RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Chevrolet Captiva awal diluncurkan ke pasar otomotif tanah air pada pertengahan tahun 2014 oleh PT. General Motors (GM), mobil dengan segmen SUV (sport utility vehicle) 7 penumpang ini dibekali dengan beragam fitur canggih. Chevrolet Captiva itu sendiri sudah dikenal sejak tahun 2006, berjalannya waktu terdapat penyegaran yang diberikan GM ke dalam salah satu SUV andalannya ini.

The All New Captiva 2.0 Diesel FWD LTZ / Prasetyoandi

Dengan perubahan yang terjadi pada bagian eksterior, membuat tampilan SUV asal Amerika ini memiliki tampang yang gagah dan kokoh. Selain itu ornamen-ornamen krom yang disematkan membuat tampilan luar Chevrolet Captiva semakin elegan dan modern. Dalam segmen ini, Rajamobil.com akan memberikan ulasan lengkap eksterior dan interior The All New Captiva 2.0 Diesel FWD LTZ, apa saja yang disajikan oleh Chevrolet ke dalamnya?

EKSTERIOR

Sesuai dengan segmennya, mobil ini memiliki desain eksterior yang syarat akan kegagahan sebuah mobil SUV. Bisa dilihat dari bagian depan terdapat dual port grill radiator dengan aksen krom serta logo Chevrolet di tengahnya. Sebagai informasi, penyegaran terjadi pada logo Chevrolet yang hadir dengan ukuran lebih kecil dari varian sebelumnya. Untuk sisi pencahayaannya, The All New Captiva dibekali dengan head light projector with auto on/off & manual levelizer yang membuat tampilan semakin stylish dan up-to-date, headlamp dapat menyala dengan sendirinya sesuai tingkat cahaya yang didapatkan sensor dengan mode auto. Pada bagian headlamp juga terdapat LED daytime running lights, serta foglamps yang dihiasi dengan aksen krom garnis. Bergerak ke bumper depan bagian bawah terdapat skid plate berwarna silver doff yang melindungi bagian bawah dari benturan atau gesekan.

Eksterior The All New Captiva 2.0 Diesel FWD LTZ / Prasetyoandi

Bergeser ke bagian samping, terdapat garis lurus mulai dari pintu baris pertama hingga lampu rem bagian belakang. Desain modern pada bagian samping terdapat aksen krom yang terbujur di jendela kiri dan kanan serta door handle. The All New Chevrolet Captiva juga dibekali fitur passive entry / passive start (PEPS), memudahkan anda untuk membuka pintu tanpa harus menekan tombol pada keyless, selama kunci ada pada anda. Aura SUV semakin kental dengan penyematan aksen gerigi pada side steps The All New Captiva. Untuk kaca spion sudah disematkan turning lights untuk memberikan isyarat pada kendaraan lain di bagian samping pada saat anda berkendara, selain itu juga terdapat fitur side blind zone alert yang berguna sebagai isyarat untuk mendeteksi pada sudut yang tidak terlihat pandangan anda.

Eksterior The All New Captiva 2.0 Diesel FWD LTZ / Prasetyoandi

Jika anda melihat bagian belakang The All New Captiva, aura sporty dan elegan dari sebuah SUV akan terpancar. Terbukti dari aksen krom yang disematkan logo Chevrolet pada bagian pintu belakang dengan rear parking assist with rear cross traffic alert, fitur tersebut bekerjasama dengan kamera belakang untuk memperingati akan benda asing yang menghalangi jalan pada saat parkir, dengan dihiasi LED combination lamp pada sisi kiri dan kanan. Berbeda dari SUV biasanya yang hanya disematkan reflector saja pada sisi kiri dan kanan bumper belakang, The All New Captiva ini memiliki reflector yang dikombinasikan dengan rear foglamps dan akan menyala jika anda mengatur pada tuas lampu di stir kemudi. Pada bagian spoiler belakang juga disematkan LED combination yang akan menyala pada saat anda menginjak pedal rem, selain itu di bagian bawah bumper belakang juga terdapat skid plate dengan penyematan dual exhaust berlapis krom.

Eksterior The All New Captiva 2.0 Diesel FWD LTZ / Prasetyoandi

INTERIOR

Setelah ulasan pada bagian eksterior, sekarang saatnya kita bedah bagian dalam The All New Captiva ini. Apa saja yang disajikan Chevrolet ke dalam kabin SUV yang menjadi andalannya ini?

Kita mulai dari kabin baris pertama, desain dashboard The All New Captiva didesain ulang untuk memberikan anda kemudahan akses ke berbagai panel insturument di dalamya dengan aksen garis karbon melintang dari sisi doortrim hingga ke dashboard tengah. Pada bagian kiri depan terdapat airbag dengan logo tulisan pada dashboard sisi kiri dan sudah disematkan lubang beraksen krom yang menghiasi sirkulasi AC serta Seatbelt Reminder. Teknologi yang diterapkan pada AC ialah air ionizer yang berguna untuk memurnikan udara secara signifikan dari segala bakteri, bau tidak sedap dan asap rokok. Selain itu terdapat ruang penyimpanan pada bagian bawah dashboard yang sudah memiliki fitur pendingin untuk minuman di dalamnya.

Interior The All New Captiva 2.0 Diesel FWD LTZ / Prasetyoandi

Bergeser ke bagian tengah, terdapat New Generation MyLink, yakni sistem infotainment eksklusif yang memudahkan anda mengakses lagu favorit dan semua kontak penting anda. Fitur hiburannya sendiri memiliki beragam kecanggihan, seperti layar sentuh 7 inci yang dilengkapi dengan Android Auto, Apple Carplay, Bringgo Navigation System, Arkamy 3D Surround Sound, (CD/USB/AUX with IPOD Connectivity), Bluetooth, Speaker & Audio Steering Switch. Pada bagian bawah entertainment system terdapat beberapa tombol pengaturan, seperti tombol sirkulasi AC, tombol elektrik defogger, tombol ESC, ECO Mode, Hazard & Hill Assist Control.

