RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Bisa dipastikan, Indonesia bakal kehadiran produk SUV terbaru asal China. Ialah Wuling Motors yang secara resmi memperkenalkan produk anyar mereka bernama Almaz bulan lalu di Sirkuit Sentul, Jawa Barat. Meski sudah diperkenalkan, namun Wuling Almaz belum dipasarkan.

Diprediksi Wuling baru akan memasarkan Almaz mulai akhir bulan Februari. Bila kelak dipasarkan, Almaz akan jadi pesaing baru bagi produk SUV serupa seperti Honda CR-V maupun DFSK Glory 580. Yang menarik, ialah produk terakhir, Glory 580. Ini akan menandakan adanya persaingan di kelas SUV antara dua produk asal negeri Tiongkok tersebut.

Spesifikasi Wuling Almaz

Secara kategori, keduanya memang masuk dalam kategori sama. Namun secara spesifikasi sudah pasti keduanya memiliki perbedaan. Hal ini guna menggaet calon konsumennya di tanah air. Seperti halnya Wuling Almaz yang memiliki keunggulan berupa head unit berukuran lebar, fitur kamera 360, cruise control serta sistem audio yang menggunakan speaker buatan Infinity by Harman.

Sedangkan DFSK Glory 580 menawarkan keunggulan seperti driving recorder atau Vehicle Running Recorder. Ini merupakan fitur yang berfungsi merekam setiap hal dalam perjalanan. Bisa dikatakan ini merupakan fitur yang mirip dengan black box di pesawata. Selain itu, Glory 580 juga memiliki keunggulan fitur berupa cruise control, tire pressure monitoring, button start-smart key, HHC uphill assist serta electronic parking brake (EPB).

Lantas bagaiaman dengan bagian dapur pacu kedua mobil ini? Sepertinya hal ini jadi yang paling menarik untuk diulas.

Kedua mobil ini sama-sama hadir dengan menggunkan mesin berkapasitas 1.5 liter. Selain itu, mesin tersebut juga dibubuhi teknologi turbo yang mampu memberikan tenaga maksimal. Untuk Wuling Almaz, hadir dengan menggunakan mesin dibekali mesin 1.500 cc, 4 silinder Turbocharged. Mesin ini menghasilkan power 140 hp dengan torsi puncak 250Nm.

DFSK Glory 580
DFSK Glory 580

Mesin tersebut terbilang ideal bagi sebuah produk SUV. Apalagi, Wuling juga melengkapi mesin itu dengan penggerak bertransmisi atau Continuously Variable Transmission. Hal ini bisa memberikan jaminan kenyamanan dalam berkendara baik saat melaju pelan maupun kencang. Lantas bagaimana dengan DFSK Glory 580.

Pabrikan yang menggunakan Agnes Mo sebagai brand ambassadornya itu menghadirkan Glory 580 dengan dua pilihan mesin. Pertama mesin berkode SFG15T Turbocharged berkapasitas 1.498 cc. Mesin ini bisa menghasilkan daya hingga 150 Hp dengan torsi 220 Nm. Untuk pilihan lain yaitu Glory 580 bermesin SFG18 Natural Aspiration berkapasitas 1.798 cc yang bisa menghasilkan daya hingga 139 Hp dengan torsi 220 Nm. Untuk transmisi yang digunakan, sama seperti Almaz, Glory 580 juga menggunakan teknologi transmisi CVT.

Bila dilihat dari dapur pacu keduanya, Glory 580 memiliki keunggulan berupa dua pilihan mesin. Selain itu, tenaga yang dihasilkan Glory 580 juga unggul dibanding Almaz. Dari sisi harga, Glory 580 dipasarkan dengan bandrol mulai Rp 240 jutaan. Sementara untuk Almaz masih belum diketahui. Diprediksi Wuling akan membandrol SUV pertamanya ini dengan harga sekitar Rp 290 jutaan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here