7 Mobil Keluarga yang Cocok Untuk Mudik

Aldiro Syahrian

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Jelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia umumnya melakukan perjalanan menuju kampung halaman alias mudik.

Bagi Anda dan keluarga yang akan melakukan perjalanan jauh melalui darat, mobil merupakan salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan saat musim mudik Lebaran.

Nah, jika Anda berniat mencari mobil baru untuk pulang kampung, disarankan memilih mobil yang punya layanan after sales yang cukup baik. Pasalnya bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda tak perlu khawatir lagi, cukup membawa mobil ke bengkel resmi terdekat.

Kali ini Rajamobil.com akan mencoba memberikan ragam pilihan mobil keluarga yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk digunakan menuju kampung halaman. Berikut beberapa pilihannya:

1. Toyota Avanza

Aldiro Syahrian
Aldiro Syahrian

Mobil ‘sejuta umat’ besutan Toyota ini bisa jadi pilihan bagi Anda dan keluarga. Dengan dimensi panjang 4.150 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm serta wheellbase 2.655 mm saat ini banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk pulang kampung.

Toyota Avanza memiliki ground clearance atau ketinggian dari tanah mobil ini mencapai 200 mm. Soal konsumsi bahan bakar, LMPV ini tergolong hemat BBM dan dapat menampung kapasitas hingga 7 penumpang.

Didukung dengan sistem suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan juga per koil pada suspensi belakang, Toyota Avanza cukup memberikan kenyamanan bagi Anda saat melakukan perjalanan mudik.

Bagian kabin mobil ini telah dilengkapi panel Multi Information Display (MID) dengan layar LCD. Panel speedometer yang terdiri dari tiga lingkaran dilengkapi dengan informasi ECO lamp indicator, fuel indicator, indikator lampu utama serta lampu sein.

Pada kabin baris ketiga kursi dapat diatur untuk penumpang ataupun barang. Dan Soal  mesin, mobil ini ditawarkan dua pilihan mesin, yakni berkapasitas 1.300cc dan 1.500cc.

Sedangkan untuk harganya, Toyota Avanza dibanderol mulai dari Rp184 jutaan (Grand New tipe 1.3 M/T) – Rp230 jutaan (Grand Veloz tipe 1.5 A/T).

Tertarik membeli Toyota Avanza? Klik promo penawaran khusus pada tautan berikut ini 

2. Honda Mobilio

yogi megah perkasa
yogi megah perkasa

Honda Mobilio pertama kali diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HMP) pada tahun 2014. Kehadiran LMPV Honda dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Hadir dengan konsep mobil keluarga, Honda Mobilio memiliki dimensi panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, tinggi 1.603 mm, dan wheelbase 2.650mm.

Mobilio dirancang Honda untuk menghadirkan kendaraan multi purpose. Artinya kendaraan ini tetap nyaman dikendarai di dalam kota maupun perjalanan keluar kota.

Dengan ground clearance yang terbilang tinggi, mobil ini dapat menampung kapasitas penumpang hingga 8 orang.

Honda membekali Mobilio dengan suspensi depan Mac Pherson Strurt dan H-Shape Torsion Beam untuk suspensi belakangnya. Untuk pengereman Mobilio sudah menyematkan ABS plus EBD (untuk tipe tertentu).

Di bagian kabin, Honda sudah mendesain kemudi Mobilio dengan konsep tilt steering. Desain dashboard juga dibuat secara modern serta panel meter cluster dibangun dengan bentuk futuristik.

Bahan jok yang digunakan juga terbilang nyaman dan terdapat fitur ne Touch Tumble pada bagian kursi yang bisa digunakan untuk melipat kursi kedua demi akses lebih mudah menuju kursi ketiga.

Untuk mesin, Honda Mobilio dibekali dengan mesin bertipe 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Honda mengklaim bila Mobilio merupakan mobil paling hemat bahan bakar di kelasnya dengan konsumsi BBM hanya 26,7 km/liter.

Untuk harganya, Honda Mobilio dijual dengan harga mulai dari Rp180 jutaan – Rp235,5 jutaan.

Tertarik membeli Honda Mobilio? Klik promo penawaran khusus tautan berikut ini.

