Audi Q2, Calon Penantang Mercedes GLA dan BMW X1

Audi

RAJAMOBIL.COM, Paris – All New Audi Q2 tak hanya sebagai alternatif yang lebih premium dari Nissan Juke dan Peugeot 2008, tapi juga bisa mencuri perhatian konsumen Mercedes-Benz GLA dan BMW X1.

Bukan cuma angan-angan untuk dapat menantang dua crossover kondang sesama Jerman itu, tapi para petinggi Audi mengacu pada gaya desainnya yang keren, melainkan juga pada sejumlah fitur serta performanya.

Audi
Audi

Keyakinan itu diungkapkan sejumlah eksekutif Audi kepada AutoNews. Mereka mengatakan SUV terkecil dan termurah dari pabrikan berlogo empat cincin itu dapat menjadi magnet bagi mereka yang menginginkan alternatif yang sepadan dari Mercedes-Benz GLA dan BMW X1.

Memang dari sisi desain, Audi Q2 sangat menggoda. Tampilan depan didominasi oleh guratan garis-garis tegas dan tajam, seperti pada gril, lampu utama, dan air scoop.

Semua itu dipadukan dengan lekukan garis lengkung pada sisi samping, terutama pada pintu dan fender belakang. Kesan gagah terpancar dari area depan dan samping ini.

Beralih ke belakang, kesan tegas kembali muncul dengan keberadaan empat moncong knalpot yang seolah dipeluk oleh diffuser di bawah bumper. Lampu belakang yang mengotak dan simpel, serasi dengan garis-garis lurus pada desain pintu belakang.

Jika melihat Audi Q2 dari samping, seolah atap bagian belakang melayang berkat pilar C berkelir hitam dan ditutup dengan kaca gelap.

Desainer eksterior Audi Q2, Matthias Fink, menganalogikan desain model SUV anyar Audi ini seperti pemain sepakbola Amerika yang berotot.

Perpaduan garis tajam dan lengkung juga diaplikasikan pada sejumlah panel di interior, seperti pada dashboard, door trim, handel pintu dan konsul tengah serta ventilasi AC.

Didominasi warna hitam, kesan elegan dan mewah sangat kuat pada kabin Audi Q2. Untuk mengatasi kesan monoton, dashboard dikombinasi dengan warna merah. Begitu juga dengan pelapis jok yang diberi aksen merah melalui jahitan benang warna merah.

Untuk dapur pacunya, Audi Q2 akan mengusung mesin yang hampir sama dengan milik Audi A3, yaitu mesin bensin 1.0-liter tiga silinder dan juga 2.0-liter empat silinder bertenaga 189 Hp. Sementara untuk varian diesel ada pilihan kapasitas, yakni 1.6 dan 2.0-liter.

Kemudian untuk fiturnya, kemungkinan tak akan jauh dari yang disematkan pada A3, meliputi widescreen infotainment system, cruise control, setir berlapis kulit dan fitur terkini lainnya.

Sekarang kita akan menantikan SUV kompak ini meluncur pada sekitar November 2016 mendatang. [yog]

Tertarik dengan mobil Audi? dapatkan penawaran menarik di sini atau suka mobil mewah Mercedes-Benz? Dapatkan penawaran menarik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here