RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Toyota terbilang cukup sukses merajai pasar otomotif, khususnya dalam memproduksi sebuah mobil keluarga. Setelah Avanza, terbukti penjualan Calya yang merupakan mobil dengan segmen Low Cost Green Car (LCGC) meningkat di tahun 2018 lalu.

Berdasarkan data penjualan mobil LCGC yang kami peroleh dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Calya menduduki peringkat pertama dengan torehan penjualan sebanyak 59.244 unit, terhitung sejak Januari hingga November 2018.

Mobil dengan banderol harga di bawah Avanza ini memiliki spesifikasi yang mumpuni, bahkan diprediksi dapat menggeser posisi Avanza sebagai produk terlari Toyota. Apa saja sih spesifikasi lengkap dari Toyota Calya ini? simak ulasannya di bawah ini.

EKSTERIOR

Bicara soal tampilan, Toyota calya hadir dengan gaya sederhana namun tetap terlihat mewah. Seperti keluarga Toyota lain, bagian wajah Calya mengadopsi konsep ‘Keen Look’ dengan bentuk lampu tajam yang hampir mirip seperti Avanza. Kemewahan dapat dilihat pada bagian gril yang berlapis krom lengkap dengan logo ‘Burung Garuda’ di tengahnya.

Berpindah ke bagian samping, terlihat bodi yang lebih panjang seperti ada ruang tambahan antara kursi baris kedua dan ketiga. Selain itu, aura sporty terlihat pada desain pelek dua warna berukuran 14 inci.

Pada bagian belakang, lampu Toyota Calya mengadopsi desain L-Shape terbalik sama seperti All New Kijang Innova. Kemewahan buritan belakang juga dapat dilihat pada list krom berlogo Toyota di bagian pintu belakang.

INTERIOR

Memasuki interior, Toyota Calya hadir dengan desain dashboard multi layer. Bagian tengah dashboard dihiasi sistem hiburan yang sudah dilengkapi dengan audio (CD/MP3, Port USB, AUX dan Bluetooth), serta panel kontrol AC dan tuas transmisi.

Interior mobil ini sudah dirancang untuk menyuguhkan ruang kabin yang lapang, sehingga dapat menampung tujung orang penumpang di dalamnya. Kenyamanan penumpang baris kedua dan ketiga didukung dengan Rear Air Circulator dan sandaran kepala pada setiap kursi penumpang.

FITUR

Walau sebagai mobil LCGC, soal fitur Toyota Calya tidak kalah dengan para pesaing di kelasnya. Hal yang paling utama dalam berkendara adalah keselamatan, nah fitur keselamatan yang ada pada Toyota Calya meliputi 3 Point Seatblet pada setiap kursi, Dual SRS Airbag, ISOFIX, Rear Parking Sensor dan Anti-Lock Braking System (ABS).

Sedangkan untuk fitur keamanannya, Toyota Calya sudah dibekali dengan Immobilizer Key yang terdapat pada kunci mobil agar terhindar dari pencurian dan Anti-Theft System yang dapat memberi ketenangan tambahan dengan keamanan yang lebih terjaga.

DIMENSI

Sebagai LCGC dengan kapasitas 7-penumpang, Toyota Calya memiliki dimesin panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm, dengan jarak sumbu roda mencapai 2.525 mm. Kenyamanan saat melewati jalan berlubang akan dirasakan pengemudi, hal tersebut berkat ukuran Ground Clearance 180 mm.

MESIN

Urusan dapur pacu, Toyota Calya dibekali mesin dengan tipe 3NR, 4-silinder dengan kapasitas 1.197 CC. Mesin tersebut sudah mengusung teknologi DOCH, Dual VVT-i yang mampu melontarkan tenaga maksimal sebesar 88 PS pada 6.000 RPM dengan torsi 11 Kgm pada 4.200 RPM.

Toyota Calya hadir dalam dua pilihan transmisi, yakni Manual 5-percepatan dan Otomatis 4-percepatan. Seperti halnya mobil LCGC, konsumsi bahan bakar Toyota Calya terbilang irit, dimana mobil ini menghabiskan 1 liter bahan bakar pada setiap jarak 20 KM.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here