Mercedes-AMG GLC43 Coupe Siap Tebar Ancaman

Caranddriver

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kiprah Mercedes-AMG tampaknya kian ngebut saja. Terbukti dari bakal lahirnya model anyar bernama GLC43 coupe.

Mercedes-AMG GLC43 ini adalah turunan dari Mercedes-Benz GLC coupe. Karena berbasis sama, bodi dan mekanikal GLC sama persis dengan Mercedes-AMG GLC43.

GLC43 dibekali mesin twin-turbocharged 3.0-liter V-6 modifikasi sehingga menghasilkan tenaga 362 Hp pada 5500 rpm dan torsi 384 lb-ft mulai 2500 hingga 4500 rpm.

caranddriver
caranddriver

Tenaga sebesar itu disalurkan via torque-converter automatic 9 percepatan yang diprogram untuk melakukan perpindahan gigi lebih cepat ketimbang model-model non-AMG.

AMG juga mengutak-atik sistem penggerak semua roda sehingga bisa beroperasi dengan rasio torsi depan-belakang sebesar 31:69. Hasilnya, dorongan roda belakang lebih kuat dibandingkan dengan model Mercedes-Benz standar.

Menurut catatan CarandDriver, GLC43 mampu sprint dari 0-100 km/jam dalam waktu hanya 4,8 detik. Tapi sayang, kecepatan coupe bongsor ini dibatasi di angka 209 km/jam.

Kecepatan itu lebih lambat daripada model GLC-class lainnya, bahkan jika dibandingkan dengan GLC220 diesel sekalipun.

Tapi tak perlu terlalu kecewa, karena GLC43 coupe sangat asyik dikemudikan di bawah kecepatan maksimal itu. Ditambah lagi kemantapan dan kenyamanannya untuk bermanuver.

Hal itu berkat kekuatan sasis GLC43 dan kerja tangan dingin para insinyur AMG yang meracik ulang suspensi sehingga mampu bermanuver cepat saat menikung tanpa limbung.

Belum lagi dari sisi pengemudian, AMG menjanjikan respons yang lebih baik daripada varian GLC lainnya.

caranddriver
caranddriver

Tongkrongan GLC43 makin gagah dengan dukungan velg standar berukuran 20 inci yang dibalut ban ukuran 255/45 di depan dan 285/40 untuk belakang. Sementara velg 21 inci ditawarkan sebagai opsional.

Sistem penghenti laju juga tak luput dari perhatian AMG, dan ditambah lagi dengan keberadaan mode pengemudian Sport dan Sport+, yang mampu mengendalikan respons pedal gas, suspensi, dan kemudi menjadi lebih agresif.

Tentu saja masalah gaya tak boleh hilang dari GLC43 coupe ini. Untuk menambah gaya pada penampilan coupe ini, AMG mengaplikasikan spoiler belakang berukuran besar. Juga tersedia velg keren AMG, gril berpola berlian ciri khas Mercedes dan juga empat moncong knalpot.

Sisi interior juga tak kalah gaya dan mewah, karena GLC43 disematkan tempat duduk berlapis bahan MB-Tex khusus dan microfiber, yang bisa di- upgrade menjadi kulit jika mau.

Uniknya, instrumen pada GLC43 memiliki pola bendera start balapan dan bagian bawah setir rata. Konsul tengah bisa juga dipesan dengan aksen serat karbon dan sabuk pengaman berkelir merah. Menjadikan jagoan Mercedes-AMG ini memiliki aura balap yang sangat kental.

Jika resmi mengaspal, Mercedes-AMG GLC43 coupe akan berhadapan langsung dengan BMW X4 M40i. Tapi juga bisa melawan Audi SQ5, Jaguar F-Pace supercharged, dan Porsche Macan Turbo.

Sayang sekali Mercedes-AMG belum merilis harga resminya. Tapi yang jelas, crossover gambot ini bakal tersedia di awal 2017. [yog]

Tertarik dengan mobil mewah Mercedes-Benz? Dapatkan segera penawaran menarik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here