Antara Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite Mana Yang Lebih Unggul ?

Antara Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite Mana Yang Lebih Unggul?

Perbandingan Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite 2021 sangat menarik untuk kita ulas. Keduanya ialah mobil SUV kompak yang sama-sama mengusung mesin 1.0L dalam kisaran harga Rp 250 jutaan.

Seri Daihatsu Rocky serta All New Nissan Magnite ditawarkan ke konsumen, tentu rentang harganya tak akan jauh berbeda. Untuk Daihatsu Rocky hadir dengan harga mulai Rp 214,2 juta hingga 236,1 juta. Sedangkan untuk Nissan Magnite dijual mulai dari harga Rp 214, 8 juta hingga Rp 244,8 juta.

Secara dimensinya, fitur lengkap, harga serta segmen konsumen yang Nissan Magnite incar ada pada pasar yang sama dengan mobil Rocky.

Mengetahui Perbandingan Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite

Wujud SUV dan beragam turunannya saat ini memang sedang naik daun. Bahkan SUV menjadi model yang paling berkembnag serta cukup banyak digandrungi dalam dua dekade ini.

Gaya dari jip metropolitan yang pun banyak dianut oleh supercar hingga pada mobil kompak perkotaan. Jika senang dengan nuansa tanggung SUV, maka Nissan Magnite serta Daihatsu Rocky dapat menjadi pilihan yang cukup ramah dikantong.

Pasar otomotif Indonesia sepertinya menjadi salah satu pasar yang cukup potensial untuk kelas compact SUV. Berawal dari Berawal dengan kehadiran dari KIA Sonet pada bulan November 2019 silan, yang disusul oleh Nissan Magnite 2021 hadir di Indonesia.

Sebelumnya, sejak Tokyo Motor Show pada 2019 lalu, para pecinta otomotif pun seolah telah berharap akan kehadiran dari Daihatsu Rocky 2021. Berikut ini perbandingan Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite yang perlu Anda pettimbangkan, antara lain:

Perbandingan Desain

Antara Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite Mana Yang Lebih Unggul?

Terkait dengan desainnya, Nissan Magnite tampil lebih segar dengan hadirnya cipratan nuansa Datsun Modern. Terutama dalam hal arenemen wajah yang berisi grille heksagonal ala entry level Nissan tersebut. Selanjutnya, dalam hal eksekusi memainkan banyak lekuk pada permukaan berotot.

Kendaraan ini pun mampu memancarkan aura modern serta nampak tangguh melalui pemanfaat cladding yang cukup tebal. Lain halnya dengan desain Daihatsu Rocky, bukan usang atau tidak modern. Namun desain pada kendaraan ini seakan lebih mengikuti arahan tradisi lama dalam penamaan yang berbeda.

Jika Anda lebih jeli, seakan ada rasa keturunan dari famili R+Teriso di Jepang dengan profil tubuh serta eksekusi garis yang cukup untuk membuatnya tampak lebih tangguh dan modern.

Selain itu, apabila kita lihat dari sudut pandang dimensi, proporsi tubuh Rocky mungkin terlihat lebih memikat dengan harga yang ditawarkan. Sebagai gambarannya, model mutakhir Astra Daihatsu Motor ini mempunyai dimensi 4.030 x 1.710 x 1.635 mm (PxLxT) dalam wheelbase 2.525 mm.

Sedangkan pada Nissan Magnite mencatatkan figur figur 3.994 x 1.758 x 1.572 mm dari pemisahan sumbu sejauh 2.501 mm. Nampak seperti sepantaran akan tetapi terlihat jelas siapa yang lebih besar.

Perbandingan Spesifikasi Mesin

Antara Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite Mana Yang Lebih Unggul?

Perbandingan Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite selanjutnya adalah dampak dari spesifikasi mesin. Mobil Daihatsu Rocky lebih andalkan mesin berkode 1KR-VT dengan adanya 3 silinder berkapasitas 1.000 cc turbo.

Namun, sangat disayangkan bahwa varian mesin 1.2 L tidak seperti rilisan unit Rocky di Jepang. Sedangkan performa mesin 1.0 L turbo ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 96,5 Hp dengan torsi 149 NM.

Mengenai tarmisi yang tersedia yakni manual 5 percepatan serta otomatis D-CVT. Tenaga yang dihasilkan mesin akan dihantarkan oleh transmisi menuju roda depan.

Lalu berpindah ke mobil Maginte yang menjadi kompetitornya Rocky ini memakai mesin turbo dalam kode HRAO yang membawa kapasitas 1000 cc dengan 3 silinder.