3. Suzuki Ertiga

Aldiro Syahrian
Aldiro Syahrian

Suzuki Ertiga dapat menjadi pilihan Anda yang tengah mencari LMPV baru untuk mudik jelang Idul Fitri kelak.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4,265 mm, lebar 1,695mm, tinggi 1,685 mm serta wheelbase 2,740mm. Dengan dimensi desain tersebut, Suzuki Ertiga mampu menampung 7 penumpang ini memiliki kapasitas tangki hingga 45 liter.

Sementara untuk ground clearance mobil ini mencapai 185 mm dan memiliki radius putar minimun 5,2 m. Suzuki melahirkan Ertiga dalam tiga tipe pilihan, Ertiga Standar, Ertiga Sporty, dan juga Ertiga Dreza.

Suzuki menghadirkan desain yang eye cathcing berkat penggunaan front grill yang terlihat minimalis dengan desain tiga tingkat dilapisi warna full chrome. Pada bagian foglamp mobil ini menggunakan reflektor yang terlihat simple namun futuristik.

Pada bagian samping Ertiga mempunyai fitur New Electric Foldable Outside Mirror (tipe GX), dan New Alloy Wheel (tipe GL & GX).

Masuk ke dalam kabin, mobil ini dilengkapi dengan Pattern Fabric Material seat and Trim Door dan warna pada Carpet Floor, Gear Shift, Hand Brake, dan Luggage Under Box yang kini memiliki warna Dark Grey.

Pada bagian kabin di sisi bangku tengah dan belakang dapat diubah split 50:50. Fungsi ini dapat memungkinkan pengendara membawa barang bawaan yang lebih banyak dengan cara melipat kursi pada bagian belakang.

Bicara performanya, Suzuki menyematkan mesin K14B DOHC 4 silinder segaris 16 katup dengan kaapsitas mesin 1.400 cc. Mesin jenis Variable Valve Timing (VVT) itu didukung oleh fitur Multi Point Injection (MPI), Metal Timing Chain, dan Drive Wire Technology.

Untuk harganya, Suzuki membanderol varian Ertiga dengan harga mulai Rp183 jutaan – Rp236 jutaan.

Tertarik membeli Suzuki Ertiga? Klik promo penawaran khusus pada tautan berikut ini.

4. Nissan Grand Livina

yogi megah perkasa
yogi megah perkasa

Nissan turut menyumbang pilihan mobil keluarga yang cocok digunakan untuk melakukan perjalanan mudik. Melalui Grand Livina, Nissan coba menghadirkan mobil keluarga yang dapat digunakan baik di perkotaan maupun perjalanan jauh.

Dibanderol dengan harga mulai Rp200 jutaan – Rp257 jutaan, Nissan Livina hadir dengan dimensi panjang 4.420 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.696 mm. Sementara ground clearance LMPV Nissan ini mencapai 185 mm.

Nissan mendesain Grand Livina secara luxurious dan mengahadirkan tampilan menawan. Pada bagian depan, mobil ini disematkan front grille Grand yang elegan dengan logo Nissan terpusat di tengahnya.

Mobil ini didesain Nissan dengan aerodinamis yang baik serta kestabilan seperti sedan, klaim Nissan. Pada bagian samping bodi, mobil ini memiliki side body molding yang mempunyai fungsi sempurna.

Untuk bagian kaki-kaki, Nissan memberikan velg berukuran 15 inci yang terbuat dari bahan alumunium. Sementara untuk pengereman, mobil ini menggunakan ABS+EDB+SA.

Sementara untuk dapur pacu, Nissan menyematkan mesin berkode kode HR15DE berkapasitas 1.5 L konfigurasi 4 silinder 16 valve berteknologi DOHC dengan Twin Dual Injector dan VTC menghasilkan power maksimal sebesar 109 Ps.

Untuk transmisinya, produsen mobil asal Jepang ini menyematkan teknologi terbaru yakni Xtronic CVT. Untuk suspensinya, dibagian depan menggunakan double pivot poros. Suspensi tersebut biasanya digunakan pada mobil model sedan yang mampu memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpangnya saat berkendara.

Tertarik membeli Nissan Grand Livina? Klik promo penawaran khusus pada tautan berikut ini.

5. Mitsubishi Pajero Sport

Aldiro Syahrian
Aldiro Syahrian

Sport utility vehicle (SUV) sudah pasti handal saat menerobos jalan perkotaan dan luar kota. Ditambah dengan desain yang baik dan jarak antara tanah dan bodi mobil yang tinggi, membuat pengguna SUV tak perlu khawatir saat mengendarai mobil tipe ini terlebih melakukan perjalanan mudik.

