Interior Lapang Dan Memiliki Mesin Turbo, Ini Dia SUV Toyota Raize

Keunggulan Raize Indonesia dan Raize Jepang yang Bervariasi

Mobil kelas SUV Toyota Raize interior-nya sangat diperhitungkan dari segala sisi. Salah satu hal yang membuat pengalaman berkendara menggunakan Toyota Raize lebih menyenangkan adalah posisi duduk pengemudi lumayan tinggi. Sehingga membuat visibilitas lebih jelas. Dari balik setir, pengemudi dengan mudah dapat melihat seluruh kap mesin.

Sedangkan dari kursi penumpang, bantingan mesin turbo Toyota Raize lumayan keras. Ruang kaki atau leg room masih terasa nyaman, meskipun untuk penumpang dengan tinggi sekitar 180 centimeter. 

Toyota Raize mempunyai dimensi kompak dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm serta tinggi 1.635 mm. Meskipun demikian, Raize tetap terlihat proporsional.

Disamping mesin turbo Toyota Raize yang handal, kesan SUV gagah, sporty dan atraktif begitu kental pada mobil ini. Pasalnya pada aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh. Selain itu mempunyai sudut menyiku tajam dan lebih agresif di depan. 

Keunggulan Raize Indonesia dan Raize Jepang yang Bervariasi

Penggunaan LED pada  Illuminating headlamp, daytime running light (DRL) dan Sequential Turn Lamp. Pada velg menggunakan tipe 1.0T dengan besar 17 inch. 

Pada sisi interior lebih lapang. Fitur teknologi terkini seperti terpasang MID 7 inch TFT dengan display modern dan interaktif. Anda bisa menggantinya dalam 4 pilihan tampilan, yakni Analog, Advanced, Exciting dan Simple. 

Keunggulan Raize Indonesia dan Raize Jepang yang Bervariasi

Selain itu, terdapat advanced features seperti Interior Illumination, Steering Switch dan Interactive 9 inch Head Unit. Kemudian memakai floating design dan koneksi dengan smart device T-Link dan fitur Personal Reminder. Bahkan dapat memanfaatkannya sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil genap dengan memasukkan data kendaraan dalam sistemnya. 

Untuk mesin Toyota Raize Turbo mempunyai dua opsi. Pertama 1 KR-VET dengan konfigurasi 3 silinder turbo berkapasitas 998 cc. 

Kemudian pilihan yang kedua unit dengan kode WA-VE yang sama-sama memakai 3 silinder. Namun perbedaannya pada kapasitas yang lebih besar di volume 1.198 cc. Varian mesin pada Toyota Raize lebih  kecil, namun mempunyai tenaga luar biasa dari unit yang kapasitasnya lebih besar.

Berbagai usaha dilakukan Toyota untuk menyesuaikan kebutuhan dan layanan berbeda di setiap lapisan masyarakat. Pasalnya, masing-masing orang memerlukan dukungan pilihan kendaraan yang tepat. Sehingga Toyota terus memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat.

Kehadiran kendaraan ini dengan mesin turbo Toyota Raize akan mampu memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam. Selain itu, turut mendorong pasar otomotif nasional yang lebih berkembang dan dinamis. 

Dimensi Raize terbilang sangat pas dan kompak. Sehingga menjadi jawaban atas kebutuhan kendaraan di tengah jalan yang padat dan mudah bermanuver. 

Mesin Toyota Raize Turbo Lebih Bertenaga

Adanya suntikan turbo, output mesin 1KR-VET yang bahkan tidak mencapai 1.000 cc tersebut lebih besar dari WA-VE. Tenaga puncak hingga 98 dk dengan paduan torsi 140 Nm. Sedangkan pada mesin WA-VE mempunyai daya maksimal 88 dk dengan torsi 113 Nm.

Keunggulan Raize Indonesia dan Raize Jepang yang Bervariasi

Lebih menariknya lagi, mesin turbo Toyota Raize meluncur dengan torsi maksimal, yakni pada putaran lebih rendah mulai 2.400 rpm. Sementara pada mesin NA Raize, puntiran maksimal baru muncul pada 4.000 rpm. 

Dengan demikian dapat terbayangkan untuk melaju di lalu lintas kota, mesin turbo akan terasa lebih enak dan bertenaga. Meskipun kapasitasnya lebih kecil. 

Konfigurasi 3 silinder segaris VVT-i, DOHC plus dorongan turbo serta 12 valve. Diameter langkah 71.0 mm x 83.9 mm plus rasio kompresi 9,5 : 1. Sementara ledakan piston torsi puncak 140 Nm, dengan tenaga maksimal 98 PS pada 6.000 rpm. 

