Selain Ertiga, Proton Juga Bakal Pakai ‘Baju’ Suzuki Vitara

theophiluschin

RAJAMOBIL.COM, Kuala Lumpur – Ada kabar Proton akan semakin mempererat kerjasama dengan Suzuki, yaitu akan ‘meminjam’ satu model lagi dari Suzuki untuk disematkan logo dan emblem Proton.

Model terbaru itu adalah SUV Vitara, yang akan difokuskan untuk menyasar pasar Asia. Kelak SUV berbasis Vitara itu akan dijadikan SUV Proton model 2017.

Kabar itu mencuat setelah Paultan mengutip salah seorang petinggi Proton, yang menyatakan bahwa pabrikan mobil asal Malaysia itu tengah mengembangkan sebuah model SUV. Meski belum ada pernyataan resmi, tapi selentingan yang beredar menyebutkan model itu akan berbasis Suzuki Vitara.

Sebagai informasi, Proton dan Suzuki sudah menjalin kemitraan aktif dan merek Malaysia itu sudah merilis model MPV yang menggunakan Suzuki Ertiga. Dari kemitraan tersebut, besar kemungkinan Proton akan melirik model lain milik Suzuki, dan model tersebut adalah Vitara.

Dan jika benar SUV Proton itu berbasis Vitara, ada kemungkinan akan menggunakan varian mesin yang sama. Itu artinya, SUV Proton anyar itu akan menggendong mesin bensin 1.6 liter bertenaga 118hp dan torsi 156 Nm serta dibekali transmisi otomatis 6 percepatan. Tapi juga terbuka peluang Proton meminjam mesin 1.4 liter turbocharged milik Vitara S, yang memiliki tenaga hingga 140 hp dan torsi 220 Nm.

Selain akan dipasarkan di Malaysia, SUV Proton kabarnya juga berpeluang diekspor ke beberapa negara, termasuk Amerika Selatan, Inggris, dan Australia. Sementara itu, pakar rekayasa digital Theophilus Chin telah merilis gambar rekaan wujud Vitara berlogo Proton. [yog]

Tertarik dengan mobil Proton? lihat di sini ! atau mengidamkan mobil Suzuki? Dapatkan disini!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here