Ekspor All New Ertiga

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Dalam sejarahnya, Ertiga, mobil low multi purpose vehicle (MPV) yang jadi primadona Suzuki ini menampakan wujudnya dari sebuah mobil konsep pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 dengan nama R-III. Arti dari nama itu ialah ‘ER’ (yang berarti huruf R) artinya ‘Row’ atau ‘baris’ dan ‘TIGA’ (yang berarti angka 3).

Secara keseluruhan, artinya mobil yang memiliki tiga baris pada interior dengan kapasitas 7-penumpang. Dua tahun setelah diperkenalkan dalam wujud purnarupa, Suzuki akhirnya resmi memasarkan Ertiga. Kala itu, Ertiga dipasarkan hanya tersedia pilihan transmisi manual saja.

Munculnya Ertiga saat itu berhasil menggoyangkan pasar low MPV yang dikuasai oleh Toyota Avanza. Berselang enam tahun, akhirnya Suzuki melakukan perubahan total pada Ertiga. Tepatnya pada April lalu, All new Ertiga resmi meluncur. Menarik rasanya bila membahas seperti apa perubahan yang terjadi antara Ertiga lawas dengan model terbarunya. Seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini.

SEBELUM ALL NEW

Kalau boleh jujur, sebenarnya sangat disayangkan saat itu Suzuki hanya meluncurkan varian manual Ertiga. Padahal, bila ada model otomatis, pasti penjualannya bisa jauh meningkat.

Sadar akan kemacetan ibu kota dan pentingnya transmisi otomatis, pada 2013 akhirnya Suzuki menghadirkan pilihan transmisi otomatis dan menyematkan AC Double Blower ke dalam varian Ertiga GL dan GX.

Beranjak usia tiga tahun, Suzuki menghadirkan model facelift Ertiga di tahun 2015. Perubahan yang terjadi hanya terdapat pada bagian eksterior saja, seperti gril depan, pelek dan lampu bagian belakang yang mendapat tambahan reflektor.

Pada tahun yang sama Suzuki juga memperkenalkan model terbaru, yakni Suzuki Ertiga Dreza yang menjadi model di kasta tertinggi dan termahal. Perbedaan yang cukup signifikan antara Suzuki Ertiga biasa dengan Dreza terletak di bagian eksterior, di mana Dreza memiliki grill yang cenderung kotak dan air dam yang memanjang. Selain itu, tongkrongan Ertiga Dreza tampil lebih sporty berkat adanya body kit, spoiler dan desain pelek dua warna.

Masuk ke sisi interior, kemewahan terlihat dengan adanya aksen kayu pada bagian door trim dan bahan kain dengan kualitas tinggi di setiap jok Ertiga Dreza. Fitur hiburannya dilengkapi dengan  layar sentuh berukuran 9 inci yang dapat dikoneksikan dengan Android dan Apple.

Tidak ada perbedaan di sektor mesin, Ertiga Dreza masih menggendong mesin yang sama dengan Ertiga biasa. Mesin K14B dengan kapasitas 1.373 yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 90 dk dengan torsi puncak 130 Nm masih mumpuni untuk membawa 7-penumpang di dalamnya.

Selang dua tahun, tepatnya awal 2017 Suzuki resmi memperkenalkan Ertiga dengan mesin diesel. Dari segi tampilan, yang membedakan antara Ertiga mesin diesel dengan Ertiga mesin bensin hanya emblem hybrid ZDI yang terletak pada bagian pintu bagasi Ertiga diesel.

Mesin yang digunakan Ertiga diesel sudah dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle from Suzuki (SHVS) yang berkapasitas 1.2488 cc. Mesin tersebut mampu melontarkan tenaga maksimal sebesar 88 dk, dengan torsi puncak mencapai 200 Nm.

Sangat disayangkan, transmisi Suzuki Ertiga diesel hanya tersedia pilihan manual dengan 5-percepatan saja.

ALL NEW ERTIGA

Suzuki All new Ertiga merupakan generasi kedua yang diperkenalkan secara resmi dalam ajang Indonesia international Motor Show (IIMS) 2018. Jika dilihat secara seksama, model ertiga yang  resmi telah di ekspor Suzuki ini memiliki kemiripan dengan generasi sebelumnya.

Stylish dan modern memang diusung Suzuki ke dalam All new Ertiga. Tampilan headlamp memiliki desain lebih pipih dengan teknologi proyektor yang ditambah dengan black bezel fog lamp. Lapisan krom pada gril menambah sisi elegan tampilan wajah All New Ertiga yang tak lupa disematkan logo ‘S’ khas kendaraan Suzuki.

Berpindah ke sisi samping, terdapat garis lurus yang tegas dari pintu depan hingga buritan belakang. Tak hanya itu, pembaruan juga terlihat pada bagian pelek yang telah menggunakan desain baru.

Pada bagian belakang, penyegaran yang mencolok terlihat di sektor lampu yang telah menggunakan teknologi LED. Dengan bentuk memanjang dan menyiku, sekilas tampilannya sedikit mirip dengan pesaingnya Mitsubishi Xpander.

All New Ertiga hadir dengan dimensi yang lebih besar, di mana panjang keseluruhannya mencapai 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm.

Masuk ke interior, tampilan dashboard kini hadir lebih stylish dan elegan. Selain itu, tampilan audio layar sentuh dengan desain panel baru dan fitur start/stop engine memberikan kemewahan tersendiri bagi pengemudi.

Pembaruan juga terjadi pada sektor dapur pacunya, kali ini Suzuki All New Ertiga mengusung mesin K15B dengan teknologi DOHC VVT. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.462 cc dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis (CVT) 4-percepatan.

Perkawinan antara mesin dengan transmisi tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 104,7 PS / 6.000 rpm dan torsi puncak mencapai 138 Nm / 4.400 rpm. Walau memiliki tenaga yang besar, konsumsi bahan bakar All New Ertiga terbilang irit. Hal tersebut berkat adanya teknologi Multi Point Injection (MPI) yang diterapkan Suzuki ke model terbarunya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here