Ketika mengajak berakselerasi tangkas, mesin turbo Toyota Raize tidak lemot namun tak begitu beringas. Jadi, racikan girboks CVT semacam ini lebih cocok untuk gaya berkendara di perkotaan. Bila membandingkannya dengan transmisi matik konvensional, maka putaran pemacu daya dapat terjaga. Sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih efisien. 

Pada sektor peredam bantingan, memakai Struts MacPherson sebagai suspensi depan. Sementara Torsion Beans sebagai penyangga roda belakang. Hal ini merupakan formulasi terbaru. 

Bentuknya lebih optimal, posisi sudut penopang diperbarui serta beratnya dikurangi. Dengan demikian, saat berkendara lebih stabil dengan guncangan minimal. Bahkan untuk menetralkan getaran dan benturan lebih cepat dari permukaan jalan yang dilindas.

Transmisi Toyota Raize baik pada mesin 1.0 turbo maupun 1.2, keduanya memakai CVT yang menjanjikan kehalusan transfer tenaga. Dengan begitu, tidak heran bila mesin Toyota Raize Turbo dapat mencapai kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam. Dengan tiga penumpang dewasa di dalamnya. 

Kenyamanan Berkendara

Keunggulan Raize Indonesia dan Raize Jepang yang Bervariasi

Impresi pertama saat menyalakan mesin Toyota Raize tidak terasa seperti mobil dengan 3 silinder. Saat posisi langsam, getaran tidak akan begitu terasa. 

Kemudian dari awal akselerasi sampai kecepatan menengah, peranti turbo terasa mengisi tenaga dengan sempurna secara berkelanjutan. Mesin Toyota Raize Turbo terasa masih mempunyai tenaga tersisa pada kecepatan sekitar 100 hingga 110 km per jam. 

Namun, apabila pedal gas diinjak secara tiba-tiba, kondisinya akan berbeda. Raize akan terasa sulit saat mengisi tenaga untuk mencapai 100 kilometer per jam. Getaran dan raungan mesin 3 silinder akan terasa pada putaran atas. 

Hal tersebut menjadi catatan kecil, namun memang mobil ini tidak diperuntukkan untuk mencari kecepatan. Akan tetapi kenyamanan berkendara di atas mobil dengan ground clearance yang tinggi. 

Anda tidak perlu diragukan lagi soal kelincahan Toyota Raize. Pasalnya pada bodi telah dirancang sedemikian rupa untuk mengajaknya bermanuver. Selain itu, mesin Toyota Raize Turbo juga tidak perlu diragukan lagi.

Saat menjelajah akan lebih aman meskipun pada medan non aspal, karena memakai ground clearance 200 mm. Selain itu, terlihat lebih proporsional dengan adanya wheelbase 2.525 mm.

Fitur Lengkap

Keunggulan Raize Indonesia dan Raize Jepang yang Bervariasi

Selain mesin Toyota Raize Turbo yang bertenaga, pada fiturnya juga terbilang mumpuni. Mulai dari penunjang keselamatan, keamanan, hiburan dan masih banyak lagi dapat Anda jumpai. Bahkan lebih dari itu, Toyota Raize mempunyai fitur keselamatan yang terbilang canggih dan menjadi satu-satunya di kelasnya.

Raize mempunyai fitur Safety Sense yang tergolong sangat canggih. Fitur ini akan mampu mencegah terjadinya tabrakan dengan teknologi yang canggih. 

Fitur keselamatan lain yang terdapat pada Toyota Raize adalah 6 Airbats, Pedal Misoperation Control dan TSS + BSM RCTA. Seluruh tipe Toyota Raize lengkap dengan fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System atau ABS. Kemudian Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Seatbelt Warning. Disamping itu juga terdapat Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera serta Alarm + Immobilizer.

Untuk perawatan kendaraan, terdapat banyak jaringan outlet di seluruh wilayah Indonesia yang mencapai hingga 334 titik. Semua tipe Raize akan mendapatkan free service dan free parts sepanjang 50.000 km.

Tipe 1.0T, mulai tersedia bulan April 2021. Sedangkan tipe 1.2 hadi di semester kedua tahun ini. Kendaraan ini sangat sporty dengan sentuhan unik pada interiornya. 

Selain itu, terdapat fitur-fitur yang canggih sehingga semakin terdepan di kelasnya.  Harga semua varian dari Toyota Raize di atas 200 juta.

Kemunculan Toyota Raize  akan memberikan opsi lebih lengkap di segmen SUV. Sehingga akan memenuhi kebutuhan mobilitas beragam dari masing-masing individu. Kendaraan dengan mesin Toyota Raize Turbo sangat cocok untuk semua kalangan, terutama bagi kalangan jiwa muda yang aktif setiap hari.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here