Kupas Fitur dan Spesifikasi Mazda3 Model 2017

Mazda

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Mazda3 sudah siap meramaikan persaingan di segmen hatchback kompak dengan model 2017. Meski terkesan tak banyak ubahan, tapi tampilan luar Mazda3 anyar lebih agresif dengan beragam teknologi dan fitur anyar disematkan pada model ini.

Beragam teknologi anyar itu adalah fitur keselamatan aktif dan penambahan G-Vectoring Control system untuk meningkatkan respons pengemudian. Nah, bikin penasaran bukan? Berikut adalah ulasan terhadap Mazda3 model 2017 seperti dilansir Car and Driver.

Eksterior

Perubahan pada sejumlah bagian eksterior Mazda3 telah membuat hatchback ini lebih sporty dan dinamis. Ubahan itu meliputi bentuk gril dan lampu utama, yang menambah kesan tajam dan agresif. Tapi sayang lampu utama LED hanya tersedia untuk tipe-tipe atas, sementara tipe standar hanya menggunakan bohlam halogen biasa.

Sementara pada bagian belakang, terlihat ada ubahan pada desain bumper, yang berkesan lebih ‘bersih’ dan keren dibandingkan dengan sebelumnya.

Kesan gagah terpancar dari pemakaian velg berukuran 18 inci, yang juga mengalami perubahan desain, tapi untuk tipe bawah hanya kebagian velg 16 inci. Untuk Mazda3 model 2017 juga mendapat tambahan pilihan warna baru, yaitu Machine Gray Metallic, sementara Eternal Blue Mica menggantikan Blue Reflex Mica.

Interior

Revisi pada bagian interior Mazda3 salah satunya dilakukan pada desain lingkar kemudi yang kini mirip dengan milik New Mazda CX-9. Keberadaan rem parkir elektris berimbas pada meluasnya ruang penyimpanan di konsul tengah, selain trim apik pada panel pintu.

Head-up display kini tak lagi monokrom tetapi sudah full color, sehingga tampilan beragam notifikasi menjadi lebih menarik. Kemudian kantong pada pintu sekarang berukuran jauh lebih besar ketimbang model lawas. Juga ada penghangat pada setir, meski ditawarkan opsional. Untuk pelapis tempat duduk berbahan fabric bermotif baru mampu memberikan kesan mewah pada kabin, sementara untuk lapisan kulit ditawarkan opsional. Tapi meski tempat duduk hanya berlapis bahan fabric, tapi desain kabin Mazda3 secara keseluruhan adalah yang terbaik di kelasnya.

Dari sisi mekanikal, penambahan fitur paling signifikan pada Mazda3 2017 adalah G-Vectoring Control, yaitu sistem pengemudian baru yang dapat mengurangi torsi ketika memasuki tikungan untuk meningkatkan respons steering rack.

Mesin

Mazda
Mazda

Untuk dapur pacu tak ada perubahan. Mazda3 2017 tetap memiliki dua pilihan mesin, yaitu mesin 2.0-liter empat silinder bertenaga 155 Hp untuk model Mazda3 i dan 2.5-liter 4 silinder segaris bertenaga 184 Hp pada model Mazda3 s.

Seperti model sebelumnya, juga tersedia pilihan transmisi, yakni manual 6 percepatan atau matik 6 percepatan. Pilihan ini bahkan juga tersedia untuk tipe terbawah.

Adapun beberapa fitur keselamatan aktif masih tetap ditawarkan opsional, meliputi forward-collision warning, adaptive cruise control, lane-keeping assist, dan blind-spot monitoring.

Sedangkan kamera baru kini dimasukkan ke dalam paket aksesoris baru, yang disebut Mazda dapat mencegah tertabraknya pejalan kaki ketika melaju kencang, karena akan terdeteksi sehingga mengaktifkan automated emergency-braking system. Sementara fitur i-Activsense dapat mengenali rambu-rambu lalu lintas atau tanda-tanda di jalan. [yog]

Tertarik dengan mobil Mazda? klik pada tautan berikut ini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here