Kelebihan Mobil Jenis Ini Membuatnya Tetap Menjadi Primadona di Tanah Air

Suzuki XL 7 menjadi andalan PT SIS di Tanah Air

RAJAMOBIL.COM,JAKARTA–Mudik lebaran atau bepergian jarak jauh bagi  di Indonesia identik dengan bepergian bersama keluarga dan membawa barang bawaan dalam jumlah besar.

Budaya yang telah berlangsung sejak puluhan tahun ini mendorong sejumlah pabrikan otomotif di Tanah Air untuk ramai ramai memproduksi kendaraan model multi purpose vehicle (MPV) dan Sport utility vehicle (SUV).

Salah satu andalan Suzuki di kelas ini adalah XL 7 yang penjualannya Maret lalu meningkat 39 persen  dibanding bulan sebelumnya. All New Ertiga juga berhasil mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 6% secara total dan All New Ertiga Hybrid naik sebesar 8%. “Hal ini membuktikan bahwa mobil dengan format 3 baris tempat duduk untuk kapasitas 7 penumpang ini masih menjadi primadona,” kata Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales dalam keterangan tertulisnya.

Toyota Avanza menjadi market leader MPV Toyota di Indonesia. dok TAM

Di kelas ini, Toyota melalui brand legendarisnya Avanza dan Veloz juga menjadi pilihan menarik. Di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 kedua model kembar ini meraih 331 unit dan 184 unit Surat Perintah Kerja (SPK).

Selain itu, All New Kijang Innova Zenix yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu juga mendapatkan respon yang positif dari masyarakat dengan membukukan 403 SPK. “Kami akan terus menghadirkan inovasi mobilitas yang melebihi ekspektasi serta meningkatkan kepuasan pelanggan sejalan dengan komitmen untuk menghadirkan Total Mobility Solution,” kata Marketing Director of PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwady dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Mitsubishi Xpander menjadi pilihan MPV bagi keluarga Indonesia. dok MMKSI

Di IIMS, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) yang fokus memproduksi kendaraan penumpang MPV dan SUV di Tanah Air juga berhasil membukukan 1.738 unit pesanan kendaraan (SPK). Penjualan kendaraan MMKSI di ajang IIMS 2023, model Mitsubishi New Xpander (termasuk Xpander Cross), berkontribusi lebih dari 62%. Model Mitsubishi Pajero Sport memberikan kontribusi sebesar 36%, dan sisanya dikontribusikan oleh Mitsubishi Triton dan model lainnya.

Pada event ini MMKSI memperkenalkan Mitsubishi XFC Concept, sebuah mobil konsep compact SUV terbaru dari Mitsubishi Motors, untuk pertama kalinya di Indonesia yang mendapatkan antusiasme sangat positif dari konsumen. Kegiatan road show juga telah digelar di sejumlah kota.

“Pengalaman MMKSI pada tahun lalu menjadi motivasi dan referensi yang sangat berharga untuk kami untuk meraih capaian yang lebih baik lagi,” kata Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?