RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Setelah diluncurkan pekan lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) menantang awak media nasional, termaksud redaksi Rajamobil.com untuk menjajal new Mobilio. Acara yang digelar kemarin, Rabu (28/2) ini mengambil jalan perkotaan. Hal ini memang ideal untuk produk low MPV seperti Mobilio yang sejatinya merupakan mobil keluarga.

Rute perjalanan diawali dari Cilandak Town Square menuju BSD, Tangerang, Pantai Indah Kapuk, dan berakhir di Ancol. Ada puluhan unit Mobilio yang disediakan. Uniknya, Honda justru menyediakan varian E CVT untuk dijajal, bukan varian tertingginya. Entah kenapa alasannya.

Setiap mobil ditempati tiga orang dewasa. Kami mendapat kesempatan untuk mengemudi pertama kali mobil ini. Begitu masuk kedalam Mobilio E CVT, terlihat lebih segar dengan warna baru pada bagian dashboard dan interior berwarna hitam dan ivory (two-tone). Sedangkan untuk posisi mengemudi, Mobilio memang dikenal cukup nyaman. Pengaturan kursi dapat dilakukan dengan mudah.

Kondisi jalan menuju rute yang ditentukan terbilan padat. Hal seperti ini merupakan waktu yang ideal untuk menjajal salah satu fitur baru di Mobilio, yaitu 6,2 inci resistive touchscreen display audio. Pusat sistem hiburan ini terbilang mudah untuk digunakan. Layar terlihat sensitif saat disentuh. Selain itu, layar yang terdapat ditengah dashboard ini juga bisa terkoneksi dengan handsfree telephone, koneksi bluetooth, juga smartphone.

Spesialnya, terdapat kamera dibagian belakang yang bisa difungsikan saat mobil tengah melaju. Ini jadi sesuatu yang baru di Mobilio. Setelah menempuh perjalan kurang lebih 74 km, akhirnya kami sampai ke wilayah Ancol, Jakarta Utara.

Seperti biasanya, Honda melakukan kontes irit bahan bakar bagi setiap mobil yang ikut serta dalam test drive ini. Perhitungannya menggunakan rata-rata konsumsi bahan bakar yang ada di MID. Hasil tertinggi tercatat mencapai 21,6 km/liter. Sedangkan untuk mobil yang kami gunakan hanya mencapai 18 km/liter.

Angka yang dihasilkan berbeda-beda setiap mobilnya. Tergantung cara mengemudi serta penggunaan fitur didalamnya. Karena ada sebagian mobil yang memilih tidak menggunakan AC saat uji new Honda Mobilio karena ingin mendapatkan hasil maksimal untuk perhitungan bahan bakarnya.

Untuk test drive kali ini, tampaknya memang hasil pengujian bahan bakar serta penggunaan fitur head unit baru yang bisa dijajal. Pasalnya tidak ada lagi yang baru pada new Honda Mobilio. Memang ada, yaitu headlamp, namun untuk acara kali ini, fitur ini jelas tidak bisa di tes. Karena pengujian dilakukan hanya di siang hari.

“Kami ingin menginformasikan kepada masyarakat bila new Honda Mobilio hadir dengan sesuatu hal yang baru. Mobil keluarga ini kini semakin lengkap dan dapat memanjakan penggunanya. Ini juga didukung denga performa yang baik serta efisiensi bahan bakar,” terang Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Servise Director PT HPM.

Sebagai informasi, Honda Mobilio hadir dengan menggunakan mesin 1.5 L i-VTEC yang mampu menyemburkan tenaga hingga 118 PS pada 6.600 rpm, dilengkapi transmisi CVT. Sedangkan untuk fitur yang tersedia, mobil ini dilengkapi -CON+ACE with side impact beam, pretensioner with load limiter seatbelt, ABS+EBD, immobilizer, Day/night rearview mirror.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here