5 Mobil Baru di Bawah Rp200 Juta yang Cocok Jadi Taksi Online

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Maraknya taksi berbabis online di Indonesia membuat sebagian orang ingin mengubah kendaraan pribadinya menjadi taksi online. Namun, ternyata tidak semua kendaraan bisa digunakan untuk taksi online.

Ya, pasalnya penggunaan taksi online diatur oleh peraturan yang dikeluarkan oleh Kementrian Perhubungan lewat Permenhub Nomer 32 tahun 2016 yang mengatur taksi online.

Di dalam Peraturan Menteri Perhubungan menjelaskan syarat-syarat kendaraan yang bisa digunakan untuk taksi online. Diantaranya ialah menggunakan mesin minimal 1.300cc.

Selain itu, kendaraan wajib dilengkapi dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dengan warna dasar hitam tulisan putih yang diberi kode khusus. Namun hal tersebut tidak menyurutkan keinganan seseorang untuk terjun kedalam bisnis taksi online dan merubah kendaraannya untuk dijadikan armada taksi online.

Seperti diketahui, saat ini ada tiga perusahaan yang menjalankan bisnis taksi online, yakni Uber, Grab, dan Go Car. Ketiganya memiliki peraturan masing-masing terkait kendaraan yang bisa dijadikan taksi online.

Lantas, mobil apa saja yang cocok digunakan untuk taksi online? Berikut Rajamobil.com akan menyajikan 5 mobil yang cocok digunakan untuk taksi online yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Toyota Avanza

Avanza Tetap Dominasi Kelas Low MPV

Tentu mobil ‘sejuta umat’ ini menempati posisi pertama. Ya pasalnya selain memiliki kapasitas hingga 7 penumpang, Toyota Avanza juga memiliki sudah sesuai dengan peraturan yang ada, yakni menggunakan mesin minimal 1.300cc.

Toyota Avanza dijual dengan harga mulai Rp185,7 jutaan hingga yang tertinggi, yakni varian Veloz Rp232 jutaa. Memiliki kapasitas bagasi yang cukup luas menjadi salah satu pertimbangan mengapa mobil ini ideal untuk digunakan sebagai taksi online.

Selain itu, Avanza juga termaksud dalam kendaraan yang hemat bahan bakar. Mobil ini memiliki handling yang baik sehingga dianggap mampu bermanuver di jalanan Ibu Kota yang kerap kali macet saat di jam-jam sibuk.

Tertarik dengan Toyota avanza? dapatkan penawaran di sini

2. Daihatsu Xenia

yogi megah perkasa
yogi megah perkasa

Di urutan kedua sebagai kendaraan yang cocok untuk taksi online ialah Daihatsu Xenia. Sama seperti saudaranya, Toyota Avanza, mobil ini memiliki berbagai keunggulan sebagai kendaraan operasional taksi online.

Untuk mesin Daihatsu Xenia juga sudah menggunakan mesin yang sesuai dengan peraturan Kemenhub, yakni menggunakan mesin berkapasitas 1.300 cc. Selain itu Daihatsu Xenia juga memiliki grounclearence yang terbilang tinggi yaitu 200 mm sehingga dapat mampu melewati genangan air serta kontur jalan yang kurang baik.

Dari segi harga, Daihatsu Xenia juga tergolong tidak terlalu mahal. Untuk varian terendahnya, Xenia Great New 1.3 X M/T Std dijual dengan bandrol Rp176,650 juta.

Sementara varian tertinggi Xenia Great New 1.3 R A/T Sporty dijual Rp211,600 jutaan. Dengan ruang bagasi yang lapang serta posisi kursi pengemudi dan jarak pandang yang ideal, Daihatsu Xenia terbilang cock digunakan untuk taksi online.