Kendaraan ini mempunyai konfigurasi mesin yang serupa akan tetapi performa yang dihasilkan pun berbeda. Pada mesin turbo yang dimiliki oleh Magnite dapat memproduksi tenaga sebesar 98,6 HP dengan torsi 160 Nm. Sedangkan transmisi yang ditawarkan adalah manual 5 dengan percepatan serta otomatis XTronic CVT.

Fitur Tersedia

Antara Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite Mana Yang Lebih Unggul?

Perbandingan Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite yang menarik kita ulas selanjutnya adalah dalam hal fitur keamanan. Eksistensi yang tersemat pada Rocky serta Magnite mampu menunjukkan bahwa standar keselamatan tinggi tidak lagi eksklusif pada trim termahal. Atau, peningkatan standar pun mulai terbaca untuk harga Rp 200 jutaan.

Hal ini bukan karena sebatas paket moderat dual SRS Airbag serta piranti pengereman ABS + EBD + BA. Namun saat ini telah hadir alat penunjang stabilitas berkendara elektronik dengan jargon masing-masing.

Selain itu, tidak ketinggalan pula Hill Start Assist yang berfungsi untuk membantu saat berada pada posisi tanjakan. Mengenai sabuk pengamannya, kelima penumpang Rocky yang akan terlindungi oleh safety belt tiga titik.

Sementara pada Nissan Magnite sisakan satu penumpang tengahnya dengan pengencangan dua titik. Sedangkan komplementer dari sisi keselamatan kedua kendaraan ini cenderung sama.

Sebagai contoh pada saat parkir, gambaran area belakang dapat kita lihat melalui head unit supaya tidak menabrak objek. Hal ini juga turut dibantu dengan adanya sensor parkir pada kedua jenis kendaraan ini.

Kelengkapan Fitur Eksterior dan Interior

Antara Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite Mana Yang Lebih Unggul?

Fitur eksterior dan interior dapat menjadi perbandingan selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dari Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite. Menilai dari beberapa kelengkapan fitur eksterior, Rocky lebih komprehensif dengan memiliki kemudahan akses smart entry plus start atau stop button.

Antara Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite Mana Yang Lebih Unggul?

Berusaha untuk imbangi, Nissan Magnite membawa keyless entry meski tombolnya untuk menyalakan mesin tetaplah ada. Keistimewaan pada segmen ini terdapat nuansa serta kelengkapan serba modern yang menjadi nilai jual utama.

Antara Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite Mana Yang Lebih Unggul?

Dapat kita temui dalam ruang kabin , kedua kendaraan ini memiliki piranti digital. Seperti panel AC digital, head unit touchscreen hingga instrumentasi digital lainnya.

Antara Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite Mana Yang Lebih Unggul?

Terdapat pula kelengkapan lain yang berupa Android Auto serta Apple CarPlay serta audio control switch pada palang roda kemudi. Masing-masing kendaraan ini mengusung berbagai kelengkapan tersebut nampak mewah dan berkelas.

Nissan melakukannya dengan menyebar material fabric hingga ke door trim. Sedangkan Daihatsu memberikan sentuhan soft touch pada door trim depan. Untuk visualnya, Rocky menghadirkan tampilan desain serta layout yang lebih menarik, terutama pada display layar serta panel AC. Namun semua itu tergantung dengan preferensi masing-masing.

Perbandingan Konsumsi BBM Rocky dengan Magnite

Antara Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite Mana Yang Lebih Unggul?

Meskipun menggunakan turbo untuk mendorong mendorong performa berkapasitas kecil, akan tetapi kedua produsen ini cukup memperhatikan tingkat konsumsi bahan bakarnya agar tetap irit.

Dalam hal ini, perbandingan Daihatsu Rocky mencatat angka konsumsi BBM pada kisaran 17 hingga 18 km/liter. Hal ini berdasarkan uji rite kombinasi.

Sedangkan Nissan Magnite konsumsi bahan bakar dalam kota dalam kisaran 14-15,6 km/ liter. Sedangkan untuk rute tol angkanya mencapai 16 hingga 17,8 km/liter.

Data di atas adalah hasil dari pengujian serta berasal dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui, hasil konsumsi BBM tersebut bukanlah hasil yang pasti, karena dapat dipengaruhi oleh cara berkendara serta kondisi jalan yang dilalui.

Dari perbandingan Daihatsu Rocky dan All New Nissan Magnite dapat disimpulkan bahwa keduanya cenderung setara pada trim terendah. Untuk penilaian mana yang lebih unggul, antara Daihatsu Rocky dengan Nissan Magnite memiliki nilai lebih atau nilai jual masing-masing.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here