Bingung Pilih New Honda Mobilio RS Atau All New Ertiga, Simak Perbandingannya di Sini

Bingung Pilih New Honda Mobilio RS Atau All New Ertiga, Simak Perbandingannya di Sini

Kehadiran Mobilio RS vs New Ertiga dalam kategori mobil keluarga. Pada dasarnya, selera konsumen lebih menyukai tampilan sporty. Kemungkinan tersebut yang menjadikan pertimbangan oleh pabrikan juga. Dengan menghadirkan varian dalam tampilan lebih sporty daripada tipe lainnya.

Kenyataannya aspek semacam ini yang masuknya juga pada kategori mobil keluarga. Honda Mobilio menghadirkan varian sporty. Bahkan juga masuk dalam kasta yang tertinggi. Tampilannya dapat dikatakan keren dengan body kit penuh. Bagian pelek memiliki desain khusus dan interior hitam.

Sehingga, ini akan sangat serasi jika dihadapkan dengan New Ertiga Sporty. Mobil tersebut yang belum lama ini diluncurkan. Apabila melihat dari harganya, untuk harga Mobilio terbaru dan New Ertiga Sporty berada pada range selevel.

Dengan hanya memiliki perbedaan harga lumayan tipis. Hal ini juga termasuk dalam poin yang menentukan. Mengenai harga sebuah mobil merupakan unsur yang penting bagi konsumen.

Perbandingan New Honda Mobilio RS VS New Ertiga

Sebelum memilih dari kedua mobil tersebut, Anda dapat melakukan perbandingan terlebih dahulu. Untuk itu ketahui beberapa hal mengenai kedua mobil tersebut berikut ini.

Desain dan Dimensi

Bingung Pilih New Honda Mobilio RS Atau All New Ertiga, Simak Perbandingannya di Sini

Desain Mobilio menghadirkan kesan lebih modern. Dengan banyaknya guratan garis kaku yang tampak tegas. Bagian atapnya yang rendah, tidak seperti halnya mobil MPV. Tampak rendah dan panjang, namun masih terlihat besar.

Elemen body kit tidak terlalu ramai seperti halnya mobil Ertiga. Tampak sederhana saja dan mampu menghadirkan efek ceper. Mengenai dimensi Mobilio RS vs New Ertiga, Suzuki Ertiga terbaru memiliki dimensi lebih besar.

Baca Juga: Perbandingan Honda Mobilio Vs Toyota Avanza Terbaru

Ertiga saat ini membawa dimensi yang panjang, yakni sekitar 4.395 mm, tinggi 1.690 mm, serta lebar 1.735 mm. Selain itu pada Wheelbase berukuran 2.740 mm. Sementara, untuk dimensi dari mobil Honda Mobilio, yaitu lebar 1.683 mm, panjang 4.386 mm, juga tinggi 1.603 mm. Pada bagian dimensi Wheelbase 2.650.

Bagian dasbor hitam Mobilio memadukan aksen jingga di sekitar ventilasi AC. Hal tersebut sepertinya akan menghilangkan rasa monoton. Jok fabric hitamnya juga memperoleh aksen jahitan dengan warna serupa. Keberadaan model AC digital sudah ada sejak awal perubahan dasbor. Hal ini juga memicu gaya serupa dari Ertiga dan MPV lainnya.

Meski memiliki dimensi yang lebih kecil. Namun kabin Mobilio saat ini juga tidak kalah lega. Hal tersebut dilakukan dengan cara menipiskan jok dan sandaran kursinya. Hasilnya, saat mendudukinya tidak senyaman mobil Ertiga. Kepraktisan pelipatan juga tampak lebih unggul Ertiga Sport. Dengan cara melipatnya rata lantai.

Performa Mesin

Bingung Pilih New Honda Mobilio RS Atau All New Ertiga, Simak Perbandingannya di Sini

Mengenai performa mesin mobil Mobilio RS vs New Ertiga pun terlihat. Tampaknya Honda masih menggunakan teknologi yang sama. Tentunya dengan varian yang sebelumnya. Menggunakan mesinnya dengan tipe 1.5 Liter SOHC 4 Silinder Tunggal berteknologi i-VTEC+DBW. Sehingga akan mampu menghasilkan tenaga besar dan akselerasi mumpuni.

Mesin tersebut yang akan memiliki tenaga maksimal sampai 118 HP pada putaran 6.600 Rpm. Selain itu pada torsi maksimum mencapai 145 Nm pada putaran mesinnya 4.600 Rpm. Bahkan mesin All New Honda Mobilio sudah melengkapinya dengan fitur yang lebih canggih. Seperti dengan kehadiran ECO Indicator.

Hal itu yang akan memberikan dukungan berkendara lebih hemat bahan bakar. Nantinya setara dengan standar EURO IV. Selain itu, pengaplikasian sistem injektor bahan bakar dengan teknologi PGM-FI. Teknologi tersebut diklaim dapat membantu proses pembakaran bahan bakarnya. Sehingga menjadi lebih maksimal juga efisien.

