Review Lengkap Suzuki XL7 Dengan Daihatsu Terios, Pilih Mana?

Review Lengkap Suzuki XL7 Dengan Daihatsu Terios, Pilih Mana?

Review lengkap Suzuki XL7 dengan Daihatsu Terios dapat memberikan informasi perbandingan antara keduanya. Kedua kendaraan tersebut adalah SUV dengan 7 penumpang yang menyuguhkan kepraktisan dan fungsionalitas yang tinggi untuk mendukung aktivitas penggunanya. 

Mengingat segmen SUV di Indonesia terus berkembang, sehingga hadirnya kedua kendaraan tersebut menyajikan kelengkapan yang khas dan cukup menggoda minat masyarakat. 

Bagaimana review Suzuki XL7 dengan Daihatsu Terios? 

Ini Review Lengkap Suzuki XL7 Dengan Daihatsu Terios Lebih Detail

Perbandingan kedua kendaraan tersebut sebagai berikut : 

Desain Body dan Tampilan

Review Lengkap Suzuki XL7 Dengan Daihatsu Terios, Pilih Mana?

Kedua kendaraan tersebut memiliki dimensi tidak begitu jauh. Pada Daihatsu Terios memiliki ukuran body 4435 x 1695 x 1705 mm. Sementara Suzuki XL7 memiliki dimensi lebih bongsor dari Daihatsu Terios.

Hadir dengan ukuran 4450 x 1775x 1710mm. dari bodi yang besar tersebut membuatnya terlihat gagah. Terlebih interiornya yang cukup luas. 

Tak dapat dipungkiri, kedua model baik Daihatsu Terios Maupun Suzuki XL7 memiliki basis MPV yang berkembang sebagai sebuah SUV yang cukup serba guna.

Hadir dengan penampilan dan desain yang banyak dicari konsumen, fisik yang macho dan garis detail bodi yang gagah menjadi salah satu daya tarik keduanya. 

Sisi aksen krom, pada desain Terios hadir dengan aksen krom di muffler tip, grille, list jendela belakang dan samping juga bezel fog lamp.

Selain itu terdapat tambahan side stone guard ornamen yang lebih tegas. Review lengkap Suzuki XL7 dengan Daihatsu Terios, pada sisi Suzuki XL7 adalah pendatang baru dengan mengadopsi panel krom di beberapa bagian baik door handle, cross bar front grille hingga number plate garnish. 

Suzuki XL 7 hadir membawa design bold nan gagah berkonfigurasi 7 penumpang. Berkat platform berbasis HEARTECT membuat SUV ini jauh lebih ringan dan kokoh. Sistem pencahayaan sudah mengadopsi LED. 

Sisi pelek ikut dibedakan dari Daihatsu Terios pada tipe R. Terlihat ukuran 16 inci berpadu dengan ban gemuk SUV 215/60. Semakin terlihat gagah dengan warna Gun Metal gelap. Terios lebih memberikan kesan SUV sejati daripada Suzuki XL7 terutama pada tipe Zeta yang berbasis MPV yang memang ditinggikan. 

Hal ini adalah dari sasis unibody serta RWD yang memang sudah menggambarkan kelebihan tersebut. 

Mesin dan Daya Pacu Kendaraan

Review Lengkap Suzuki XL7 Dengan Daihatsu Terios, Pilih Mana?

Berbicara spesifikasi bagian mesin, pada Daihatsu Terios masih percaya diri dengan kapasitas mesin 2NR-VE 1500cc. Dengan bekalan mesin tersebut, Terios mampu menghasilkan tenaga 104 ps pada putaran mesin 6000 rpm. Sementara torsi 136,3 Nm di 4200 rpm. 

Pada sisi Suzuki XL7 membawa bekal mesin K15B berkapasitas 1462 cc dengan menghasilkan daya mencapai 104,7 ps di putaran 6000 rpm.

Torsi maksimal 138 Nm di 4400 rpm. Suzuki XL7 dengan sistem penggerak roda depan. Berbeda dengan Terios yang didukung sistem penggerak roda belakang. 

Karakter mesin maupun transmisinya terasa sangat halus. Terutama review lengkap Suzuki XL7 dengan Daihatsu Terios menunjukkan perbandingan rasio gigi kreasi Suzuki mampu menyuguhkan rasa effortless saat mobil ini cruising pada kecepatan konstan 50 hingga 60 km/jam. 

Varian Daihatsu Terios adalah X dan R. Untuk varian Suzuki XL7 memiliki 3 pilihan yakni Beta, Zeta dan Alpha. Menariknya, keduanya membawa transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. 

Apabila dalam kondisi berkendara, pengguna akan merasakan perbedaanya. Pada diferensiasi sasis serta sistem penggeraknya sangat mendukung. Terasa pada Suzuki XL7 dengan sasis monokok dengan FWD sangat mencerminkan karakter nyaman.

