VW New Tiguan Bakal Punya Kursi Baris Ketiga

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Di segmen SUV, Volkswagen salah satunya mengandalkan Tiguan untuk menjaga rivalitas dengan Toyota RAV atau Ford Escape, khususnya di pasar AS.

Setelah dibekap skandal pemalsuan data uji emisi untuk mesin diesel, Volkswagen berusaha kembali bangkit untuk memulihkan kepercayaan konsumen. Sebagai salah satu pasar terbesar untuk segmen SUV di dunia, AS tetaplah menjadi pasar penting bagi raksasa otomotif Eropa ini meski belakangan namanya kian pudar akibat skandal memalukan tersebut.

Sebagai tahap awal dari upaya pemulihan diri, Volkswagen bakal meluncurkan Tiguan generasi terbaru di AS dalam waktu dekat. Model ini telah diperkenalkan kepada publik di Eropa belum lama ini. Selain untuk merayu konsumen AS yang sudah terlanjur tak percaya dengan Volkswagen, peluncuran Tiguan generasi anyar ini juga untuk penyegaran, karena Tiguan yang beredar sekarang adalah model yang diluncurkan pada 2007 silam.

Tiguan anyar ini, menurut laporan majalah Car, merupakan SUV pertama yang akan dibangun di atas platform MQB. Platform baru racikan Volkswagen ini diklaim sangat fleksibel, sehingga digadang-gadang akan menjadi basis bagi sekitar 40% model kendaraan yang akan dirilis perusahaan otomotif terbesar Eropa ini secara global.

Di Eropa, China dan beberapa pasar lainnya, Volkswagen telah berhasil menjual sekitar 2,8 juta unit Tiguan generasi sekarang. Diharapkan model generasi terbaru akan melanjutkan sukses tersebut. Rahasianya adalah dimensi yang lebih besar, berdesain lebih gaya dan dibekali lebih banyak fitur keselamatan dan penunjang kenyamanan ketimbang model yang mengaspal saat ini.

Tim penguji dari majalah asal Inggris tersebut menyatakan bahwa pengemudian New Tiguan lebih mantap dan pengendaliannya juga patut diacungi jempol, bahkan ketika melibas di jalan licin sekalipun.

VW New Tiguan Bakal Punya Kursi Baris Ketiga

Ketika diuji di sebuah kawasan di Wolfsburg, Jerman, dengan kondisi jalan basah, kemantapan pengendalian New Tiguan sangat terasa. Tak cuma mantap di jalan dengan permukaan mulus, New Tiguan juga memiliki performa ciamik ketika diajak menerabas medan off-road yang berlumpur. Sistem all-wheel-drive yang digendongnya mampu menuntun SUV ini melalui medan berat dengan mudah.

Menurut keterangan resmi Volkswagen, secara dimensi panjang, New Tiguan untuk pasar AS akan lebih melar sekitar tiga inci dibandingkan dengan versi Eropa. Ini jelas akan memudahkan untuk menempatkan kursi baris ketiga untuk beberapa variannya. Untuk Tiguan versi AS, rencananya akan dirakit di pabrik VW di Silao, Meksiko, dan siap mengaspal pada 2017. (yog).

Volkswagen berencana merilis dua model SUV lainnya untuk pasar Amerika Utara, dengan yang satu akan lebih besar daripada Tiguan dan satu lagi berukuran lebih kecil. Mulai Desember mendatang, SUV besar tersebut akan mulai dibangun di pabrik VW di Chattanooga, Tennessee, yang selama ini sebagai pabrik pembuatan sedan Passat sejak 2011.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?