RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Memang, banyak pilihan mobil di kelas low Multi Purpose Vehicle (MPV). Hampir semua pabrikan mobil di Indonesia memiliki produk di kelas ini. Karena mobil di kelas ini dianggap sebagai mobil keluarga yang ideal digunakan oleh masyarakat.

Dengan hal itu, membuat produk di kelas ini menguasa pangsa pasar otomotif tanah air. Namun, ternyata dari sekian banyak hanya segelintir yang mampu bertahan dan memiliki penjualan yang baik. Karena ada juga pabrikan mobil yang menyerah hingga gulung tikar karena tidak bisa bersaing di segme low MPV.

Untuk itu, para pabrikan coba berinovasi dengan menghadirkan produk yang sesuai selera pasar. Selain itu, pemberian fitur dan juga tampilan cukup berpengaruh untuk meningkatkan penjualan di segmen ini. Salah satu diantaranya seperti yang dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Baca Juga : Toyota Avanza Vs Suzuki Ertiga

Suzuki pertama kali melahirkan Ertiga tahun 2012. Setelah berkiprah selama enam tahun, Suzuki akhirnya melakukan perubahan besar pada Ertiga di tahun 2018. Hal ini untuk mempertahankan penjualan Ertiga sebagai salah satu produk low MPV terlaris di Indonesia. Lantas, apa saja keunggulan Ertiga untuk memikat calon konsumennya? Simak ulasannya berikut ini :

Desain Sporty

Perubahan yang paling mencolok dari Ertiga yaitu desain ekterior. Pabrikan asal Jepang ini merubah bagian luar Ertiga makin sporty. Terlihat garis-garis tegas dibagian sisi yang menunjukan kesan sporty pada mobil ini. Selain itu, desain grille, lampu utama yang sudah menggunakan projector serta tersemat DRL hingga fog lamp juga dibuat dengan desain yang lebih segar dibanding model sebelumnya.

Ada juga shark fin dibagian atas. Untuk bagian kaki, Ertiga baru hadir dengan menggunakan pelek alloy berdesain baru dengan ukuran ring 15. Untuk fitur pada bagian eksterior, seperti smart entry juga electrical & foldable mirror with turn signal lamp.

Fitur Keren

Tampilan yang lumayan enak dipandang mata, dibarengi dengan fitur yang mempuni pada mobil ini. Sebut saja seperti adanya Steering Switch Control untuk Audio, Immobilizer & Key Less Entry, Rem dengan sistem ABS dan EBD, Height Adjuster, Dual SRS Airbag, Hill Hold Control, ISOFIX.

Baca Juga : Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander, Mana Lebih Baik?

Selain itu, ada juga fitur keamanan seperti ESP (Electronic Stablity Program), Resevse Parking Sensor dan juga Door Open Stoppers. Untuk fitur terakhir, berguna untuk mencegah pintu terbuka lebar, sehingga mampu menghindari adanya benturan dari depan.

Mesin Bertenaga

Suzuki memberikan mesin yang bertenaga pada Ertiga. Mobil ini dibenamkan mesin K15B, DOHC 4 silinder berkapasitas 1.462 cc yang bisa menghadirkan daya hingga 104,7 Ps dengan torsi hingga 138 Nm. Mesin yang digunakan ini membuat Ertiga baru lebih bertenaga dibanding model sebelumnya.

Untuk bukti, Suzuki mengklaim Ertiga bisa melaju dari diam hingga kecepatan 100 km/jam, ditempuh dengan waktu kurang dari 11 detik.

Irit Bahan Bakar

Ini memang perlu pembuktian. Pun pembuktiannya harus dilakukan oleh lembaga independen, agar tercipta hasil yang nyata. Untuk itu, Suzuki menunjuk Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP) untuk menguji sebera efisien mesin pada All new Ertiga.

Hasilnya, hanya dengan satu liter bahan bakar, Ertiga mampu melaju hingga 16,73 km, untuk varian otomatis. Sedangkan Ertiga varian manual, konsumsi bahan bakarnya satu liter mencapai 18,09 km.

Harga Terjangkau

Ini yang menarik. Suzuki tidak menaikan harga Ertiga dengan sewenang-wenang. Dengan perubahan yang dilakukan, mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpangnya ini hanya naik Rp 2 jutaan, dibanding model sebelumnya.

Untuk harga yang dipatok, Ertiga dipasarkan Suzuki mulai Rp 193 jutaan untuk varian terendahnya. Sedangkan yang paling mahal, Ertiga ESP A/T dijual dengan harga Rp 238 jutaan. Untuk Anda yang tertarik memiliki Ertiga, bisa lihat penawaran promo menariknya disini!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here