BMW M5 Mau Pakai 4WD? Ini Alasannya

RAJAMOBIL.COM, London – Sudah turun temurun BMW mengadopsi sistem penggerak roda belakang. Tapi tak lama lagi tampaknya raksasa otomotif Bavaria ini akan menggunakan sistem all-wheel drive. Benarkah?

Soal kemungkinan menggunakan sistem gerak semua roda itu mengemuka belum lama ini melalui pernyataan kepala divisi M, yaitu divisi milik BMW yang fokus pada model berperforma tinggi. Dengan begitu, mobil-mobil BMW berlabel M ini diyakini akan menjadi ‘pilot ptoject’ untuk mengaplikasi sistem all-wheel drive.

Adapun alasan penggunaan sistem all-wheel drive bagi BMW adalah untuk mendapatkan tenaga lebih besar dan traksi ekstra, dan semua itu bisa didapat melalui sistem gerak semua roda.

Frank van Meel, kepala divisi M, mengatakan model-model BMW berlabel M setiap tahunnya akan memiliki tenaga lebih besar. Itu artinya, bisa saja M5 generasi terbaru akan memiliki tenaga yang menembus angka psikologis 600 Hp untuk pertama kalinya bagi sedan berlogo jantung ini.

Menurut Van Meel, para insinyur di divisi M mengupayakan peningkatan traksi melalui berbagai cara, seperti pemakaian teknologi torque vectoring systems dan stability control systems. Tapi untuk jangka panjang, sistem all-wheel drive sepertinya sudah tak dapat dielakkan. Ia begitu yakin akan hal itu. Pasalnya, Van Meel sebelumnya terlibat dalam pengembangan mobil Audi yang fokus pada peningkatan performa melalui divisi quattro.

Namun demikian, M tidak akan mencangkokkan langsung sistem all-wheel drive xDrive pada M3 atau M5. Sebagai gantinya, M akan mengembangkan sistem all-wheel-drive yang akan menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang dalam kondisi normal, dan hanya akan mengalirkan torsi ke as roda depan jika sistem mendeteksi roda butuh daya cengkeram lebih. Kemungkinan sistem tersebut adalah 2+2WD.

Sejumlah sumber, seperti dilansir Autocar, meyakini M5 generasi anyar akan menggunakan sistem gerak roda belakang, dan belum saatnya all-wheel drive diluncurkan dalam waktu dekat. Namun demikian, sejumlah kalangan lain berspekulasi M5 generasi keenam akan menjadi model pertama yang akan memakai sistem all-wheel drive. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here