RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Sejarahnya, Avanza dapat persaingan sengit di tahun 2007, setelah sejak 2003 hadir tanpa pesaing berarti. Kala itu, Nissan untuk kali pertama meluncurkan produk low Multi Purpose Vehicle (MPV) terbarunya, Grand Livina. Kedua mobil itu berlomba untuk jadi yang terlaris di pasar otomotif tanah air.

Grand Livina dianggap sukses mengganggu Avanza, saat itu. Namun seiring waktu, Avanza menunjukan taringnya dan sukses mendominasi pasar mobil. Secara spesifikasi kedua mobil memang dapat diadu, baik dari dari segi fitur, fungsional serta kemampuannya. Selain itu, dari data Gaikindo, kedua mobil juga masuk dalam kategori yang sama, low MPV.

Namun bila kini kedua mobil ini diadu dari segi spesfikasinya, mana lebih unggul?

Dari segi eksterior, Avanza memiliki ukuran yang lebih tinggi dibanding Livina, namun panjang Livina unggul dibanding Avanza. Angkanya, Avanza memiliki ukuran panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan Grand Livina memiliki panjang 4.485 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.595 mm.

Interior Grand Livina

Untuk interior, Grand Livina bisa dikatakan lebih nyaman dibanding Avanza. Ini karena penempatan konfigurasi kursi yang diberikan Nissan membuat penumpang dibagian depan serta pengemudi lebih nyaman saat berkendara. Pada kursi baris kedua, MPV yang sudah berusia sebelas tahun ini memiliki armrest jika digunakan untuk 2-penumpang dan kursi baris ketiga dapat dilipat dengan permukaan yang datar.

Pada fitur hiburan kedua mobil ini sama-sama menggunakan head unit audio dengan layar sentuh dengan koneksi DVD, CD, MP3, Radio (untuk avanza dapat koneksi ke AUX, Bluetooth dan iPod). Selain itu, kedua varian tertinggi MPV terdapat fitur New Rear Seat Entertainment untuk penumpang baris kedua dan ketiga.

Mesin Avanza

Soal dapur pacunya, Toyota Avanza hadir dengan dua pilihan, yakni 4-silinder 1.3L dan 4-silinder 1.5L. Sedangkan untuk Grand Livina, Nissan menghadirkan dua pilihan mesin, yaitu 1.5L dan 1.8L. Namun pada tahun 2014 lalu, Nissan telah menghentikan produksi Grand Livina bermesin 1.8L.

Soal harga, Toyota Avanza lebih murah jika dibandingkan dengan Nissan Grand Livina. Mobil MPV  Toyota ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp. 191 jutaan hingga Rp. 239 jutaan. Sedangkan Nissan Grand Livina mulai Rp. 221 jutaan hingga Rp. 274 jutaan.

Berikut detail promo kredit Toyota Avanza, klik di sini dan Nissan Grand Livina, klik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here