Inikah Spesifikasi Pengganti Lexus CT 200h?

Lexus

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Dijadwalkan tampil perdana di ajang Paris Motor Show 2016, foto mobil konsep terbaru Lexus bernama UX ini sudah beredar di dunia maya dan mulai mengundang decak kagum.

Kehadiran konsep UX dinilai tepat oleh banyak analis otomotif seiring dengan makin berkembangnya segmen crossover di seluruh pasar di dunia. Jika dilihat dari fotonya, UX adalah crossover kompak yang akan diposisikan di bawah Lexus NX, demikian penjelasan Lexus melalui laman resminya.

Lexus menjelaskan bahwa UX dikembangkan oleh European Design Center milik Lexus, yang mengedepankan gaya desain serba tajam layaknya NX dan RX. Memang benar, sudut-sudut serba tajam mendominasi desain UX, termasuk fender, pilar C dan lampu belakang.

Bagian lain yang mengundang perhatian adalah handel pintu yang seolah memotong pintu depan dan belakang, dan strip lampu LED dipakai sebagai lampu rem ketiga yang terpasang dan menyatu dengan sirip yang berada di ujung atap belakang serta terintegrasi dengan spoiler. Sayang bagian depan tak terlihat. Tapi yang jelas desain spindle grille ekstra besar akan tetap mendominasi bagian moncong crossover anyar ini.

Jika jadi diproduksi, UX sepertnya akan menggunakan Toyota New Global Architecture, yang pertama kali diterapkan pada Toyota Prius generasi keempat dan juga dipakai Toyota C-HR.

Dengan begitu, pilihan dapur pacu lebih beragam, yakni bisa mesin konvensional dan juga hybrid. Spekulasi yang merebak juga menyebutkan UX akan menggantikan hatchback CT 200h, yang memang sudah akan habis siklus hidupnya. Apalagi penjualan CT terus menurun.

Kehadiran UX juga untuk memperkuat jajaran merek Lexus, seperti NX dan RX, dalam menghadapi crossover sub-kompak mewah asal Jerman, semacam Audi Q2, BMW X1, dan Mercedes-Benz GLA. [yog]

Tertarik dengan mobil Lexus? Dapatkan penawaran menarik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here