Tertarik dengan Daihatsu Xenia? Dapatkan penawaran menarik di sini

3. Honda Mobilio

Tantangan Hemat Honda Mobilio Tembus 20KM/Liter

Selain Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, mobil yang cocok digunakan untuk taksi online lainnya ialah Honda Mobilio. Sama seperti lainnya, Honda Mobilio juga masuk ke dalam kendaraan low MPV.

Honda Mobilio memiliki kapasitas penumpang maksimal hingga 7 orang. Untuk urusan mesin, mobil ini terbilang lebih besar dibanding Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Honda Mobilio menggunakan mesin berkapasitas 1.500cc. Meski begitu, Honda mengklaim bila Honda Mobilio merupakan kendaraan keluarga yang hemat bahan bahan bakar.

Sebagai kendaraan keluarga, Honda Mobilio memiliki wheelbase mencapai 2.650mm. Hal ini tentu terbilang panjang dan dapat menyajikan ruang bagasi yang lapang di bagian kabinnya.

Untuk urusan harga, Mobilio dijual Honda dengan harga mulai Rp182 jutaan untuk varian S M/T. Sementara untuk yang termahal, Mobilio RS CVT A/T dijual dengan harga Rp236 jutaan.

Tertarik dengan Honda Mobilio? dapatkan penawaran menarik di sini

4. Suzuki Ertiga

suzuki ertiga dreza
suzuki ertiga dreza

Kendaraan yang cocok untuk digunakan sebagai armada taksi online lainnya ialah Suzuki Ertiga. Mobil ini masih satu golongan dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio, yakni mobil keluarga serba guna atau low Multi Perpose Vehicle (MPV).

Selain itu, Suzuki Ertiga juga sudah menggunakan mesin berkapasitas 1.373cc yang berarti sudah sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan terkait taksi online. Suzuki Ertiga memiliki interior yang tergolong mewah untuk mobil keluarga dan juga sudah dilengkapi dengan layar audio didalam kabinnya yang membuat perjalanan semakin nyaman.

Selain itu, Suzuki mengklaim bila Ertiga merupakan kendaraan yang hemat bahan bakar. Meski memiliki dimensi yang terbilang kecil dibanding Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio namun ruang kabin Suzuki Ertiga memiliki ruang yang lapang.

Mobil ini mampu menampung 7 penumpang didalamnya. Selain itu, ruang bagasi dibagian belakang juga terbilang lapang.

Untuk urusan harga, Suzuki menjual Ertiga dengan harga Rp184 juta untuk varian GA M/T. Sementara untuk yang tertiggi, varian Ertiga Dreza GS 1.4 A/T dijual dengan harga Rp237,5 juta.

Tertarik dengan Suzuki Ertiga? Dapatkan penawaran menarik di sini

5. GO+ Panca

yogi megah perkasa
yogi megah perkasa

Pilihan kelima yang cocok digunakan untuk kendaraan taksi online ialah GO+ Panca. Berbeda dengan mobil lainnya, mobil ini masuk kedalam golongan Low Cost Green Car (LCGC).

Mobil asal Jepang ini memiliki kapasitas penumpang 7 orang didalamnya. Saat ini, tidak sedikit taksi online yang sudah menggunakan Datsun+ Panca sebagai armada taksi online.

Memiliki dimensi kecil serta memiliki tiga baris kursi didalamnya sehingga mobil ini dianggap ideal digunakan sebagai taksi online. Selain itu, mobil keluarga ini juga mampu bermanuver dengan baik di tengah kemacetan karena memiliki dimensi yang terbilang kecil.

Selain kelebihan tersebut, GO+ Panca juga tergolong hemat bahan bakar. Untuk urusan harga, mobil ini dijual mulai Rp94,6 juta untuk varian GO+ Panca D M/T.

Sementara untuk yang termahal, GO+ Panca T Style M/T dijual Datsun dengan harga Rp118,450 juta. Ke semua varian Datsun Go+ Panca menggunkan transmisi manual, sementara untuk urusan mesin, mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1.200 cc.[yog]

Tertarik dengan mobil Datsun ? Dapatkan penawaran menarik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here