Beberapa Mobil Hasil Kolaborasi Toyota dengan Daihatsu, Ini Yang Terbaru

Beberapa Mobil Hasil Kolaborasi Toyota dengan Daihatsu, Ini Yang Terbaru

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu kini bertambah kembali. Salah satu produk kolaborasi keduanya adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Sebelumnya, kolaborasi antara keduanya telah berlangsung hampir dua dasawarsa sejak tahun 2003. Mereka menjalin kerjasama memproduksi mobil di dalam negeri dengan inovasi luar biasa. Untuk harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky juga cukup relevan di class SUV compact-nya.

Keseluruhan mobil hasil dari kolaborasi tersebut memang diproduksi di dalam negeri. Pada produk tertentu dari keduanya sudah memiliki beberapa komponen lokal hingga 95%. Berikut Informasi selanjutnya.

Ini Mobil Hasil Kolaborasi Toyota dan Daihatsu Beberapa Periode

Beberapa produk yang dihasilkan dari perpaduan brand Toyota dan Daihatsu sebagai berikut.

Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza Tahun 2003

Beberapa Mobil Hasil Kolaborasi Toyota dengan Daihatsu, Ini Yang Terbaru

Pada tahun 2003 kolaborasi Antara Toyota dan Daihatsu sebagai permulaan mereka menghadirkan si kembar pertama Avanza dan Xenia.

Kedua mobil kolaborasi Toyota dan Daihatsu tersebut telah lebih dulu diperkenalkan ke pasaran pada tahun 2003 dan dijual secara resmi pada tahun 2004.

Produk tersebut telah laris di pasaran dan penjualan menembus angka hingga 15 unit per bulan. Mobil tersebut tak hanya dipasarkan di Indonesia saja, namun juga di ekspor ke sejumlah negara Asia Oceania, Afrika dan Amerika Selatan.

Mengisi segmen MPV yang mampu menampung 7 penumpang, dua mobil ini sukses mencuri hati konsumen di Indonesia dengan kapasitas sebuah mobil keluarga dengan relatif terjangkau.

Keduanya menguasai penjualan mobil hingga beberapa waktu yang cukup lama. Mobil tersebut memiliki wajah yang hampir serupa. Namun tentu memiliki suatu perbedaan baik dalam eksterior, interior, fitur dan harga. Sedangkan dari sisi mesin keduanya berbekal 2 pilihan kapasitas mesin yakni 1,3 liter dan 1,5 liter.

Toyota Rush dan Daihatsu Terios Tahun 2006

Beberapa Mobil Hasil Kolaborasi Toyota dengan Daihatsu, Ini Yang Terbaru

Sedangkan pada tahun 2006 kolaborasi Toyota dan Daihatsu dilanjutkan dengan menghadirkan Rush dan Terios. Dua pabrik ternama asal Jepang tersebut akhirnya kembali melakukan kolaborasi tahun 2006.

Produsen tersebut mencoba memperkenalkan mobil dengan segmen SUV da dibanderol dengan harga kurang dari Rp 300 jutaan. Kedua mobil ini terakhir kali mendapatkan major change pada Januari 2018, keduanya sama-sama hadir dengan bentuk bodi dan wajah yang jauh lebih membualat daripada sebelumnya.

Perubahan desain tersebut telah sukses membuat performa penjualan kedua terus meningkat. Bahkan hingga saat ini keduanya terbukti masih memimpin segmen mobil Low SUV di Tanah Air.

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Tahun 2012

Beberapa Mobil Hasil Kolaborasi Toyota dengan Daihatsu, Ini Yang Terbaru

Pada tahun 2012 menjelang tahun 2013 mereka kembali menghadirkan Agya dan Ayla sebagai kejutan mobil termurah. Kedua mobil ini cukup laris dengan penjualan rata-rata mencapai 5 ribu unit perbulannya.

Selain itu mobil hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu sudah beberapa kali mengalami penyegaran produk. Hal ini karena adanya kebijakan pemerintah terkait mobil Low Cost Green Car yang memicu keduanya kembali bekerja sama menghadirkan sepasang mobil baru.

Nyatanya dengan kehadiran keduanya tak hanya menjawab kebijakan pemerintah namun juga menjawab kebutuhan masyarakat. Terutama yang mencari mobil dengan kapasitas mesin kecil.

Dengan desain bodi yang kecil, berbekal dua pilihan mesin yakni 1,2 liter dan 1.0 liter. Dan hingga saat ini keduanya masih menduduki segmen mobil LCGC perkotaan tertinggi.

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Tahun 2016

Beberapa Mobil Hasil Kolaborasi Toyota dengan Daihatsu, Ini Yang Terbaru

Selanjutnya kolaborasi berlanjut dengan menghadirkan Calya dan Sigra. Kedua mobil ini diperkenalkan ke masyarakat pada ajang GIIAS 2016 silam. Kehadiran keduanya juga mendapatkan tanggapan positif dan laris di masyarakat Indonesia.

