Ini Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R Lengkap dengan Harganya

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Suzuki turut pasarkan pasar mobil di Indonesia dengan menghadirkan mobil berbentuk mungil yang diberi nama Karimun Wagon R. Karimun Wagon R masuk kedalam segmen mobil murah ramah lingkungan atau yang kerap disebut low cost green car (LCGC).

Secara tampilan, Suzuki Karimun Wagon R memiliki tampilan desain boxy serta kompak. Sejak diluncurkan di Indonesia, Karimun Wagon R dapat langsung diterima masyarakat Indonesia dengan target penjualan yang ditetapkan PT Suzuki Indomobil Sales secara wholesales mencapai 2.500 unit perbulan.

Sebenarnya, Karimun bukan nama baru bagi Suzuki. Pasalnya, mobil city car tersebut dengan bentuk mungil ini sudah diperkenalkan pada tahun 1999. Sementara untuk Karimun Wagon R merupakan generasi ketiga mobil model tersebut.

Dengan desain mungil serta mesin K10B yang digunakan, membuat Karimun Wagon R handal sebagai kendaraan perkotaan. Saat diperkenalkan di tahun 2013, Suzuki mengusung konsep S.U.P.ER (Spacious, Useful, Practical, Efficient, Reasonable) pada Karimun Wagon R.

Untuk harga, Karimun Wagon R dijual mulai Rp103 juta hingga Rp133 jutaan. Lantas seperti apa spesifikasi detail Karimun Wagon R, simak ulasan Rajamobil.com berikut ini:

Spesifikasi Eksterior Karimun Wagon R

suzuki-karimun-wagon-r-2

Secara tampilan, Karimun Wagon R memiliki desain compact, simple dan kokoh. Untuk dimensi, mobil ini memiliki panjang 3,600mm lebar 1,475mm dan tinggi 1657mm.

Dengan ukuran dimensi tersebut, Suzuki Karimun Wagon R dianggap sebagai kendaraan perkotaan yang ideal. Pasalnya, mobil ini cocok digunakan untuk keluarga kecil yang membutuhkan kendaraan yang handal bermanuver di jalan perkotaan.

Secara tampilan, Karimun Wagon R pada bagian depan menggunakan desain front grill elegant yang elegan serta terlihat sporty. Selain itu, pada bagian headlamp Suzuki menambahkan light blue eyes yang membuat tampilan depan mobil ini terlihat mewah dan menghasilkan pencahayaan maksimal apabila digunakan pada malam hari.

Selain itu, Suzuki juga sudah menambahkan foglamp yang ada pada bagian bawah headlamp mobil ini. Keberadaan foglamp tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi mobil LCGC ini serta dapat memberikan penerangan maksimal di malam hari.

Pada bagian belakang, Karimun Wagon R dibuat dengan desain yang simple. Suzuki juga sudah menambahkan side impact beam pada mobil ini. Menariknya, dibagian atap Karimun Wagon R, Suzuki memberikan roof rail dashing yang berfungsi apabila pengemudi ingin membawa muatan yang berukuran besar namun ringan dan dapat di taru pada bagian atas.

Secara keseluruhan, tampilan Karimun Wagin memiliki tampang yang mungil, dengan desain modern. Bisa dikatakan bila tampilan mobil ini berbeda dengan desain mobil LCGC lainnya d Indonesia seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda Brio.

Spesifikasi Interior Karimun Wagon R

Bergerak kebagian dalam mobil ini, Suzuki menghadirkan ruang kabin yang cukup lapang. Secara total, Karimun Wagon R dapat menampung lima penumpang di dalamnya dengan komposisi dua penumpang di depan dan tiga dibangku baris ketiga.

suzuki-karimun-wagon-r-4

Pada bagian interior, Karimun Wagon R menggunakan warna yang gelap. Sementara tampilan desain dasboard mobil ini dibuat simple dan modern, namun hal tersebut tidak mengurangi fitur yang digunakan pada Karimun Wagon R.

suzuki-karimun-wagon-r-5

Desain dasboard juga dibuat dengan simpel. Hal tersebut terlihat dengan tidak banyaknya tersedia tombol pengaturan di bagian tengah. Bahan yang digunakan juga cukup halus di bagian dashboard.

di bagian kemudi, Suzuki Karimun Wagon R menggunakan desain setir setengah lingkaran. Sementara untuk cluster meter dibuat dengan desain sporty dan mudah dilihat oleh si pengemudi.

