RAJAMOBIL.COM, Jakarta РMitsubishi Xpander merupakan pesaing terberat Toyota Avanza yang baru lahir tahun lalu. Ya, kalimat ini tepat sekali untuk menggambarkan seperti apa persaingan pasar mobil saat ini di kelas low Multi Purpose Vehicle (MPV). Bukan tanpa alasan, begitu diluncurkan kehadiran produk anyar Mitsubishi ini sukses menggemparkan pasar otomotif tanah air.

Dilihat dari data penjualan yang dirilis Gaikindo, Xpander sempat mengalahkan Avanza sebagai penguasa pasar otomotif tanah air. Mobil yang dijuluki XM kala masih jadi konsep ini mampu memuncaki mobil terlaris di tanah air dalam beberapa bulan terakhir.

Saking fenomenalnya, inden atau daftar tunggu mobil ini mencapai berbulan-bulan. Namun anehnya, orang tidak keberatan dengan inden lama itu. Alasannya karena memang mobil ini menjadi incaran bagi mereka yang ingin memiliki mobil keluarga baru.

Baca Juga : Inden Lama, Pembeli Xpander Ogah Pindah ke Laih Hati

Hingga akhirnya pada November ini, Avanza kembali merebut tahta yang dikuasai Xpander. Lantas, bagaimana persaingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander bila dilihat dari spesifikasi keduanya? Berikut penjelasannya.

Secara ukuran, Mitsubishi Xpander unggul dibanding Avanza. Xpander memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 dan tinggi 1.695 mm serta wheelbase 2.775 mm, sedangkan Avanza tingginya 4.190 mm, lebar 1.660 dan tinggi 1.695 mm.

Untuk ground clearance dan kapasitas tangki keduanya sama, tingginya 200 mm dan 45 liter. Soal kenyamanan, kedua mobil ini juga sama-sama menggunakan suspensi yang hampir sama, yakni di bagian depan MacPherson Strut. Namun untuk belakangnya Xpander menggunakan torsion beam dan Avanza Multi-Link. Dan pada ukuran ban, Xpander menggunakan 185/65 R15, sedangkan Avanza 185/70 R14.

Lantas bagaimana dengan desainnya? Kalau boleh jujur, kami jelas pilih desain Xpander dibanding Toyota Avanza. Tampilan mobil low MPV Mitsubishi ini terlihat lebih modern dibanding Avanza. Hal itu karena memang Mitsubishi mendesain Xpander dengan konsep ala ala SUV namun memiliki kenyamanan MPV. Mitsubishi menyatakan desain Xpander mengusung konsep Desain Dynamic Shield ditambah headlamp serta foglamp yang tampak interaktif pada bagian depan mobil ini. Dibagian sisi, terdapat garisan yang menonjol hingga bagian belakang.

Pada buritan juga, Xpander dibuat lebih menarik. Lantas bagaimana dengan Toyota Avanza? Mobil yang mendapat julukan ‘sejuta umat’ ini Terlihat lebih agresif setelah Toyota melakukan pembaruan di tahun 2015. Perubahan yang dilakukan pada bagian grille yang lebih besar serta bumper dibuat menyatu dengan foglamp. Toyota menyatakan, desain eksterior Avanza mengusung tema Keen Look yang diadopsi dari tampilan produk global Toyota.

Baca Juga : Perlukah Toyota Lakukan Perubahan pada Avanza?

Pada bagian belakang, Combination Lamp dengan aksen gelap terlihat manis. Hal ini juga tampak pada dengan bagian depan dan samping. Bergerak dibagian interior, kedua mobil ini sama-sama mampu menampung tujuh penumpang didalamnya dengan konfigurasi kursi tiga baris.

Kursi baris ketiga dapat dilipat sehingga sehingga memungkinkan mobil ini lebih multifungsional saat ingin membawa banyak barang, ada juga power outlet dibangku kedua. Lantas bagaimana dari fitur yang terdapat dikeduanya?

Avanza memiliki fitur seperti sistem pengereman ABS dengan ABS, ISOFIX, 3 Point Seat Belt, Simp Impact Beam, Comfortable Suspension, Cabin Quietness, Dual Airbag sebagai basic standarnya. Selain itu, terdapat juga fitur hiburan berupa head unit layar sentuh berukuran 6,1 inci yang dapat terkoneksi dengan DVD, CD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth dan Ipod. Sedangkan untuk Mitsubishi Xpander sepertinya lebih unggul dibanding Avanza soal fitur yang ada.

Baca Juga : 3 Kekurangan Toyota Avanza

Mobil buatan Mitsubishi ini sudah memiliki sistem pengereman ABS, EBD ditambah BA (Brake Assiste). Selain itu ada juga Hill Start Assist (HSA), Active Stablity Control (ASC), Emergancy Stop Signal (ESS), ISOFIX, Keyless, Rear View Camerea, Immobilizer, Dual SRS Airbags dan lainnya.

Lanta bagaimana dengan dapur pacu keduanya? Untuk yang satu ini Toyota unggul. karena Avanza memiliki dua piihan mesin, berkapasitas 1.329 cc dan 1.496 cc yang mampu menghasilkan daya hingga 104 Ps. Mesin yang digunakan pada Avanza yaitu 4 Cylinder IL, 16 V DOHC Dual VVT-i. Sementara Xpander hanya tersedia satu pilihan mesin, MIVEC 4A91 DOHC 16-Valve berkapasitas 1.499 cc.

Mesin ini bisa menghasilkan daya 77 Ps dengan torsi 141 Nm. Terakhir soal harga, Toyota Avanza lebih terjangkau dibanding Xpander. Avanza yang memiliki sembilan pilihan tipe dibandrol mulai Rp 191 jutaan dan yang tertinggi varian Veloz 1.5 A/T dipasarkan Rp 239 jutaan.

Baca Juga : Mending Beli Toyota Avanza Atau Honda Mobilio?

Sedangkan Xpander yang memiliki delapan tipe dijual mulai Rp 201 juta hingga Rp 255 jutaan untuk varian Xpander Ultimate A/T. Kalau boleh jujur, Xpander bukan pesaing. Namun keduanya masuk dalam kategori yang sama di pasar otomotif tanah air, low MPV. Lantas untuk pilihan akhir, semua ada di tangan Anda, sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here