Menakar Kekuatan Honda Jazz Turbo

Honda Jazz

RAJAMOBIL.COM, Paris – Honda saat ini sedang rajin menghadirkan model bermesin turbo. Salah satu model yang bakal mengadopsi mesin turbo adalah Jazz.

Mesin turbo yang sudah dikembangkan Honda untuk mobil kompak adalah mesin berkapasitas 1.0 liter, yang merupakan mesin terkecil dari tiga mesin VTEC Turbo yang pernah digarap raksasa otomotif Jepang ini.

Untuk saat ini, Honda Civic hatchback versi Eropa menjadi satu-satunya model yang menggunakan mesin turbo 1.0 liter tersebut. Tapi dalam waktu yang tak terlalu lama, Jazz juga bakal menggendong mesin yang sama.

Lalu, berapa tenaga yang dihasilkan oleh mesin turbo imut itu?

Menurut Honda, mesin 1.0 liter turbocharged akan mampu menghela tenaga 129 PS dan torsi 200 Nm (147 lb-ft). Dengan begitu, hatchback pesaing Toyota Yaris ini bakal makin gahar ketimbang model yang masih mengusung mesin lawas.

Hal itu diungkapkan bos Honda Inggris, Phil Webb, kepada majalah AutoExpress di sela ajang Paris Motor Show 2016.

Tapi tampaknya ada satu halangan yang bakal dihadapi Honda terkait rencana penyematan turbocharger pada Jazz. Apakah itu?

Tentunya para penggemar Jazz yang tak semuanya mendambakan performa tinggi pada hatchback kondang ini, terutama kaum Hawa. Namun cepat atau lambat, Honda harus berubah seiring dengan semakin ketatnya regulasi soal emisi di Benua Biru.

Ke depan, diyakini akan semakin banyak model Honda yang akan menggunakan mesin 1.0 liter turbocharged, salah satunya adalah HR-V.

Khusus bagi Jazz, penggunaan mesin berperforma ciamik layak dilakukan demi menggaet lebih banyak konsumen muda. Pasalnya, profil konsumen Jazz belakangan makin mengarah ke kelompok usia yang lebih dewasa, terutama di kalangan pengguna wanita. [yog]

Anda tertarik dengan mobil Honda jazz? Buruan isi data dan dapatkan penawaran menarik di sini !

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here