Daihatsu Rocky vs KIA Sonet, Jangan Sampai Salah Pilih!

Daihatsu Rocky vs KIA Sonet, Jangan Sampai Salah Pilih!

Daihatsu Rocky digadang-gadang cocok bersaing dengan KIA Sonet. Seperti yang sudah kita ketahui, Daihatsu Rocky vs KIA Sonet berada di kelas yang sama, yakni Compact Sport Utility Vehicle (SUV). Sonet secara resmi diluncurkan oleh PT KIA ( Kreta Indo Artha).

Cocok Bersaing, Daihatsu Rocky vs KIA Sonet

Mobil Daihatsu Rocky sudah terkenal tangguh. Jika kita melihat dari segi dimensinya, Rocky masuk ke segmen SUV dengan basis konsep Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Dua model 1.000 cc turbo dan 1.200 cc naturally aspirated patut Anda perhitungkan. Namun, mesin 1.000 turbo ini ternyata lebih mahal karena diposisikan Daihatsu sebagai mobil flagship. Daihatsu Rocky vs KIA Sonet dapat kita bandingkan dari  berbagai aspek, mulai dari performa, body, hingga fitur yang tersedia.

Dari Sisi Mesin

Daihatsu Rocky vs KIA Sonet, Jangan Sampai Salah Pilih!

Daihatsu Rocky resmi meluncur di Tanah air April 2021. Rocky ditenagai mesin berkapasitas 998 cc 3-silinder DOHC 12 katup VVT-I berkode 1KR-VET. Menggunakan bahan bakar bensin dan menghasilkan tenaga 97 hp dengan torsi 149 Nm. Dengan demikian, asupan bahan bakar dipaksa oleh turbo akan menjadi pilihan yang kurang efisien.

Terdapat kelengkapan pilihan transmisi Variable Speed CVT dan opsi transmisi 5 percepatan manual. Opsi mesin Daihatsu Rocky terdapat dua pilihan,  pertama tiga silinder 1,2 liter bertenaga 88ps. Kemudian yang kedua 1,0 liter turbocharged dengan tenaga 98 ps.

Baca Juga: Pilih Daihatsu Rocky 1.0 Atau Daihatsu Rocky 1.2

Sedangkan mesin KIA Sonet ditenagai 1497 cc 4-silinder, 1,5 liter DOHC, Dual CVVT bernama  Gamma II Smartstream Engine. Tenaga yang dihasilkan naturally aspirated 113 hp dengan torsi 144 Nm dan menggunakan bahan bakar bensin. Selain itu, penyalur roda depan terdapat opsi transmisi 6-speed manual dan Variable Speed iVT.

Model crossover ini digerakkan Indomobil yang merupakan tipe kedua dari Kreta Indo Artha. Digadang-gadang transmisi pada KIA Sonet ini irit konsumsi bahan bakar. Selain itu bahan bakar lebih efisien berkat hadirnya mesin Smartstream.

Desain Interior

Daihatsu Rocky vs KIA Sonet, Jangan Sampai Salah Pilih!

Daihatsu Rocky vs KIA Sonet sama-sama terkesan modern pada bagian interiornya. Terutama pada bagian dasbor Rocky dengan berbagai tombol dan fitur canggih. Fitur interior tersebut diantaranya adalah Tachometer, Fabric Upholstery, Digital Clock and Digital Odometer, serta Electronic Multi Tripmeter.

Ruang kabin Rocky unggul meskipun dimensinya kompak. Mobil ini berkapasitas penumpang lima orang. Lalu pada bagian bagasinya memiliki kapasitas sebesar 369  liter dalam kondisi kursi belakang ditegakkan.

Hampir sama dengan Daihatsu Rocky, interior KIA Sonet ada Tachometer, Leather Seats, Digital Clock and Digital Odometer, Leather Seats, dan Leather Steering Wheel. Desain interiornya sporty dan terkesan futuristik. Menariknya, kebutuhan hiburan telah diakomodasi oleh touch screen dengan ukuran 10,2 inci. Selain itu ada head unit tipe Connected Panel HD touchscreen, hiburan, dan navigasi.

Anda akan menemukan pengaturan elektrik pada kursi Sonet ini. Bahkan terdapat fitur kursi dengan sirkulasi di bagian depan.

Stir KIA Sonet berlapis kulit dengan aksen silver. Lalu untuk mengakses berbagai fitur saat menemani perjalanan Anda, terdapat tombol-tombol pengaturan yang tertata rapi. Ruang kaki dan kepala cukup luas dengan kapasitas bagasi 350 liter.

Desain Eksterior 

Daihatsu Rocky vs KIA Sonet, Jangan Sampai Salah Pilih!

Cermatilah dengan seksama antara Daihatsu Rocky vs KIA Sonet, agar tidak salah dalam memilih. Dimensi Rocky 3.995 mm x 1.695 mm x 1.620 mm, dengan wheelbase 2.525 mm dan berbekal transmisi otomatis CVT. Hal inilah yang membuat Rocky banyak dilirik orang.

Karena menganut basis DNGA, bobot mobil ini tidak lebih dari satu ton. Meskipun terbilang ringan, namun mempunyai struktur yang kokoh.

