RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Bila dilihat kapasitas penumpang, memang kedua produk ini berbeda, Datsun Cross dan Suzuki Ignis berbeda. Cross mampu memuat 7 penumpang, sedang Ignis hanya lima. Namun dari beberapa aspek, kedua mobil ini memiliki kesamaan. Seperti sama-sama produk citycar, berbandrol terjangkau serta memiliki fitur yang tidak jauh berbeda.

Fitur yang tersaji di kedua mobil ini bertujuan untuk memberi kenyamanan juga keamanan bagi penggunanya. Lantas, bila ditelisik, mana lebih baik, Datsun Cross atau Suzuki Ignis?

Secara dimensi, Cross memiliki ukuran yang lebih panjang dari Ignis. Ignis memiliki panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm dan tinggi 1.595 mm. Untuk dan ground clearance mencapai 180 mm. Untuk Cross ground clearancenya mencapai 200 mm. Namun bila dilihat dari segi desain, Ignis terlihat lebih menarik dibanding Cross.

Baca Juga : 4 Alasan Membeli Suzuki Ignis

Ini terlihat dari tampilan eksterior dimana Suzuki mendesain bagian luar Ignis dengan grille dan bonnet dibuat menyatu. Desain headlamp juga dibuat futuristik serta terdapat roof rail juga kisi-kisi di sekitar fog lamp yang membuat tampilan mobil ini lebih sporty.

Sedangkan untuk Cross, Datsun menyatakan mobil ini didesain layaknya mobil crossover. Hal itu berkat adanya roof rails serta rear spoiler. Selain itu, Cross juga memiliki LED signature lamp juga fog lamp yang mampu memberikan penerangan saat berkendara dalam cuaca berkabut.

Baca Juga : Layak Gak Sih, Datsun Cross Dibeli?

Untuk urusan fitur, Cross memiliki VDC (Vehicle Dynamic Control), yang bisa membuat mobil melaju dengan seimbang saat berada di tingkungan. Untuk fitur lain yang ada pada mobil ini berupa power side view mirrors, power windows, intelligent wiper system, follow me home, keyless entry with shock sensor, parkir sensor juga sistem rem ABS.

Sedangkan untuk Ignis, memiliki fitur berupa headlamp LED Projector, DRL, foglamp, pelek berukuran 15 inci, high mount stop lamp maupun sensor parkir yang di 4 titik.
Didalam kabin, Ignis memiliki glove box, console cup holder juga system hiburan berupa layer sentuh untuk varian tertentu. Ignis juga memiliki push start/stop button, auto climate A/C and Heater, Steering Wheel Switch Control, juga Keyless Entry.

Dan untuk keamanan, Ignis dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, Anti Lock Braking System, Electronic Brake Force Distribution, Child Seat Anchorages juga platfrom heartect. Untuk sistem hiburan, Cross menggunakan 2Din dengan layar sentuh berukuran 6,75 inci yang dapat terkoneksi dengan AM/FM, Radio, USB, AUX dan Bluetooth.

Sedangkan untuk mesin, Cross menggunakan mesin 3 silinder berkapasitas 1.2 liter yang mampu mencapai 78 Hp dengan torsi 104 Nm. Untuk Ignis, bagian dapur pacunya menggunakan mesin berkode K12M berkubikasi 1.200 cc yang mampu menghasilkan daya hingga 83 Ps dengan torsi 113 Nm. Lantas, bagaimana dengan harganya?

Baca Juga : Biar Tau, ini 5 Fitur Tersembunyi di Datsun Cross

Datsun memasarkan Cross dalam dua pilihan, bertransmisi manual dan otomatis. Untuk yang manual, dihargai Rp 161 jutaan dan Cross CVT dibandrol Rp 173 jutaan. Sedangkan untuk Suzuki Ignis, hadir dalam empat tipe dengan bandrol mulai Rp 152,5 juta untuk yang termurah, hingga yang termahal, Ignis GX A/T Rp 181,5 jutaan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here