Selain Mobilio RS, New Ertiga juga menggunakan mesin terbaru. Ertiga sudah menggunakan mesin K15B (DOHC-VVT). Dengan kapasitas sebesar 1.462 cc yang sepertinya sebagai mesin generasi terbaru. Hal itu yang akan menghadirkan performa lebih bertenaga dengan standarisasi EURO IV.

Mesin Suzuki Ertiga terbaru akan menghasilkan tenaga dan torsinya yang lebih besar. Menghasilkan 103 HP pada 6.000 Rpm, sedangkan 138 Nm di 4.400 Rpm. Sehingga mesin dari Suzuki Ertiga ini semakin responsif dan masih nyaman. Apabila penggunaannya untuk wilayah jalanan kota.

Kenyamanan Transmisi

Bingung Pilih New Honda Mobilio RS Atau All New Ertiga, Simak Perbandingannya di Sini

Mengenai kenyamanan transmisi All New Honda Mobilio memang terasa halus. Bahkan terkadang tidak dirasakan oleh pengemudinya. Hentakan saat perpindahan gigi juga dikatakan kecil dan sangat nyaman. Hal ini karena adanya sistem transmisi penggerak 2 varian. Dengan sistem transmisinya otomatis Continuous Variable Transmission (CVT). Selain itu varian 5 percepatan  dengan transmisinya yang manual.

Selain Mobilio RS, New Ertiga juga memiliki kenyamanan dalam hal transmisi. Untuk mobil Ertiga ini pun masih konsisten dengan memakai transmisi secara otomatis yakni 4 percepatan. Selain itu juga dengan transmisi manual lima percepatan. Meskipun masih menggunakan transmisi lamanya.

Namun transmisinya tersebut memberikan perpindahan yang mulus. Bahkan pada rasio gear yang seimbang. Sehingga pada tenaga dan torsinya mengalir secara progresif. Terlebih apabila Anda menggunakan yang otomatis. Maka perpindahannya akan terasa lebih responsif pada gigi awalnya.

Body Roll

Bingung Pilih New Honda Mobilio RS Atau All New Ertiga, Simak Perbandingannya di Sini

Mobilio RS memiliki karakter suspensi yang terbilang cukup keras. Hal itu terkesan mengurangi rasa nyaman saat berkendara dengan kurang hati-hati. Tentunya juga menjadikan mobil ini memiliki konsekuensi. Apabila Anda melalui jalanan bergelombang atau tidak rata.  Sebaiknya Anda harus mengendarainya secara perlahan.

Mengenai karakter suspensi Mobilio RS vs New Ertiga juga dapat terlihat. Mobilio RS memiliki kelebihan pada karakter suspensinya. Dengan membuat body roll atau kelimbungan mobil Honda Mobilio terbilang cukup minim. Saat berada di belokan, gejala limbung New Ertiga masih dapat dirasakan. Namun apabila beloknya santai, nantinya tidak akan Anda rasakan.

Hal ini disebabkan oleh hasil kerja dari platform baru Heartache. Tentunya yang lebih kokoh dan ringan. Sehingga akan menjadikan performa mesinnya lebih stabil. Suspensinya bekerja dengan baik dalam meredam guncangan. Hal ini tentu mendukung performa terbarunya Suzuki Indonesia.

Fitur Praktis

Bingung Pilih New Honda Mobilio RS Atau All New Ertiga, Simak Perbandingannya di Sini

Mengenai fitur yang terdapat pada Mobilio RS vs New Ertiga pun sangat praktis. Fitur dari keduanya juga tampak hampir sama. Namun Mobilio RS memiliki beberapa kelebihan. Untuk versi terbaru kali ini, sudah memperoleh head unit layar sentuh yang ukurannya 8-inci. Monitornya juga terdapat pada beberapa model facelift lainnya.

Dengan  ukuran layar dan bingkainya yang kurang sesuai . Sehingga membuat desain seolah mengambang. Memiliki fungsi standarnya seperti koneksi iPod dan iPhone, dan Bluetooth. Selain itu adanya koneksi smartphone dan USB port. Mengenai fitur hiburan dari New Ertiga tampak kurang menonjol.

Head unit dengan ukuran 6,8-inci menjadikan fitur serupa Mobilio. Hal yang unik ada pada bagian ventilasi AC di cup holder. Untuk menjaga minuman agar tetap dingin. Kemudian menyediakan power outlet pada bagian konsol tengah. Hal itu agar tidak berebut saat mengecas smartphone dengan penumpang depannya.

Fitur penting tersebut tidak dimiliki oleh Mobilio RS. Hanya saja, sudah menyediakan headrest untuk penumpang tengah pada baris keduanya. Sebagai varian tertinggi, keduanya melengkapinya fitur keselamatan paling lengkap. Kontrol stabilitas menjadi komponen penting yang harus ada pada varian atas. Namun Honda tidak menggunakannya pada kedua tipe transmisinya Mobilio RS.Mobilio RS vs New Ertiga dapat sebagai pilihan mobil keluarga dengan tampilan sporty. Kedua mobil tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here