Salah satunya seperti Mitsubishi Pajero Sport yang hadir dalam tiga varian, yaitu Dakar, Exceed, dan GLX. Mobil ini memiliki dimensi panjang hingga 4,695 mm, tinggi 1,840 mm, dan lebar 1,815mm.

Dimensi Pajero Sport memang tergolong besar untuk sebuah ukuran kendaraan di Indonesia. Namun dengan memiliki dimensi tersebut Pajero Sport dapat memberikan rasa nyaman dan percaya diri bagi pengendara dan penumpangnya saat melakukan perjalanan jauh.

Dengan ground clearance hingga 218 mm, mobil ini dapat menerabas segala medan dalam perjalanan mudik Anda. Ditambah penggunaan penggunaan suspensi Double Independent Wishbone dengan Coil Spring yang telah dilengkapi dengan stabilizer menambah kenyamanan berkendara saat melewati jalan berlubang.

Sementara dibagian belakang Mitsubishi menyematkan sistem suspensi tiga unit pegas terintegrasi dengan stabilizer bar dan penggunaan velg 17 inci dibalut ban berukuran 265/65.

Mobil ini hadir dengan desain Dynamic Shield Front Face Design. Front face dengan desain Dynamic Shield yang merefleksikan karakter SUV yang tangguh, modern, namun tetap mewah bergaya. Dibagian belakang, mobil ini menggunakan desain lampu berbentuk unik, yang membuat mobil ini terlihat berbeda dari mobil SUV lainnya.

Pada bagian penerangan, Pajero Sport menggunakan LED Headlamp dengan Daytime Running Lights (DRL) dan Headlamp Washer.Bagian kabin, mobil ini menggunakan dashboard didesain khusus yang memberikan kesan premium dan berkelas dengan T-Shape High Console, Wooden Accent dan beragam fitur modern.

Kemudi didesain 4-spoke Steering Wheel dengan fitur tambahan Audio Steering Switch, Multi Around View Monitor Control, MID Mode Selector, dan pengaturan Tilt and Telescopic. Sistem hiburan kini hadir dengan Premium Entertainment System yang dilengkapi Navigasi.

Soal dapur pacu, Pajero Sport hadir dalam 3 jenis berbeda. Pertama adalah mesin DOHC 2.5L High Power yang tertanam pada Pajero Sport tipe Dakar. Hadir dala penggerak 4×2 dan 4×4.

Mesin kedua ialah DOHC 2.L standar yang menngawangi New Mitsubishi Pajero Sport tipe Exceed, GLS, dan juga GLX. Terakhir mesin Pajero Sport juga menyematkan mesin V63.0L SOHC MIVEC berbahan bakar bensin.

Bicara soal harganya All New Pajero Sport dibanderol mulai Rp446 jutaan – Rp623 jutaan Jabodetabek.

Tertarik membeli Mitsubishi Pajero Sport? Klik promo penawaran khusus pada tautan berikut ini 

6. All New Kijang Innova

Aldiro Syahrian
Aldiro Syahrian

Pilihan keenam mobil yang cocok digunakan saat mudik ialah All New Kijang Innova. Mobil yang telah melegenda dengan predikat sebagai Mobil keluarga Indonesia masuk kategori ini sudah terbukti dapat diandalkan baik di jalan perkotaan maupun di luar kota.

Toyota Kijang All New Innova memiliki tiga tipe pilihan dan masing-masing tipe tersedia transmisi manual dan transmisi otomatis. Toyota hadirkan transmisi manual yang dilengkapi 5 gear percepatan.

Sementara untuk transmisi otomatis, dilengkapi 6 gear percepatan dengan sport sequential switchmatic. Saat ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) memasarkan Kijang Innova dengan tiga tipe yang terdiri dari beragam varian.

Bicara desain, All New Kijang Innova hadir dengan spesifikasi dimensi panjang 4,585 mm, lebar 1,775 mm, dan tinggi 1,750 mm. Mobil ini dibekali dengan dimensi yang ideal untuk sebuah mobil keluarga.

Toyota Innova menyematkan sistem suspensi kelas atas pada Kijang Innova. Di bagian depan menggunakan Double Wishbone dengan pegas koil dan stabilizer sementara di bagian belakang terdapat suspensi 4 Link dengan pegas koil dan Lateral Rod.

Untuk desain dan fitur eksterior, Toyota menyematkan lampu heksagonal multireflektor yang terlihat unik. Untuk desain front grill dibuat cukup besar dan tersemat lampu kabut di bagian bawah.