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu ini merupakan kolaborasi keempat yang mengisi segmen mobil murah dengan kapasitas penumpang hingga tujuh penumpang dan dua kursi tambahan pada baris ketiga. Dari segi mesin keduanya hadir dengan kapasitas mesin yang berbeda.

Pada Daihatsu Sigra berbekal 2 pilihan mesin yakni 1.0 liter dan 1.2 liter dan Toyota Calya hanya pada i pilihan mesin yakni 1.2 liter.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Tahun 2021

Beberapa Mobil Hasil Kolaborasi Toyota dengan Daihatsu, Ini Yang Terbaru

Pada tahun 2021 ini telah hadir hasil kolaborasi yang terbaru yaitu Toyota Raize dan Daihatsu rocky. Dengan desain sporty dan lebih stylish, Toyota Raize menjadi pilihan yang tepat untuk masyarakat Indonesia di Pasar Compact SUV.

Daihatsu Rocky merupakan bentuk kontribusi dan investasi berkelanjutan Daihatsu Indonesia.Compact SUV dengan konsep desain terkini termasuk struktur rangka dasar dan sistem penggerak mesin. Raize dan Rocky menjadi pasangan model kembar ke 5 yang memiliki desain menawan.

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu mengawali kerjasama dengan memaksimalkan kekuatan dari kedua perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Tanah Air. Selanjutnya untuk meningkatkan daya saing dan mendukung tujuan pemerintah untuk mengembangkan industri otomotif.

Peluncuran ini menjadi bukti kuat komitmen untuk terus melakukan inovasi, penyerapan tenaga, investasi berkelanjutan, serta kerja sama dengan mitra supplier lokal dalam memperkuat struktur industri otomotif nasional.

Hal tersebut mampu memperbesar peluang ekspor terutama negara-negara yang telah memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia.

Hadirnya kedua produk mampu melibatkan lebih banyak SDM industri dan pemasok lokal. Termasuk pada sektor industri kecil dan menengah dalam rantai nilai operasi bisnis Daihatsu dan Toyota di Indonesia.

Dimensi kolaborasi Toyota dan Daihatsu tak begitu besar dan sama-sama berbekal kapasitas mesin kecil yakni 1.0 liter turbo charger. Kolaborasi antara Astra, Toyota dan Daihatsu telah berjalan baik hampir 2 dekade.

Hal ini kembali diperkuat dengan adanya produk kolaborasi keduanya tersebut. Hal ini demi memberikan produk terbaik dengan banyak pilihan untuk masyarakat Indonesia sebagai salah satu solusi mobilitas berkualitas.

Kolaborasi tersebut yang sudah terjalin selama ini telah memberikan dampak positif pada pertumbuhan industri otomotif Indonesia.

Hal ini dapat menciptakan lapangan kerja baru, pemanfaatan kandungan lokal, berbagi teknologi, serta menyediakan produk yang tidak hanya sesuai untuk kebutuhan pasar dalam negeri saja. Namun untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

Astra juga mengharapkan produk kolaborasi baru yang memberikan semakin banyak pilihan bagi para konsumen di Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan hasil semangat bersama Toyota dan Daihatsu.

Selain itu empat mobil kembar hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu baik Toyota Rize dan daihatsu Rocky akan diproduksi di pabrik PT ASTRA Daihatsu Motor. Bahkan mobil ini dikembangkan dengan memanfaatkan pusat R&D PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Tanah Air.

Sebenarnya Toyota dan Daihatsu juga sempat meluncurkan Granmax dan Town Ace. Namun tidak dipasarkan di Indonesia, karena Town Ace dari Toyota dipasarkan di Jepang. Mobil tersebut tersedia dalam 2 pilihan mesin yakni 1.3 liter dan 1.5 liter.

Begitu juga dengan Daihatsu Altis dan Toyota Camry, saudara kembar tersebut banyak yang belum mengetahuinya. Karena keduanya tidak dipasarkan di Indonesia.

Bahkan Altis sendiri di Indonesia dikenal dengan medium sedan milik Toyota yakni Corolla Altis. Sebenarnya kolaborasi keduanya pada tahun 2000 dan terus berlanjut hingga generasi kelima.

Kedua sedan mewah tersebut hadir dengan mesin bensin dan mesin Hybrid yang menawan. Kolaborasi Toyota dan Daihatsu menjadi brand yang begitu dekat dengan konsumen Indonesia. Keduanya memiliki inovasi terbaik yang tahu betul kebutuhan para konsumen mereka. Tak heran keduanya mampu menguasai pasar otomotif hingga saat ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here