.

Namun kemudian Jalopnik berhasil menguak rahasia itu. Disebutkan bahwa kendaraan anyar Tesla itu berupa minibus yang bentuknya terinspirasi dari Volkswagen Microbus. Hanya saja bedanya adalah tenaga penggeraknya yang berasal dari tenaga listrik. Hal ini sekaligus memupus ekspektasi bahwa kendaraan anyar Tesla itu berupa bus besar untuk transportasi massal di perkotaan.

Dalam sebuah artikel sebelumnya, Jalopnik menyebutkan bahwa model kendaraan terbaru Tesla itu akan dibangun di atas sasis Model X. Musk kemudian mengonfirmasi artikel tersebut melalui akun Twitter, dengan menyatakan Tesla Minibus akan dibangun di atas sasis Model X.

Di dalam Master Plan tersebut, Musk juga menyebutkan bahwa minibus tersebut akan mengadopsi teknologi semi-otonom atau otonom penuh. Musk yakin bahwa karena Tesla Minibus akan jauh lebih kecil ketimbang bus yang ada sekarang, maka kendaraan itu tidak akan menambah kemacetan. Selain itu, akselerasi maupun pengeremannya layaknya mobil penumpang biasa.

Karena Tesla Minibus akan menggunakan baterai yang ditempatkan di lantai serta hanya menggunakan motor listrik berukuran kecil, maka ruang kabin dijanjikan lebih lega ketimbang minibus biasa.

Namun demikian, sejauh ini masih belum jelas kapan Tesla akan meluncurkan minibus anyar tersebut. Kita tunggu saja. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here