Intip Kemolekan All New Hyundai i30

Hyundai

RAJAMOBIL.COM, Paris – Menjelang digelarnya Paris Auto Show akhir bulan ini, Hyundai mulai memperkenalkan hatchback lima pintu i30 generasi ketiga. Seperti apa spesifikasinya?

Jika Anda tak sempat menyaksikan langsung gelaran Paris Auto Show 2016 guna melihat dari dekat sosok Hyundai i30 generasi terbaru ini, Anda bisa menyimak tulisan berikut ini yang akan menguak spesifikasi teknis dari hatchback asal Korea Selatan ini.

Hyundai
Hyundai

Sebagai generasi baru, i30 telah mengalami ubahan yang benar-benar berbeda dari pendahulunya. Desain gril anyar juga sudah diadopsi i30 anyar ini, dan kemungkinan akan dipakai sebagai ciri khas untuk mobil Hyundai lainnya.

Meski mengusung merek asal Negeri Ginseng, tapi i30 dirancang, dikembangkan dan diuji di Eropa. Pasalnya, Benua Biru memang menjadi salah satu pasar potensial bagi model-model Hyundai.

Hyundai
Hyundai

Untuk dimensinya, Hyundai i30 memiliki panjang 4.340 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.455 mm, dengan wheelbase 2.650 mm. Itu artinya i30 anyar ini lebih panjang 40 mm, lebih lebar 15 mm dan lebih pendek 15 mm dibandingkan dengan pendahulunya, dengan wheelbase tetap sama dengan versi lawas. Tapi uniknya, meski ukurannya lebih pendek ketimbang model lama, kapasitas bagasi i30 baru mencapai 395 liter, atau 15 liter lebih banyak dibandingkan milik Volkswagen Golf. Angka itu bisa meningkat menjadi 1.301 liter bila tempat duduk belakang dilipat.

Melongok ke dalam kabinnya, kesan pertama yang muncul dari i30 anyar ini adalah modern dan mewah, jauh berbeda dengan versi lamanya. Tersedia (opsional) layar sentuh 8 inci di tengah dashboard, yang dapat mengintegrasikan media, navigasi, dan konektivitas. Layar infotainment ini sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Secara keseluruhan, interior i30 memancarkan aura mewah dan berkelas, selain juga terkesan luas berkat keberadaan panoramic sunroof (opsional).

Sementara layar infotainment untuk model standar berukuran 5 inci, disandingkan dengan kamera mundur terintegrasi, audio system premium, Bluetooth dan My Music.

Untuk menantang merek-merek Eropa semacam Volkswagen Golf, Ford Focus, Renault Megane, Opel/Vauxhall Astra dan sejumlah pemain besar lainnya di segmen mobil kompak, all-new Hyundai i30 dilengkapi seabrek fitur keselamatan terkini, seperti Autonomous Emergency Braking with Front Collision Warning System, Smart Cruise Control, Blind Spot Detection, Rear Cross Traffic Alert, Lane Keeping Assist System, Speed Limit Information Function dan High Beam Assist.

Fitur terbaru yang dimiliki jajaran model Hyundai adalah Driver Attention Alert, sebuah fitur yang dapat memonitor pola mengemudi, membantu mendeteksi kelelahan pengemudi dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Dari sisi dapur pacu tersedia tiga pilihan mesin bensin dan tiga mesin diesel, yaitu mesin 1.4 liter MPI bertenaga 100 PS (99 HP) dan torsi 134 Nm (99 lb-ft), kemudian mesin 1.0 liter tiga silinder bertenaga 120 PS (118 HP) dan torsi 170 Nm (125 lb-ft). Mesin bensin paling gahar adalah 1.4 liter T-GDI turbocharged empat silinder, yang menghasilkan tenaga 140 PS (138 HP) dan torsi 242 Nm (178 lb-ft).

Untuk mesin diesel, tersedia pilihan mesin 1.6 liter DOHC 16-valve, yang ditawarkan dalam tiga performa berbeda, yaitu tenaga 95 PS (94 HP) dan torsi 280 Nm (207 lb-ft), 110 PS (108 HP) dan 280 Nm (207 lb-ft), serta 136 PS (134 HP) dan torsi hingga 300 Nm (221 lb-ft). Sedangkan mesin 1.4 MPI, 1.0 T-GDi, dan diesel entry-level menggunakan girboks manual 6 percepatan. Kemudian untuk mesin 1.4 T-GDi dan dua mesin diesel lainnya bisa menggunakan 7-speed DCT, meski ini sebatas opsional. [yog]

Tertarik dengan mobil Hyundai? segera dapatkan penawaran di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here