Adanya gril heksagonal dengan ukuran besar di bagian depan, membuatnya mudah dikenali. Pola garis horizontal dengan warna hitam glossy memberikan kesan agresif. Pasalnya tarikan garis begitu tegas dan memanjang dari bemper depan sampai spakbor.

Kesan gagah semakin diperkuat dengan logo khas mobil Daihatsu dan headlamp sipit dengan garnish lebar di bagian tengah. Pelek yang digunakan berdiameter 17 inci berbalut ban dengan ukuran 195/60 R17 untuk tipe tertingginya.

Dimensi KIA Sonet 4.120 mm x 1.790 mm x 1.615 mmm. Antara Daihatsu Rocky vs KIA Sonet pada tampilannya sama-sama terkesan gagah. Untuk desain Sonet, bagian depannya menggunakan honeycomb dengan aksen tiger nose.

Desain lampu depan KIA Sonet juga sipit, kemudian alur kap mesin mobil diikuti lekukan. Lampu yang disematkan berteknologi LED dan DRL. Lalu pelek yang tertanam berukuran 16 inci alloy dengan gaya krystal cut.

Beralih ke bagian belakang, tampak strip reflektor diantara dua unit lampu belakang. KIA juga menempatkan stop lamp di bagian atas kaca belakang dengan spoiler yang terintegrasi. Sebagai pemanis bagian belakang, tersemat aksen reflektor yang mengapit secara horizontal bumper bawah.

Fitur Pendukung Yang Tersedia

Daihatsu Rocky vs KIA Sonet, Jangan Sampai Salah Pilih!

Fitur yang tersedia pada Daihatsu Rocky vs KIA Sonet hampir sama. Pada Rocky terdapat Central Locking, Anti Theft Device and Engine Immobilizer, dan Power Door Locks. Sementara fitur pendukung kenyamanan yang lainnya adalah AC, Power Windows Front, Power Windows Rear, Power Steering, dan masih banyak lagi. Untuk kategori hiburan dan komunikasi, terdapat fitur Touch Screen, FM/AM/Radio, Speakers Front and Speakers Rear, Bluetooth Connectivity, dan USB & Auxiliary Input.

Daihatsu Rocky vs KIA Sonet, Jangan Sampai Salah Pilih!

Fitur-fitur yang ditawarkan KIA Sonet sangat bervariasi. Mulai dari fitur keselamatan 6 airbag, EBD, Hill Assist Control, dan rear camera dengan dynamic guide. Agar pengguna semakin nyaman, KIA menyematkan fitur berupa Ventilated Seats, 8” multimedia touchscreen with wireless Carplay and Android Auto, dan Bose Audio System.

Keistimewaan dari mobil ini pada tipe tertinggi terdapat Remote Starter. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menyalakan mesin mobil dan Air Conditioner tanpa harus masuk ke dalam kabin. Selain itu terdapat Cruise Control, Wireless Charging with colling function, Tire Pressure Monitoring System, dan masih banyak lagi.

Harga dan Varian

Daihatsu Rocky vs KIA Sonet, Jangan Sampai Salah Pilih!

Harga daihatsu Rocky vs KIA Sonet bersaing ketat. Untuk Rocky, harga saat rilis perdana berkisar antara Rp. 214, 2 juta hingga Rp. 236,1 juta. Peluncuran seri pertama tersebut diawali dengan hadirnya mesin 1,0 Turbo.

Rocky menawarkan 5 tipe , meliputi 1.0 R TC MT, 1.0 R TC ADS MT, 1.0 R TC CVT, 1.0 R TC ADS CVT, dan 1.0 R TC ASA CVT. Kemudian pilihan warna dalam sesi peluncuran awal ini, Rocky menawarkan delapan pilihan warna yang menarik. Diantaranya adalah ultra black solid, compagno red two tone, icy white two tone, dark grey metallic, yellow metallic, classic silver metallic, shining pearl white, dan compagno red.

Sementara itu, jika kita bandingkan Daihatsu Rocky vs KIA Sonet pada sektor harga, Sonet dibanderol antara Rp. 193 juta hingga 289 juta. 6 tipe yang tersedia akan memanjakan Anda dengan memberikan berbagai pilihan lengkap.

Pilihan tipe yang ada adalah Standard MT, Active MT, Smart MT, Smart iVT, Dynamic iVT and Premiere iVT. Sedangkan KIA Sonet menghadirkan pilihan Standard, Active, Smart, Dynamic, serta Premiere dengan beragam opsi transmisi. Warna ciamik yang bisa Anda pinang antara lain clear white, intelligencer blue, intense red, steel silver, aurora black pearl dan beige gold.

Harga Daihatsu Rocky berkisar antara Rp. 180,7 hingga Rp. 237,9 Juta. Sementara KIA Sonet dibanderol Rp. 193 hingga Rp. 289 Juta. Secara spesifikasi, Daihatsu Rocky 1.2 M MT, memiliki mesin 1200 cc, sementara KIA Sonet Standard MT memiliki mesin berkapasitas 1497 cc. Daihatsu Rocky vs KIA Sonet bersaing ketat, Anda bisa menentukan pilihan berdasarkan selera, kebutuhan, atau dana yang tersedia.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here