Interior The All New Captiva 2.0 Diesel FWD LTZ / Prasetyoandi

The All New Captiva hadir dengan transmisi otomatis yang dilengkapi dengan triptonic 6-kecepatan. Pada bagian transmisi terdapat tombol handbrake, yang akan memudahkan anda pada saat berendara dibandingkan dengan menggunakan tuas. Selain itu terdapat tempat 2 bottle holder , serta console tersembunyi dengan ruang penyimpanan yang cukup lapang di bawahnya.

Berpindah ke bagian kemudi, stir kemudi yang terbalut dengan kulit akan memberikan kenyamanan dalam genggaman pada saat anda berkendara. Stir kemudi dari The All New Captiva juga sudah disematkan tombol Cruise Control dan Audio Steering Switch yang digabungkan dengan tombol Steering Wheel Mounted Controls. Fitur Telescopic Multi-Function Steering Wheel juga terdapat pada stir kemudi yang memudahkan anda mengatur posisi stir sesuai keinginan anda pada saat berkendara. Pada bagian Multi Information Display (MID) terdapat beragam informasi yang bisa diketahui oleh pengemudi, seperti contoh tekanan udara pada roda (PSI), kecepatan (km/h), jarak tempuh dengan sisa bahan bakar, serta beragam informasi lainnya.

Interior The All New Captiva 2.0 Diesel FWD LTZ / Prasetyoandi

Pada bagian sisi kanan stir kemudi terdapat switch untuk pengaturan headlamps atau headlight manual levelizer yang terdiri dari 3 tingkatan (jarak sorot lampu normal – jarak sorot lampu jauh), fitur ini berguna pada saat anda melewati medan perbukitan atau pegunungan yang minim cahaya dan jarak pandang karena kabut. Di sisi kiri tombol tersebut terdapat Switch Retractable Mirror, untuk membantu anda mengatur posisi kaca spion.

Interior The All New Captiva 2.0 Diesel FWD LTZ / Prasetyoandi

Selain fitur keamanan, The All New Captiva juga syarat akan kenyamanan. Bisa kita lihat dari fitur pada kursi kemudi, yakni 8 Way Power Adjustable Seats dan Active Headrest (fitur sandaran kepala yang bertujuan meredam benturan ke leher dengan mengurangi hentakan kepala ke belakang saat tertabrak dari belakang).

Air Bag The All New Captiva 2.0 Diesel FWD LTZ / Prasetyoandi

The All New Captiva ini memiliki fitur keselamatan yang tinggi, dengan 8 titik airbags pada (4 di baris pertama, 2 di baris kedua dan 2 lagi pada baris ketiga). Selain fitur keselamatan tersebut, mobil ini juga memiliki ruang bagasi yang cukup luas, dengan melipat kursi pada baris ketiga dan kedua anda akan mendapatkan ruang bagasi yang lapang dan juga rata, sehingga barang bawaan anda akan tersusun dengan rapih. Membahas soal bagasi, pastinya identik dengan beban. The All New Chevrolet Captiva sudah memiliki Self Levelizing Rear Suspension, fitur ini akan meninggikan suspensi belakang apabila mendeteksi adanya muatan yang berat.

DIMENSI

Bicara soal dimensi, pastinya mobil ini berukuran cukup besar. SUV dengan 7 penumpang ini memiliki ruang bagasi yang cukup lapang dengan melipat kursi di baris kedua dan ketiganya. The All New Captiva ini memiliki dimensi 4673 x 1849 x 1756 mm dengan wheelbase 2707 mm dengan berat 1.986 kg. Dengan dimensi dan ukuran badan tersebut The All New Captiva menjadi SUV tangguh dan kokoh, badan besar SUV ini juga diperkuat dengan suspensi McPherson Strut with Coil Spring  di bagian depan dan Independent 4 Link with Coil Spring & Self Levelizer pada bagian belakang. Sedangkan untuk velg dan ban The All New Captiva menggunakan ukuran 19” Aluminium Alloy dengan ukuran ban 235/50.

Interior The All New Captiva 2.0 Diesel FWD LTZ / Prasetyoandi

Untuk pengeremannnya sendiri, The All New Captiva menggunakan Ventilated Disc Brake di bagian depan dan Disc Brake Non Ventilated pada bagian belakang. Untuk fitur dalam pengeramannya, The All New Captiva sudah menggunakan fitur Anti –Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Panic Brake Assist (PBA).

MESIN

Bicara soal dapur pacu, The All New Captiva memiliki 2 mesin diesel dengan varian yang berbeda, yakni All Wheel Drive (AWD) dan Front Wheel Drive (FWD). Dari dua perbedaan penggerak tersebut sama-sama dibekali dengan mesin tipe 2.0L, DOHC, DBW, with Variable Geometry Turbocharger & Intercooler. Untuk urusan tenaga, pastinya The All New Captiva tidak perlu diragukan lagi, dengan kompresi 16.3:1 SUV ini dapat menghempaskan tenaga sebesar 163 HP pada putaran 3.800 rpm serta torsi maksimal sebesar 400 Nm pada putaran 2.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan tersalur ke transmisi otomatis dengan 6-kecepatan dan ECO Mode sehingga menghasilkan tenaga dan akselerasi yang tinggi.

Mesin 2.0L, Diesel FWD LTZ, DOHC, DBW, with Variable Geometry Turbocharger & Intercooler / Prasetyoandi

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here