VW Kembangkan SUV Berbasis Amarok Tantang Toyota Land Cruiser

Monitoring

RAJAMOBIL.COM, Sydney – skandal emisi mesin diesel memang belum menggoyahkan reputasi Volkswagen di pentas otomotif dunia. Raksasa otomotif Eropa ini bahkan tengah menyiapkan SUV anyar berbasis pick-up Amarok.

Hal itu terungkap dari pernyataan Direktur Kendaraan Komersial Volkswagen Group Australia, Carlos Santos, seperti dikutip Motoring. Bila kabar ini benar, maka SUV anyar ini bisa menjadi SUV penantang Toyota Land Cruiser

“Saat ini tengah serius dilakukan pengembangan SUV berbasis Amarok, yang akan menjadi kendaraan berukuran sangat besar. Meski hal ini belum dapat dikonfirmasi,” kata Santos.

Dan meski pick-up Amarok tidak dipasarkan di Amerika, tapi untuk SUV tujuh tempat duduk yang belum diberi nama ini akan dikembangkan sebagai model global, termasuk untuk pasar Negeri Paman Sam.

Berbicara soal dapur pacunya, SUV racikan Jerman ini bakal mengusung mesin 3.0-liter twin-turbo V6 TDI, seperti yang dipakai Amarok model terbaru, dengan pilihan tenaga 161 HP, 201 HP atau 221 HP, yang dikawinkan dengan girboks manual enam percepatan atau matik delapan percepatan serta ada pilihan dengan 4Motion AWD system.

SUV ini akan menjadi salah satu model anyar Volkswagen yang bakal diluncurkan dalam beberapa tahun ke depan, termasuk varian Tiguan dengan wheelbase panjang dan Touareg generasi terbaru, sedangkan SUV berbasis Amarok ini bakal berhadapan langsung dengan Toyota Land Cruiser Prado.

Karena berbasis Amarok, itu berarti SUV baru ini akan memiliki arsitektur yang sama, terutama seputar dapur pacunya yang sudah disebutkan di atas. [yog]

Tertarik dengan mobil Volkswagen? klik segera di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here