Mazda Rx-9 Jadi Diproduksi, Tenaga 395 HP

Motoring

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Bergembiralah bagi para penggemar performa mesin rotary Mazda. Pasalnya, petinggi Mazda telah memberikan lampu hijau untuk memproduksi mobil sport Mazda RX-9.

Sebenarnya Mazda telah lama membicarakan mengenai model penerus RX-8. Bayangkan, sejak 2011 silam para petinggi Mazda telah membahas soal calon pengganti mobil sport legendaris itu.

Bahkan pada ajang Tokyo Motor Show 2015, Mazda telah memperkenalkan sebuah kendaraan konsep yang diyakini sebagai cikal bakal RX-9, yang diberi nama RX-Vision Concept. Yang menarik, mobil konsep itu menggendong mesin rotary SkyActiv-R, yaitu gabungan teknologi mesin rotary yang legendaris dengan teknologi SkyActiv yang diterapkan Mazda pada hampir seluruh jajaran model Mazda saat ini.

Pada Maret 2016, USPTO mempublikasikan dokumen paten berjudul “Rotary Piston Engine Mounted on Vehicle,” yaitu sebuah paket dapur pacu yang menawarkan performa tinggi namun efisien. Dari situlah kemudian muncul harapan bahwa Mazda tengah menyiapkan mobil sport anyar bermesin rotary versi baru. Kabar itu bahkan diperkuat dengan pemberitaan dari Holiday Auto, yang menyebutkan bahwa pabrikan mobil yang bermarkas di Hiroshima, Jepang, itu memang sedang sibuk menyiapkan mobil sport anyar tersebut.

Majalah berbahasa Jepang itu juga menegaskan bahwa para petinggi Mazda telah memberikan persetujuan untuk memproduksi mobil sport yang menggendong mesin rotary generasi anyar bernama SKYACTIV-R. Sebagai informasi, Mazda sudah memiliki nama merek RX-9, dan itu berarti akan lahir mobil sport bermesin rotary dengan sistem penggerak roda belakang.

Menurut Holiday Auto, Mazda RX-9 akan diperkenalkan dalam bentuk prototipe pada gelaran Tokyo Motor Show 2017, dan model versi produksi baru akan dipajang pada Tokyo Motor Show 2019.

Disebut-sebut, para insinyur Mazda akan meracik mesin Mazda RX-9 model 2020 yang memiliki tenaga hingga sekitar 400 PS (395 hp). Mesin dahsyat tersebut berkapasitas 1.6 liter turbo rotary, yang terdiri atas dua rotor berkapasitas 800 cc. [yog]

Tertarik dengan jajaran mobil Mazda? Dapatkan penawaran menarik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here