RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Pilihan mobil mungil dipasar otomotif tanah air beragam, mulai dari yang berbandrol murah hingga memiliki harga selangit. Selain itu, dari spesifikasi juga turut berbeda. Ada mobil mungil dengan spesifikasi pas-pasan, terdapat pula mobil dengan spesifikasi yang mutakhir.

Bila merujung dari pasar saat ini, setidaknya ada beberapa produk mobil mungil yang laris manis. Diantaranya seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio, Mitsubishi Mirage, Kia Picanto serta Datsun GO. Meski banyak pilihan mobil lain, kali ini kami ingin membahas perbandingan spesifikasi antara Toyota Agya dan Datsun GO.

Baca Juga : 5 Fitur Tersembunyi di Datsun GO

Kedua mobil ini masuk dalam kategori kendaraan low cost green car (LCGC). Namun, untuk Datsun sendiri menilai, produk yang mereka pasarkan, GO CVT bukan merupakan produk LCGC. Hal itu karena mobil ini memiliki spesifikasi yang lebih dibanding produk serupa.

Namun meski begitu, kedua mobil ini menurut kami layak untuk dibandingkan karena memiliki beberapa persamaan, seperti jumlah penumpang hingga harga yang tidak terpaut jauh. Lantas seperti apa perbandingannya? Simak berikut ini:

Secara dimensi, kedua mobil ini memiliki ukuran yang hampir sama. Datsun memiliki ukuran panjang 3.788 mm, lebar 1.636 mm dan tinggi 1.507. Sedangkan Toyota Agya dimensi panjangnya mencapai 3.660 mm, lebar 1.600 dan tinggi 1.520. Sedangkan untuk fitur yang terdapat pada bagian eksterior, masing-masing memiliki keunggulan.

Baca Juga : 5 Keunggulan Datsun GO dibanding Brio dan Agya

Kedua mobil memiliki tambahan bodi kit pada varian tertingginya. Seperti GO CVT T Active dan Agya TRD. Sedangkan untuk varian standarnya, kedua mobil menggunakan spion dengan lampu sein yang terintegrasi. Pada bagian buritan wiper belakang dan spoiler dengan lampu rem juga dibuat menyatu.

Keunggulan yang dimiliki Datsun GO yaitu adanya DRL LED. Untuk Agya, punya lampu depan proyektor dengan light guide LED serta lampu belakang kombinasi LED. Pada bagian kaki-kaki, Datsun dan Agya sama-sama menggunakan pelek alloy ring 14.

Bergerak kebagian kabin, kedua mobil memiliki lima pintu serta dapat menampung lima penumpang didalamnya. Kedua mobil menggunakan bucket seat untuk desain kursi yang dibuat menyatatu dengan headrest-nya.

Baca Juga : Keunggulan Fitur dan Mesin Datsun GO

Menariknya, Datsun telah meninggalkan desain dashborad lama pada GO, sehingga memiliki tampilan yang lebih menarik dibanding model sebelumnya. Ada juga cluster meter yang kini sudah dilengkapi dengan tachometer serta MID digital. Pada Toyota Agya sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun bila dilihat dari kenyamanan, tampaknya Agya sedikit lebih unggul.

Untuk sistem hiburan, Datsun GO memiliki layar sentuh berukuran 6,75 inci sebagai pusat hiburan. Sedangkan Agya, menggunakan ead unit standar 2DIN. Lantas bagaimana dengan fitur kedua mobil ini?

Toyota Agya memiliki fitur unggulan seperti sistem pengereman ABS dengan EBD, Dual SRS Airbag, 3 Point Safety Belt, Seat Belt Reminder, Audio Steering Switch, LED Rear Combination Lamp, Semi Bucket Seat, Immobilizer, Sensor Belakang. Sedangkan pada Datsun, memiliki fitur unggulan berupa Intelligent Wiping System, Speed Sensitive EPS, Follow Me Home, Keyless Alarm, Shock Sensor serta Power Window.

Pada bagian dapur pacu, kedua mobil sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.2 liter. Datsun menggunakan mesin jenis HDR12DE 3 silinder 1.2 liter yang mampu menghasilkan daya hingga 68 PS dengan putaran torsi hingga 104 Nm. Untuk mobil ini memiliki keunggulan dibanding Agya karena menggunakan transmisi CVT X-Tronic.

Toyota Agya hadir dengan menggunakan mesin DOHC Dual VVT-i 16 katup berkapasitas 1.2 liter yang bisa meletupkan daya ingga 88 Ps. Menariknya, Agya juga memiliki pilihan varian dengan menggunakan mesin lebih kecil, berkapasitas 1.0 liter. Mesin ini bisa menghasilkan daya hingga 67 PS. Lantas bagaimana dengan harga keduanya?

Bila dilihat dari bandrol keduanya pada Desember 2018, Datsun memasarkan GO dengan harga mulai Rp 102 juta hingga 142 jutaan. Sedangkan Toyota membandrol Agya dengan harga dipasarkan dengan bandrol mulai Rp 135 juta hingga Rp 152 jutaan.

Kesimpulan. Bila dilihat dari spesifikasi, kedua mobil memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Seperti Agya yang terbilang memiliki fitur lebih lengkap dibanding Datsun GO. Namun, Datsun GO memiliki fitur berupa transmisi CVT yang tidak dimiliki Agya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here