RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Selain Toyota Avanza, ada pilihan mobil keluarga lain yang bisa Anda beli. Pilihannya ialah Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Kedua mobil kelas low Multi Purpose Vehicle (MPV) ini bisa disebut sebagai mobil paling laris di kelas low MPV.

Secara spesifikasi, Mobilio dan Ertiga memang terbilang ideal digunakan untuk mobil keluarga. Sama-sama memiliki kapasitas tujuh penumpang dan terdiri dari tiga baris kuris. Selain itu, kedua mobil ini juga didukung dengan fitur yang bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunannya. Lantas, diantara keduanya, mana yang lebih baik?

Berikut kami akan memaparkan spesifikasi perbandingan antara Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio ;

Secara dimensi, Ertiga memiliki ukuran yang lebih tinggi dan panjang di banding Mobilio. Ya, sebab Suzuki telah melakukan perubahan total pada bagian dimensi Ertiga terbaru yang mereka luncurkan April lalu. Mobilio memiliki panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm dan tinggi 1.603 mm. Sedangkan ground clearance mencapai 189 dan wheelbase 2.650.

Untuk Ertiga panjangnya 4.395 mm, lebar 1.735 mm , tinggi 1.690 mm. Untuk ground clearance mobil keluarga Suzuki ini mencapai 200 mm serta wheelbase 2.655 mm. Lantas bagaimana dengan tampilannya? Jujur, sebelum Suzuki melakukan pembaruan pada Ertiga, tampang Mobilio lebih keren dengan adanya body kit dan rear spoiler.

Namun setelah Suzuki meluncurkan generasi baru, tampilan Ertiga lebih segar dibanding Mobilio. Desain eksterior Ertiga terlihat modern juga elegan. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur berupa Projector Headlamps, LED Rear Combination Lamps with Light Guides. Sedangkan Mobilio, juga tak kalah soal fitur. Mobil ini sudah memiliki foglamp, spion electric dan projector headlamp sebagai lampu utamanya.

Bergerak kebagian kabin, kita bicara kenyamanan. Jok yang digunakan berbalut kulit serta terdapat driver seat height Adjuster, ventilated cup holder diberbagai titik. Untuk Honda Mobilio, desain joknya meski tipis. Hal ini untuk memberikan ruang yang lebih lapang dibagian kabin. Untuk ada juga cup holder dibeberapa bagian, serta pot charger di baris depan dan kedua.

Untuk fitur, kedua mobil ini terbilang lengkap. Ertiga memiliki fitur seperti ISOFIX, Immobilizer, pengereman dengan ABS serta EBD, Ertiga juga dilengkapi dengan BA (Brake Assist) dan ESP (Electronic Stability Program). Selain itu, mobil ini juga sudah memiliki Hill Hold Control (HHC). Fitur ini berfungsi untuk menahan kendaraan tidak meluncur saat melaju di tanjakan atau turunan.

Selain itu ada juga Push Start/Stop Button, Head Unit Touchscreen 6,8 inci. Untuk Honda Mobilio, memiliki fitur seperti Vehicle Stabillity Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Audio Steering Switch, ISOFIX, SRS Airbag, Key Immobilizer, Alarm System dan lainnya. Sedangkan untuk transmisi, Mobilio juga sudah dilengkapi dengan CVT yang membuat perpindahan transmisi terasa lebih halus.

Lalu, bagaimana dengan urusan dapur pacunya. Untuk yang satu ini, Mobilio lebih unggul. Sebab mobil ini memiliki tenaga paling besar diantara pilihan mobil low MPV di Indonesia saat ini. Mobilio hadir dengan menggunakan mesin i-VTEC SOHC berkapasitas 1.5 liter yang mampu menghasilkan daya hingga 118 Ps pada putaran 6.600 rpm.

Untuk Ertiga menggunakan mesin mesin K15B empat silinder berkapasitas 1.5 liter yang mampu menghasilkan daya 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.4000 rpm.

Dan terakhirnya yaitu untuk harganya. Suzuki Ertiga dijual dengan bandrol mulai Rp 193 juta hingga Rp 238,5 jutaan. Sedang Mobilio, dijual Honda mulai Rp 193 juta hingga Rp 228,9 jutaan.

Setelah penjabaran tadi, kesimpulannya ialah, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing. Bila Anda memiliki jiwa yang sporty, Mobilio bisa jadi pilihan. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang lengkap, serta mesin bertenaga. Sedang bagi Anda yang ingin menikmati kenyamanan dengan elegan, Ertiga bisa jadi pilihan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here