Masuk kedalam kabin, Innova tersebut didesain secara mewah. Hal ini akibat penggunakan bahan, fitur serta perpaduan menarik yang dihadirkan Toyota

Bagian dashboard Kijang Innova didesan dengan minimalis dengan panel instrumen yang mudah dijangkau. Untuk sistem hiburan, dipusatkan pada layar sentuh berukuran 8 inci yang terdapat pada bagian tengah dashboard. Terdapat pula lampu ambient light menggunakan LED pada bagian atap kabin yang sebelumnya dihadirkan Toyota pada Alphard.

Untuk dapur pacu, terdapat dua pilihan mesin, yakni bensin 2.0 liter dan diesel 2,4 liter. Mesin pertama ialah bertipe 4 silinder segaris DOHC, VVT-i. Mesin ini berkapasitas 1998 cc dan mampu menghasilkan tenaga hingga 136 Ps pada 5.600 rpm.

Kedua ialah mesin diesel tipe Silinder Segaris, VVT-i berkapasitas 2494 cc. Mesin ini adalah mesin D-4D yang sama dengan mesin diesel Direct Injection, 4-langkah.Mesin tersebut menggunakan sistem suplai bahan bakar jenis Common Rail Diesel, berbeda dengan versi diesel yang menggunakan EFI.

Bicara soal harganya All New kijang Innova ditawarkan dengan harga mulai dari Rp285 jutaan – Rp427 jutaan.

Dapatkan penawaran menarik All New Toyota Kijang Innova dengan menklik promo khusus berikut ini.

7. Daihatsu Xenia

Aldiro Syahrian
Aldiro Syahrian

Pilihan ketujuh bagi anda ialah kembaran Toyota Avanza, Daihatsu Xenia. Kedua mobil tersebut memiliki gen yang sama, secara desain Daihatsu Xenia tidak jauh berbeda dengan Toyota Avanza.

Daihatsu mendesain Xenia dengan menggusung tiga keunggulan. Mobil ini diklaim Daihatsu lebih stylish, lebih efisien, dan lebih nyaman. PT Astra Daihatsu Motor menawarkan Xenia dalam 11 varian, antara lain 1.0 D (Manual), 1.0 M (Manual), 1.0 M Deluxe (Manual), 1.3 X (Manual dan Matik), 1.3 X Deluxe (Manual dan Matik), 1.3 R (Manual dan Matik), dan 1.3 R (Manual dan Matik).

Daihatsu Xenia hadir dengan dimensi panjang 4,140mm, lebar 1,660mm dan tinggi 1,695mm serta memiliki bobot kosong 1425kg. Daihatsu hadirkan Xenia dengan 8 pilihan warna yang dapat Anda pilih.

Pada bagian fascia depan, Xenia memiliki desain front grille yang melengkung hingga kebagian sisi. Sementara untuk grill depan, terlihat lebih menonjol.

Pada bagian kabin, Daihatsu hadirkan desain yang mewah serta hangat bagi keluarga saat melakukan perjalanan. Mobil ini mengusung nuansa 2-tone color.

Hal ini menghadirkan kabin Xenia lebih atraktif dan nyaman bagi keluarga. Di bagian dashboard, Daihatsu membuatnya dengan simple dengan dua aksen yang turut berbeda.

Bagian tersebut tersemat layar Multi Information Display (MID) dengan layar ditengahnya. Mobil berkapasitas 7 penumpang dengan komposisi tiga baris kursi ini hadir dengan menggunakan jok berbalut kulit bahan material yang baik.

Pada bagian mesin, generasi sebelumnya mesin Daihatsu Xenia masih mengusung tipe single VVT-I (tipe D dan M), namun untuk model baru ini ADM menyematkan mesin baru dual VVT-I 4 silinder (khusus tipe R dan X), yang memiliki torsi jauh lebih responsif dari model lawas.

Dengan memiliki radius putar sebesar 4,7 m, Great New Xenia transmisi manual berkapasitas 1.3 liter 1 NR dirasakan lebih ringan dan bertenaga.

Untuk harganya LMPV Daihatsu ini dibanderol ADm mulai dari Rp155 jutaan – Rp209 jutaan on the road Jabodetabek.

Tertarik membeli Daihatsu Xenia untuk mudik lebaran? Klik tautan berikut ini untuk dapatkan promo menarik.

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here