Dengan I-Shift, Truk Volvo FM Siap Catat Rekor Dunia

Volvo Truck

RAJAMOBIL.COM, Stockholm – Truk Volvo sudah dikenal sebagai kendaraan niaga berperforma apik sekaligus irit bahan bakar berkat pemakaian sejumlah teknologi canggih. Pada 24 Agustus mendatang, truk bertenaga 2.400 tenaga kuda siap memecahkan rekor dunia kecepatan.

Volvo Trucks dalam laman resminya mengatakan bahwa ajang pemecahan rekor kecepatan itu akan dilakukan oleh sebuah truk Volvo tipe FM yang berjuluk ‘Iron Knight’ yang menggendong mesin D13.

Selain mesin D13 dan transmisi standar pabrik I-Shift Dual Clutch, truk Iron Knight itu dibangun dengan menggunakan sejumlah komponen custom. Menurut Volvo Trucks, dibutuhkan kolaborasi apik antara teknisi, desainer, insinyur untuk menghasilkan truk yang memiliki performa beringas.

Volvo Trucks sudah tak asing lagi dalam hal kepiawaiannya meracik mesin truk berperforma tinggi. Bahkan raksasa otomotif asal Swedia ini pernah unjuk kebolehan dengan memamerkan kemampuan Dynamic Steering System pada truk FM dalam film yang dibintangi Jean-Claude van Damme. Tapi kali ini Volvo Trucks ingin pamer kemampuan di dunia nyata melalui upaya pemecahan rekor kecepatan.

“Iron Knight adalah cara sempurna untuk menunjukkan kompetensi dan kekuatan inovatif dari Volvo Trucks,” kata Claes Nilsson, Presiden dan CEO Volvo Trucks.

Pada saat yang sama, pengembangan truk berperforma tinggi ini juga digunakan sebagai jalan untuk menggali wawasan baru demi dituangkan menjadi solusi dalam hal teknis dan desain. Tujuan utamanya adalah untuk mentransfer pendekatan ini ke dalam proses pembuatan truk versi produksi.

Dengan mesin bertenaga 2.400 HP dan torsi 6.000 Nm (4.425 lb-ft), Iron Knight harus mampu mengatasi hambatan dari perspektif gravitasi.

“Dalam upaya pemecahan rekor kecepatan dunia, Anda harus memiliki performa tak biasa. Dan I-Shift Dual Clutch adalah transmisi terbaik untuk mengatasi tantangan itu karena girboks ini mampu mempertahankan torsi di roda selama pergantian gigi, seperti layaknya di mobil balap. Berkat transmisi ini, Iron Knight dapat berakselerasi tanpa kehilangan banyak waktu saat perpindahan gigi,” ungkap insinyur penguji Volvo, Niklas Oberg.

Selain memiliki tenaga dan torsi yang impresif, Iron Knight diuntungkan dengan bobotnya yang seberat 4,5 ton dan rasio tenaga terhadap bobot sekitar 0,5 hp/kg. Beberapa modifikasi dilakukan, yaitu pada software, kabin yang menggunakan material serat kaca dan air intake berukuran besar pada side-skirt.

Sekarang kita tunggu aksi pemecahan rekor tersebut pada 24 Agustus mendatang.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here