Toyota Siapkan FT-4X, Gantikan FJ Cruiser?

Carscoops

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Toyota FJ Cruiser boleh saja dimatikan setelah penjualannya kurang gereget. Tapi tampaknya Toyota sudah menyiapkan calon penggantinya. namanya FT-4X.

Namun, FT-4X baru sebatas nama yang baru didaftarkan oleh Toyota ke lembaga paten di Amerika Serikat, seperti dilansir AutoGuide pekan ini.

Untuk nama FT-4X sendiri mengacu pada kendaraan yang akan dilahirkan Toyota. Contohnya konsep FT-1 yang dipakai untuk calon model baru Supra, yang dikembangkan bersama BMW. Selain itu juga ada FT-86, yang menjadi konsep untuk GT86.

Lantas, bagaimana dengan angka 4 dan huruf X di belakang FT? Untuk ‘4X’ sepertinya mengacu pada sistem gerak empat roda (4×4).

Meski belum pasti nama FT-4X sebagai nama baru untuk FJ Cruiser, tapi kuat kemungkinan kendaraan anyar ini untuk mengisi posisi yang ditinggalkan FJ, yang sudah hilang dari showroom Toyota pada 2004 silam dan produksi terakhirnya sudah dilakukan beberapa bulan lalu.

Jika benar FT-4X adalah pengganti FJ Cruiser, sejumlah kalangan menilai itu adalah langkah yang tepat bagi Toyota. Pasalnya, beberapa rivalnya juga tengah menyiapkan model kendaraan perambah medan berat. Sebut saja Ford yang bakal mengandalkan New Bronco, kemudian Jeep tengah menyiapkan New Wrangler, serta Land Rover dengan New Defender.

Apalagi tren minat konsumen sekarang sudah semakin mengarah ke SUV, baik versi kompak, medium atau bongsor. Jadi salah bila pabrikan tak melihat bertumbuhnya segmen SUV dan crossover ini sebagai peluang besar untuk mendongkrak penjualan. Bahkan Volvo yang selama ini dikenal sebagai penghasil sedan dan wagon, sudah lebih dulu menyatakan diri untuk lebih fokus pada segmen SUV dan crossover berkat larisnya model-model SUV dan crossover asal Swedia tersebut di sejumlah pasar mancanegara.

Kembali ke Toyota FJ Cruiser, SUV racikan Toyota ini pertama kali diproduksi pada 2007 silam. SUV bergaya retro ini konsepnya pertama kali diperkenalkan pada 2003. Dilengkapi dengan beberapa fitur seperti kursi tahan air, kait derek belakang, penahan lumpur, dan sebagainya, membuat FJ Cruiser sebagai SUV tangguh.

Untuk dapur pacunya mengandalkan mesin V6 4.0L yang menghasilkan tenaga sekitar 260 HP dan torsi 271 lb-ft, yang disalurkan via transmisi otomatis 5 percepatan atau manual 6 percepatan. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here