Hal ini ditunjukkan oleh Ertiga. Sementara pada Daihatsu Terios masih dibayang-bayangi Xenia dan Avanza. Dengan topangan kaki yang tangguh memberikan bantingan yang nyaman. 

Untuk ketinggian air intake pada Daihatsu terios biasanya hampir mencapai 1 meter. Hal ini setinggi pinggang orang dewasa. Tentu saja lebih aman menerjang banjir. Berbeda dengan Suzuki XL7 berada di sekitar tengah-tengah paha orang dewasa atau jika dihitung kisaran 70 cm. 

Varian Warna Menarik

Review Lengkap Suzuki XL7 Dengan Daihatsu Terios, Pilih Mana?

Review lengkap Suzuki XL7 dengan Daihatsu Terios dalam sisi warna yang tersedia, Suzuki XL7 hadir dengan 6 varian warna. Pada pilihan Zeta dan Beta hadir 4 warna yakni prime cool black, pearl snow white, pearl burgundy red, dan metallic magma grey.

Sedangkan pada varian Alpha dengan 2 varian warna prime col black dan pearl snow white. Warna lain yang cukup spesial telah hadir brave kakhi dan rising black orange. 

Model Daihatsu Terios membawa 6 pilihan warna seperti Scarlet red metallic, purple metallic, icy white, midnight black metallic, bronze metallic, dan classic silver. 

Interior

Review Lengkap Suzuki XL7 Dengan Daihatsu Terios, Pilih Mana?

Pada dasarnya kedua mobil ini menyajikan interior yang mewah dan lapang. Tanpa memberi banyak gimmick sehingga lebih berkesan mewah. Ketika masuk dalam kabin masih perlu menggunakan akses kunci.

Jika melihat pada mobil Suzuki XL7, mobil ini menawarkan kemewahan. terlihat seluruh jok bermaterial paduan kulit sintetis dengan fabric. 

Review lengkap Suzuki XL7 dengan Daihatsu Terios, tentu busa jok XL7 lebih tebal dan nyaman diduduki. Terutama pada kabin yang begitu lega. Hanya saja pada baris ketiga, Terios menunjukkan kebanggaannya karena lebih unggul. 

Jika Terios terbatas pada pelipatan kursi, Suzuki XL7 mampu terlipat rata lantai pada kursi baris kedua dan ketiga. 

Fitur 

Review Lengkap Suzuki XL7 Dengan Daihatsu Terios, Pilih Mana?

Suzuki XL7 hadir dengan monitor touchscreen 8 inch yang memiliki support koneksi bluetooth. Selain itu lengkap dengan headlamp LED dengan DRL, rear window demister, electrical fordable outside mirror, AC digital, control koneksi Bluetooth pada lingkar kemudi.  

Sementara perbedaan fitur hadir dari varian Alpha seperti door sill guard, sepasang tweeter dan smart E mirror. Pada sisi Daihatsu Terios, memiliki fitur unggulan berupa headlamp LED with DRL, AC digital, Auto on headlamp, sistem audio dengan sepasang tweeter dan h6 speaker midrange begitu juga around view monitor. 

Begitu juga dengan sarana hiburan, semua masih memperhatikan dengan touchscreen. Pada Daihatsu Terios juga memilikinya, hanya saja dengan ukuran lebih kecil. 

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Review lengkap Suzuki XL7 dengan Daihatsu Terios ini telah berbekal fitur keselamatan dan keamanan yang memadai. Berbekal airbag yang melindungi pengendara dan penumpang, child safety lock, seat belt untuk semua kursi, ABS dan EBD, hingga immobilizer dan alarm. 

Terlebih Daihatsu Terios memperhatikan soal keselamatan. Terdapat lampu dan suara apabila pengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman. Terios ini dilengkapi

Fitur lebih aktif Vehicle Stability Control dan Hill start Assist. Selain itu terdapat jok ISOFIX yang bermanfaat untuk duduk bayi atau anak kecil dan child seat. Untuk cup holder dapat didinginkan dengan memanfaatkan sirkulasi hawa dingin AC. 

Impresi Berkendara

Dari keduanya, baik Daihatsu Terios maupun Suzuki XL7 telah berbekal fitur keyless entry. Terios menyebutnya Key Free yang memudahkan proses membuka pintu yang terkunci hanya dengan menekan tombol hitam di handle pintu. Menariknya, kedua telah dibekali dengan push start/stop button. 

Suzuki XL7 dalam performa dan efisiensi BBM dengan angka MID menunjukkan 11,8 km/liter. Hal ini dengan angka riil pengujian metode full to full mencapai 11,1 km/liter. 

Dan untuk Suzuki XL7 harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan Daihatsu Terios.

Review lengkap Suzuki XL7 dengan Daihatsu Terios, menariknya, Terios memiliki konsumsi BBMnya di angka MID yang menunjukkan 10,8 km/liter dengan angka riil menunjukkan keiritan yakni 11,7 km/liter.

Baca Juga: Perbedaan Suzuki XL7, Alpha, Beta, dan Zeta, Pilih Mana?

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here