Pada bagian depan juga sudah tersedia beberapa konsul penyimpanan yang memberikan Anda kemudahan apabila berkendara dalam jarak yang cukup jauh. Desain jok juga dibuat dengan desain serta penggunakan bahan material yang cukup mewah.

suzuki-karimun-wagon-r-6

Pada bagian belakang Suzuki juga menghadirkan ruang bagasi yang cukup lapang. Namun apabila Anda ingin memaksimalkan ruang bagasi dengan membawa barang bawaan yang cukup banyak, Anda bisa melipat bangku baris kedua.

Spesifikasi Mesin Karimun Wagon R

Untuk bagian mesin, Suzuki menghadirkan generasi baru mesin K10B pada Karimun Wagon R dengan DOHC. Mesin tersebut berkapasitas 988cc dan dianggap Suzuki memiliki tenaga yang handal serta efisien bahan bakar.

suzuki-karimun-wagon-r-3

Mesin tersebut mampu menghasilkan daya hingga 68 tenaga kuda pada 6.200 rpm, sementara torsi maksimal yang dapat dihasilkan adalah 90 Nm pada 3.500 rpm. Menariknya, Suzuki menghadirkan teknologi auto gear shift transmision pada varian tertinggi Karimun Wagon R.

Teknologi tersebut jadi yang pertama digunakan pada mobil model LCGC di Indonesia. Dengan menggunakan sistem tersebut, pengemudi bisa melakukan perpindahan transmisi dari manual ke otomatis.

Suzuki Karimun Wagon R menggunakan penggerak roda depan dengan tambahan adanya multi point injection. Untuk handling mobil, dirasa cukup baik untuk bermanuver di kemacetan ibu kota.

Spesifikasi Fitur Keselamatan, Kenyamanan dan Hiburan Suzuki Karimun Wagon R

Pada sistem hiburan, Suzuki Karimun Wagon R menggunakan 2 Din Car Audio dengan tambahan 4 Speakers. Sistem pada mobil ini dianggap mampu memberikan hiburan pada pengemudi.

suzuki-karimun-wagon-r-8

Security Alarm, Roof Rails, Alloy Wheel, dan Seat Under Tray menjadi fitur keamanan pada mobil ini. Selain itu, terdapat juga airbag di bagian depan yang membantu dampak fatal saat terjadi tabrakan.

suzuki-karimun-wagon-r-7

Untuk kenyamanan, pada bagian suspensi depan mobil ini menggunakan MacPherson Strut with coil spring dan suspensi belakang menggunakan 3-Links Rigid with coil spring. [yog]

Spesifikasi Lengkap Suzuki Karimun Wagon R

Jenis Mobil : City Car, LCGC.
Tipe Mesin : K10B engine with DOHC, 998cc, 12 valves 3 in line.
Max. Tenaga : 68PS/6.200rpm.
Max. Torsi : 90Nm/3.500rpm.
Dimensi (PXLXT) : 3,600 mm x 1,475 mm x 1,700 mm.
Wheelbase : 2,400 mm.
Ukuran Ban : 145/80 R13.
Ground Clearence : -.
Suspensi Depan : MacPherson Strut with coil spring.
Suspensi Belakang : 3-Links Rigid with coil spring.
Kapasitas Tangki : 35.
Jenis Bahan Bakar : Bensin.
Harga : Rp103 juta s/d Rp133 juta.

Daftar Harga Terbaru Suzuki Karimun Wagon R

Tipe                                                        Harga

Karimun Wagon R GS Airbag              Rp 124,500,000,-
Karimun Wagon R GL Airbag              Rp 115,500,000,-
Karimun Wagon R GA Airbag              Rp 103,000,000,-

Karimun Wagon R GS AGS Airbag Rp 133,000,000,-
Karimun Wagon R GL AGS Airbag Rp 124,500,000,-
Karimun Wagon R BLIND VAN Airbag Rp 115,800,000,-

Tertarik dengan jajaran mobil Suzuki?  Dapatkan segera penawaran menarik di sini !

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here