RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Di Indonesia, pilihan mobil perkotaan dengan ukuran mungil memang beragam. Ada yang memiliki spesifikasi tinggi, hingga kelas low cost green car (LCGC) yang dibandrol terjangkau. Semua balik lagi pada kebutuhan serta kemampuan calon pembeli.

Sebut saja ada Mitsubishi Mirage, Nissan March, Honda Brio, Daihatsu Sirion, Toyota Agya serta Suzuki Karimun. Masing-masing mobil memiliki keunggulan baik dari segi fitur maupun mesin yang diusung. Kali ini kami akan mengulas perbandingan dua produk mobil perkotaan.

promo harga cicilan toyota agya

Baca Juga : Datsun GO Vs Toyota Agya, Mana Lebih Baik?

Mobil itu yakni Toyota Agya dan Nissan March. Kedua mobil ini, sama-sama memiliki bentuk hatcback meski berada di kelas yang berada. Agya merupakan produk LCGC, sedangkan March tidak. Lantas, bagaimana perbedaan keduanya? Simak ulasannya berikut ini :

Secara dimensi, kedua mobil ini memiliki ukuran yang hampir sama. Namun March memiliki ukuran yang sedikit lebih panjang serta tinggi dibanding Agya. March memiliki ukuran panjang 3.780 mm, lebar 1.665 dan tinggi 1.525 mm, sementara Agya panjangnya 3.660 mm, lebar 1.600 dan tinggi 1.520.

Dengan angka itu, membuat March memiliki kabin yang lebih lapang dibanding Agya. Untuk kapasitas tangki juga, March mencapai 41 liter sedangkan Agya hanya 33 liter.

Untuk spesifikasi suspensi kedua mobil ini. Bagian depan menggunakan MacPherson Strut dan belakang Torsion Beam. Untuk bagian eksterior, Toyota Agya terbilang memiliki tampilan yang lebih sporty, sedangkaan March tampaknya mengusung konsep yang lebih elegan.

Baca Juga : Tahun Depan, Toyota Luncurkan 6 Model Baru

Nissan mendesain headlamp March dengan menambahkan DRL (daytime running light), desain grille dibuat dari dua layer dengan logo Nissan pada bagian atas. Pada bagian burita, Nissan March hadir dengan menggunakan Roff Rear Spoiler serta ada LED High Mounted Stop Lamp juga LED Rear Combination Lamp. Hal ini menjadi ciri khas March bila dilihat di malam hari.

Sedang untuk Agya, punya lampu depan proyektor dengan light guide LED serta lampu belakang kombinasi LED. Guna memberikan kesan sporty, Toyota meluncurkan varian TRD pada Agya dengan menggunakna beberapa penambahan bodi kit dibagian eksterior.

Eksterior Nissan March

Untuk bagian kabin, kedua mobil yang sama-sama mampu menampung lima orang didalamnya. Untuk fitur yang ada pada bagian interior, Nissan March memiliki ruang penyimpanan dibangku baris pertama dan kedua, dual airbag, Kursi belakang yang dapat dilipat 60:40 untuk kebutuhan angkut barang hingga kapasitas 251 liter, Steering Switch Audio Control, New AV Monitor with Mirroring Technology dan lainnya.

Sedangkan untuk Agya, memiliki fitur beruapa 3 Point Safety Belt, Selt Belt Reminder, Audio Steering Swith, Semi Bucket Seat dan lainnya. Untuk keseluruhan fitur, tampaknya March terbilang lebih lengkap dibanding Agya.

Mobil mungil Nissan ini memiliki fitur seperti Intelligent Key, Immobilizer, push start button, automatic air conditioner, parkir sensor, Brake Assist, Zone Body Concept, serta Vehicle Dynamic Control. Untuk Agya, hadir dengan menggunakan fitur ABS dengan ABD, Dual SRS Airbag, ISOFIX, Immobilizer, Sensor Belakang, dan lainnya.

Baca Juga : Promo Super Toyota, Cicilan Mulai Rp 2,4 Jutaan

Untuk urusan dapur pacu, Nissan March lagi-lagi unggul, sebab mobil ini memiliki dua pilihan mesin. Pertama mesin HR12DE berkapasitas 1.2 liter yang bisa menghasilkan daya hingga 76 PS, dan kedua March dengan mesin HR15DE berkapasitas 1.5 liter.

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga mencapai 102 PS. Lantas bagaimana dengan Agya? Mobil mungil Toyota ini hadir dengan menggunakan mesin DOHC Dual VVT-i 16 katup berkapasitas 1.2 liter yang bisa meletupkan daya ingga 88 Ps. Menariknya, Agya juga memiliki pilihan varian dengan menggunakan mesin lebih kecil, berkapasitas 1.0 liter.

Terakhir kita lihat perbedaan harga keduanya? Jelas kalau dilihat dari sisi ini, Agya lebih unggul karena memiliki bandrol yang lebih murah. Agya di pasarkan Toyota mulai Rp 135 juta hingga Rp 152 jutaan. Sedangkan March mulai Rp 185 jutaan, hingga Rp 225 jutaan.

Kesimpulannya, bila dilihat dari harga, tentu March lebih tinggi. Sebab, mobil ini menghadirkan fitur yang terbilang lengkap untuk sebuah mobil perkotaan. Namun Agya juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski lebih murah, Agya juga cukup baik sebagai kendaraan keluarga kecil untuk kendaraan mobilitasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here